Menpan RB Resmikan Mal Pelayanan Publik Pandeglang

Menpan RB Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pandeglang.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo didampingi Bupati Pandeglang Irna Narulita meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pandeglang di Pandeglang, Senin, 31 Agustus 2020). (Foto: Antara/Mulyana)

Pandeglang - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pandeglang yang merupakan mal pelayanan publik pertama yang ada di Provinsi Banten.

"Saya kira dengan adanya MPP akan memberikan kenyamanan masyarakat dalam mengurus perizinan," ucap Tjahjo Kumolo saat meresmikan MPP Kabupaten Pandeglang di Pandeglang, Senin, 31 Agustus 2020.

Dengan pelayanan perizinan, cepat pertumbuhan ekonomi akan meningkat dan dampaknya Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat.

Tjahjo mengatakan, peresmian MPP Pandeglang merupakan yang pertama di Provinsi Banten dapat merangsang daerah lainnya di provinsi itu. Menurut dia, mal pelayanan publik merupakan salah satu dari reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah.

"Reformasi birokrasi sangat penting. Arahan bapak Presiden pemerintah harus secepatnya berikan pelayanan masyarakat, dan mempercepat perizinan berbagai aspek," kata dia.

Tjahjo Kumolo juga menyampaikan, bahwa di Indonesia sudah ada 27 MPP yang diresmikan, salah satunya yang berada di Kabupaten Pandeglang.

"Dengan pelayanan perizinan, cepat pertumbuhan ekonomi akan meningkat dan dampaknya Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat," kata Tjahjo Kumolo.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, MPP Kabupaten Pandeglang memiliki 23 counter dan 223 layanan, seperti KTP elektronik, Kartu Keluarga, E-tilang, rekomendasi teknis perizinan, perizinan, pendaftaran wajib pajak, pelayanan SKCK, SKTM, pengajuan pensiun, kartu pencari kerja, pendaftaran BPJS, info haji, layanan BPJS ketenagakerjaan, layanan bank, paspor, pembayaran pdam, pln dan lain lain -lain.

"MPP Pandeglang diharapkan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta memperpendek proses birokrasi guna mewujudkan pelayanan publik yang cepat, mudah, murah, transparan dengan melibatkan instansi vertikal," ucap Irna.

Menurut Irna, ada beberapa anjungan di MPP Pandeglang, di antaranya anjungan mandiri kependudukan, anjungan layanan mandiri, air siap minum, serta anjungan survey kepuasan masyarakat.

"Berbagai layanan MPP didukung oleh sistem informasi seperti antrian android, website dashboard yang menginformasikan data secara realtime," ujarnya.[]

Berita terkait
Pandeglang Maksimalkan Pendapatan Asli Daerah
Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Aban melakukan penandatangan kerjasama dalam pengelelolaan pajak dengan Direktorat Jendral Pajak (DJP).
Pemkab Pandeglang dan PLTU Labuan Kerjasama Soal Limbah
Pemkab Pandeglang berencana menjalin kerjasama dengan PLTU Labuan untuk memanfaatkan limbah yang sudah diolah menjadi material bangunan.
Telkomsel Sumbang 10 Kapal Ikan ke Nelayan Pandeglang
Perusahaan telekomunikasi seluler, Telkomsel, bersama Kementerian KKP RI menyerahkan bantuan 10 unit kapal penangkap ikan kepada nelayan di Banten.