UNTUK INDONESIA
Mengenal Benito Mussolini di Hari Lahirnya 29 Juli
Benito Mussolini adalah seorang pemimpin Partai Fasis Nasional Italia. Hari ini, 136 tahun yang lalu, tokoh tersebut dilahirkan.
Benito Mussolini meninggal setelah mengalami serangan tembakan dari musuhnya. (foto:Instagram)

Jakarta - Benito Amilcare Andrea Mussolini atau yang akrab disebut Benito Mussolini adalah seorang pemimpin Partai Fasis Nasional di Italia. Tepat hari ini, 29 Juli, 136 tahun yang lalu tokoh tersebut dilahirkan. Siapa sebenarnya dia?

Pada periode 1922-1943, Benito Mussolini dikenal sebagai diktator yang memimpin negara pemerintahan dengan cara otoriter atau tirani dan penindas rakyatnya. 

Ternyata jalan hidup Mussolini tidak jauh dari kekerasan, dan kekuasaan. Bahkan, dia juga beberapa kali masuk penjara sebagai konsekuensi atas kiprahnya.

Editor Koran Sosialis

Karier Mussolini bermula pada tahun 1908 Mussolini pernah bergabung dengan salah satu surat kabar di Kota Trento, Italia. Tak lama kemudian, dia kembali menjabat sebagai editor surat kabar la Lotta di Class (Pertentangan Kelas). Pada tahun 1910, jabatannya naik dengan menjabat sebagai sekretaris partai sosialis tingkat daerah di Forlì yang membuatnya semakin berkembang menjadi anti patriot.

Merasa kinerjanya bertentangan dengan kerajaan Ottoman pada tahun 1911, dia dipenjara lantaran propaganda perdamaian. Setelah keluar, dia pindah ke Milan dan kembali ditunjuk sebagai editor koran sosialis Avanti. Pengaruhnya pada para pemimpin buruh sosialis Italia semakin kuat.

Kemudian dia mengikuti Pemilu pada tahun 1919, meski pada saat itu dia mendirikan kelompok Baju Hitam yang diketahui hanya digunakan untuk bertempur. Kelompok yang didirikannya itu juga dikenal sebagai kelompok kumpulan para penjahat kriminal dan preman yang bertugas sebagai tukang pukul yang sering terlibat kejahatan jalanan.

Karena kebrutalan kelompok itu, Raja Victor Emmanuel III ketakutan sehingga berinisiatif mengundang Mussolini ke Roma. Pada tahun 1922, Raja Victor pun memberikannya posisi penting sebagai pemimpin untuk membentuk pemerintahan baru yang dikenal sebagai Pemerintahan Fasis.

Setelah berhasil memegang kekuasaan, pertama kali yang dia lakukan adalah menggunakan rakyatnya untuk menyerang Ethiopia yang merupakan bangsa kecil. Ditangannya, Italia pada saat itu merupakan negara yang ditakuti karena jiwa brutal Mussolini yang selalu haus perang.

Yang membuat dunia ketakukan pada saat itu adalah keakrabannya dengan temannya di Eropa, Adolf Hitler. Kemudian pada 1940, dia menyeret Italia pada Perang Dunia II dengan berpihak pada Jerman. Namun, pasukannya harus mengalami kekalahan dari Yunani dan Afrika. 

Selain itu, pada 1943 pasukan Britania Raya dan Amerika Serikat menyerang pasukannya di Italia. Dan akhirnya dia pun dijatuhkan dari tahktahnya sebagai pemimpin hingga akhirnya dia dijebloskan ke penjara. Sesaat kemudian,dia dibebaskan oleh Pasukan Payung Jerman dan mengembalikan kekuasaanya di Italia Utara. Namun perlawanan justru datang dari dalam.

Dipaksa Mundur

Mussolini dipaksa mundur pada 28 Juli 1943 dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Italia. Kemudian dia mulai berpikir untuk melarikan diri karena dia tidak ingin jatuh ke tangan sekutu. Pada saat bersamaan kelompok pemberontak mulai tumbuh di Italia.

Mengetahui tentang perlawanan itu, Mussolini melarikan diri ke Swiss bersama dengan teman wanitanya yang bernama Clara. Tak lama kemudian, ketika kelompok pemberontak menemukan mereka berdua, tanpa kenal ampun mereka mengeksekusi keduanya dengan cara ditembak. 

Mayat mereka dibawa ke Italia dengan digiring dan digantung dengan cara terbalik. Saat itu usia Benito Mussolini 61 tahun. []

Berita terkait
0
Ulama di Madura Tuntut Sukmawati Dipenjara
Pernyataan kontroversial Sukmawati Soekarnoputri mengetuk amarah ulama dan umat Islam di Madura.