UNTUK INDONESIA
Mengenal Sapi Limosin, Kurban Jokowi dan Atta Halilintar
Mengenal sapi jenis Limosin, hewan kurban Idul Adha langganan Presiden Jokowi dan YouTuber Atta Halilintar.
Ilustrasi sapi jenis Limosin. (Foto: Pixabay)

Jakarta - YouTuber Atta Halilintar membeli sapi jenis Limosin untuk kurban saat Idul Adha 2020. Sulung dari kesebelasan Gen Halilintar itu tak jauh berbeda dengan Presiden Jokowi yang kerap membeli jenis sapi serupa untuk berkurban.

Bila Atta Halilintar membeli jenis sapi itu untuk berkurban pada tahun 2020, Jokowi lebih dahulu memilih sapi Limosin untuk bantuan kurban tahun-tahun sebelumnya.

Seperti saat Idul Adha 2019, jenis sapi persilangan Limosin-Madura disembelih di halaman Masjid Al Hikmah, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung Belitung Timur pada 11 Agustus 2019. Bobot sapi itu mencapai 1,171 kilogram. Sementara harganya ditaksir mencapai Rp 70 juta.

Di tahun 2020, Jokowi juga menyumbangkan sapi berjenis Limosin untuk disembelih saat Idul Adha. Sapi itu berbobot 1,1 ton dengan banderol harga Rp72 juta. Masyarakat Solok, Sumatera Barat (Sumbar), kini sedang menyembelihnya untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Bentuk sapi Limosin bila dibandingkan dengan sapi lokal memang berbeda. Badannya lebih berotot, bagian tubuhnya dipenuhi daging, kadang berwarna merah kecokelatan dan ditumbuhi tanduk.

Atta Halilintar JokowiInfluencer dan Youtuber Atta Halilintar, berpose bersama presiden Joko Widodo di Istana Negara. (Foto: Instagram/AttaHalilintar)

Di Indonesia, sapi Limosin rata-rata persilangan antara jenis Ongole dan Brahman. Sapi 'raksasa' itu dahulu berasal dari Haute-Vienne, Prancis.

Salah satu penjual kurban yang ditemui Tagar di wilayah Bekasi Barat mengatakan sapi jenis Limosin membutuhkan perawatan yang ekstra. Meski demikian, bukan berarti sapi tersebut sangat diistimewakan daripada sapi jenis lain.

"Sapi itu [Limosin] perlu dipijit-pijit agar ototnya berkembang. Beda dengan sapi lainnya tapi tetap dipakai untuk membajak sawah," ujar Ahmad, warga Madura yang menjajakan hewan kurbannya di Jalan Raya Pejuang, Bekasi Utara, Jumat 31 Juli 2020.

Ahmad mengaku tak memberikan pakan yang sulit ditemukan bagi hewan yang dimilikinya, termasuk sapi Limosin miliknya. Sapi Limosinnya tak mengonsumsi pakan yang dijual di pasaran tetapi alami berasal dari alam. Mulai dari rumput gembala sampai rumput gajah.

"Ada legum, tanaman polong, biasanya tumbuh di pagar-pagar itu, dikasih ganti-gantian. Besok legum, sekarang rumput gajah, gitu," katanya.

Bagi yang berminat membelinya, dikutip dari agroindustri.id, harga yang perlu dirogoh untuk mendapatkan sapi jenis Limosin berusia 5-6 bulan yaitu Rp 14 juta per ekor, 6-8 bulan seharga Rp 17,5 juta per ekor, 8-10 bulan seharga Rp 19 juta per ekor, 1-2 tahun seharga Rp 23 juta per ekor.

Berita terkait
Vernita Syabilla Bebas dari Kasus Prostitusi Online
Artis Vernita Syabilla terbebas dari jeratan kasus prostitusi online.
Nirina Zubir Kecelakaan, Tabrak Motor Saat Bersepeda
Presenter Nirina Zubir mengalami kecelakaan. Ia menabrak motor ketika mengendarai sepeda di jalan raya.
Komedian Aming Ternyata Tak Punya Mobil Meski Tajir
Di balik ketenarannya ternyata komedian Aming tidak mempunyai kendaraan roda empat alias mobil.
0
Mengenal Sapi Limosin, Kurban Jokowi dan Atta Halilintar
Mengenal sapi jenis Limosin, hewan kurban Idul Adha langganan Presiden Jokowi dan YouTuber Atta Halilintar.