Menpora Amali Pastikan PON XX Papua Digelar 2-15 Oktober 2021

Menpora Zainudin Amali memastikan PON ke XX akan dilaksanakan pada tanggal 2-15 Oktober 2021.
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali. (Foto:Tagar/Kemenpora)

Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX akan dilaksanakan pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Perhelatan ajang tersebut, tidak akan ditunda lagi seperti pada tahun 2020 akibat adanya pandemi COVID-19.

Pernyataan ini, disampaikan Menpora Amali usai menghadiri rapat terbatas (Ratas) kabinet dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Hadir dalam rapat terbatas ini Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan beberapa pejabat terkait antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Arahan Pak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada tahun 2021, tidak ada penundaan PON karena ini sempat kita tunda pada tahun 2020.

Dalam rapat terbatas ini, Menpora Amali dan Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan laporan terkait kesiapan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI.

“Tadi dihadiri pak Gubernur, bapak Lukas Enembe, beliau menyampaikan bahwa prinsipnya semuanya sudah siap dan kami juga melaporkan. Maka pelaksanaan PON 20 itu (akan berlangsung) pada tanggal 2 Oktober sampai dengan 15 Oktober 2021,” tutur Menpora Amali berdasarkan keterangan tertulis Senin, 15 Maret 2021.

Menpora Amali menjelaskan, Presiden Joko Widodo tidak ingin event olahraga nasional ditunda kembali.

"Dan arahan Pak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada tahun 2021, tidak ada penundaan PON karena ini sempat kita tunda pada tahun 2020,” ucapnya.

Sementara untuk teknis pelaksanaannya, Menpora Amali menyebut pihaknya akan melihat bagaimana pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung pada 23 Juli–8 Agustus 2021 nanti. Terutama, terkait penerapan protokol kesehatan lantaran masih dilanda wabah COVID-19.

"Tentu ada perntanyaan akan seperti apa pelaksanaannya, kita akan lihat perkembangannya nanti. Apakah ini akan dilksanakan tanpa penton, atau penonton terbatas, atau dalam kapasitas normal," ungkapnya.

"Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan kedepan. Kita akan lihat penerapannya seperti apa protokol kesehatan, tentu itu menjadi penting, dan harus dilakukan dengan disiplin,” sambungnya.

Menpora Amali juga menyampaikan, Presiden Jokowi mendorong agar proses vaksinasi dilakukan untuk para atlet, pelatih dan tenaga pendukung sehingga pada saat PON digelar semua peserta atau kontingen sudah tervaksin.

“Bahkan juga bapak Presiden mengarahkan masyarakat di sekitar venue harus divaksin, untuk memastikan bahwa pada saat bulan Oktober nanti mereka sudah tervaksin semuanya,” tandasnya. []

Berita terkait
Dapat Izin Piala Menpora, Menpora: Berkat Kerja Kita Bersama
Dapat izin penyelenggaraan Turnamen Sepakbola Pra Musim Tahun 2021 Piala Menpora, Menpora sebut hasil kerja sama banyak pihak.
Aceh dan Sumut Jadi Tuan Rumah PON XXI Tahun 2024
Provinsi Aceh dan Sumatera Utara resmi menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI atau 21 tahun 2024.
Menpora Apresiasi Semangat Aceh Perisapkan PON XXI 2024
Meski masih dalam proses surat keputusan, Menpora menyambut dengan baik semangat aceh dalam persiapkan PON XXI 2024.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan