Mengupil Bahaya! Ini Alasannya

Resiko mimisan hingga terjadinya infeksi bakteri dan semakin meningkat.
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, (Tagar 27/12/2018) - Mengorek hidung dengan tangan pastinya pernah dilakukan, sebutannya mengupil. Ternyata berbahaya, tidak disarankan oleh ahli Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), karena resiko mimisan hingga terjadinya infeksi bakteri semakin meningkat.

"Kita tidak rekomendasikan karena akan melukai kulit hidung dan membuat bakteri masuk ke pembuluh darah. Risikonya infeksi," ujar dr. S. Hendradewi, dokter spesialis THT saat dihubungi Tagar News (26/12).

Tak hanya soal infeksi, bagian pembatas antara lubang hidung kiri dan kanan, jika terluka akibat mengupil, bisa menjadi abses atau peradangan di dalam hidung. Di bidang THT biasa di sebut abses hidung dan salah satu emergency, karena kumannya sangat merugikan.

"Perlu diingat batas atas hidung adalah kranium (tengkorak), kalau muncul lubang menembus batas atas dari hidung bisa terjadi radang otak. Apalagi kalau punya gula," ungkap dokter yang akrab disapa Dewi itu.

Mengupil dengan tangan saja sudah berbahaya, apalagi dilakukan dengan bantuan alat seperti cotton buds atau korek kapas. Karena hidung memiliki banyak pembuluh darah yang sensitif, dan korek kapas bisa menyebabkan infeksi.

Jika ingin membersihkan hidung, gunakan air atau larutan isotonik, cara terbaik mengeluarkan kotoran dari indra penciuman atau hidung. []

Berita terkait
0
Putra Mahkota Arab Saudi Melawat ke Turki
Persiapan untuk menghadapi kunjungan Presiden Joe Biden, Putra Mahkota Arab Saudi lakukan lawatan regional kali ini ke Turki