Menko Luhut Ajak Masyarakat Jadi Brand Ambassador Produk Lokal

Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam Festival Joglosemar mengajak masyarakat membeli dan mempromosikan produk lokal.
Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam Festival Joglosemar mengajak masyarakat membeli dan mempromosikan produk lokal. (Foto:Tagar/Kemenko Marves)

Jakarta - Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengajak masyarakat membeli dan mempromosikan produk lokal. Ajakan ini diungkapkannya dalam Festival Joglosemar Artisan of Java. 

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, melalui Festival Joglosemar ini saya menyampaikan kepada kita menjadi brand ambassador produk lokal.

Festival ini, menjadi titik puncak satu tahun Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) . Gerakan yang dimulai sejak Mei 2020 sampai April 2021 itu meningkatkan 5,8 juta unit UMKM onboarding ke ekosistem digital.

"Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, melalui Festival Joglosemar ini saya menyampaikan kepada kita menjadi brand ambassador produk lokal. Jangan lelah untuk ikut mempromosikan, sehingga masyarakat bangga membeli produk dalam negeri," tutur Menko Luhut, Kamis, 20 Mei 2021.

Festival JoglosemarMenko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam Festival Joglosemar mengajak masyarakat membeli dan mempromosikan produk lokal. (Foto:Tagar/Kemenko Marves)

"Kemarin, saya bersama dengan Menperin berkesempatan mengunjungi PT. YPTI (Yogya Presisi Tehnikatama Industri). Ada banyak inovasi produk di bidang industri manufaktur seperti turbin listrik, CMC Miling, tempat duduk mobil untuk disabilitas, ICU ventilator dan GeNose. Hal ini menunjukkan ada banyak produk yang mampu kita buat di dalam negeri, dan patut kita apresiasi," Sambungnya.

Festival Joglosemar sendiri, bertujuan untuk meningkatkan jumlah onboarding IKM, menciptakan nilai jual UMKM dan IKM, dan permintaan terhadap produk UMKM dan IKM. Melalui festival ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berjanji meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan produk industri karya anak bangsa.

Luhut PandjaitanMenko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan dalam Festival Joglosemar mengajak masyarakat membeli dan mempromosikan produk lokal. (Foto:Tagar/Kemenko Marves)

"Kita target sekitar 6,1 juta UMKM dan IKM onboarding di marketplace. Ini kita dorong lagi nanti menjadi 7 hingga 8 juta," sebut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. 

Menperin juga menyatakan bahwa pihaknya akan selalu konsisten memberdayakan pelaku IKM melalui penguatan teknologi e-business dan program e-smart IKM. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dengan program e-smart IKM, yaitu workshop untuk membuka toko online,bisnis digital, hingga manajemen bisnis. 

"Ini dilakukan agar para pelaku IKM bisa masuk ke dalam katalog e-smart IKM. Akses ke berbagai program Kemenperin, seperti restrukturisasi mesin dan sertifikasi TKDN," ungkapnya. []

Berita terkait
Menko Luhut Teken Nota Kesepahaman Peningkatan Pariwisata The Nusa Dua
Menko Luhut memimpin penandatanganan Dukungan Penyediaan Akomodasi untuk Peningkatan Pariwisata The Nusa Dua Bali.
Menko Luhut Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Bali
Saat memimpin rakor percepatan pembangunan infrastruktur Bali Menko Luhut mengatakan, pembangunan harus tetap berjalan meski ditengah pandemi.
Luhut Pandjaitan Kembali Evaluasi Progres LRT Jabodebek
Menko Luhut saat mengevaluasi perkembangan pembangunan LTR Jabodetabek mengatakan, Diperlukan langkah nyata kejar ketinggalan konstruksi 2021.
0
27 Juta Suntikan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
Vaksinasi yang dilakukan pemerintah hingga Senin, 31 Mei 2021, akan mencapai angka 27 juta suntikan vaksinasi