UNTUK INDONESIA
Mengaktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS
Warganet beramai-ramai mencoba mode gelap yang memiliki sensasi dan pengalaman baru bagi penggunannya.
Mode Gelap (dark mode) Instagram. (Foto: Screenshots by Nick Statt/The Verge)

Jakarta - Instagram telah merilis mode gelap (dark mode) untuk Android dan iOS.  Mode gelap Instagram ini menjadi trending topic di Twitter lewat tagar #Instagramdarkmode, Rabu, 9 Oktober 2019. 

Warganet beramai-ramai mencoba mode gelap yang memiliki sensasi dan pengalaman baru bagi penggunannya.

Dengan dark mode, latar belakang Instagram berubah menjadi gelap dan teks akan berubah menjadi putih. Warna pada setiap unggahan pun akan terlihat makin kontras dengan latar Instagram yang hitam.

Dikutip dari The Verge, Selasa, 9 Oktober 2019, Instagram tidak menyediakan tombol khusus untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur dark mode secara manual di aplikasinya. 

Berikut cara mengaktifkan mode gelap untuk iOS dan Android

iOS

1. iPhone iOS 13

Fitur dark mode di Instagram untuk iOS hanya bisa diaktifkan jika perangkat kalian sudah mendukung fitur dark mode system wide yang hadir bersama sistem operasi iOS 13. Jadi pastikan iPhone kalian sudah menjalankan iOS 13.

2. Aktifkan Dark Mode 

Jika iPhone kalian sudah menjalankan sistem operasi paling terbaru ini, aktifkan mode gelap di perangkat. Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian Display dan pilih opsi Dark Mode.

3. Download Instagram Versi Terbaru

Setelah fitur dark mode di perangkat aktif, pastikan kalian sudah menginstal aplikasi Instagram versi terbaru yang bisa kalian unduh di Apple App Store.

4. Buka Instagram

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Instagram di iPhone kalian dan tampilan aplikasi secara default akan berubah menjadi gelap. Jika ingin mengubahnya jadi mode normal kalian bisa menonaktifkan mode gelap langsung di pengaturan iPhone.


Android

Pengguna ponsel Android juga sudah bisa mencicipi fitur mode gelap di Instagram. Tapi buat di Android fitur dark mode masih dalam tahap uji coba beta. Berikut cara mengaktifkan dark mode Instagram di ponsel Android.

1. Pastikan Ponsel Mendukung Mode Gelap

Untuk mengaktifkan mode gelap Instagram di ponsel Android, pastikan ponsel kalian sudah menggunakan sistem operasi Android 10. Karena Android 10 sudah mendukung fitur dark mode system wide.

Tapi jika ponsel kalian menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung dark mode seperti One UI buatan Samsung, kalian juga bisa menggunakan dark mode di aplikasi Instagram.

2. Aktifkan Mode Gelap di Ponsel

Jika ponsel kalian sudah menggunakan Android 10, aktifkan mode gelap di ponsel. Caranya masuk ke menu Settings, kemudian Display, setelah itu pilih opsi Night Mode, dan aktifkan.

3. Bergabung dengan Uji Coba Beta

Karena baru tersedia dalam versi beta, kalian harus bergabung terlebih dahulu untuk mengikuti uji coba beta. Caranya buka Google Play Store dan cari aplikasi Instagram.

Klik halaman Instagram di Google Play Store dan scroll hingga menemukan opsi Join the Beta. Klik Join dan tunggu sesaat.

Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi membatasi jumlah orang yang bisa mengikuti uji coba beta. Jika sudah tidak ada slot lagi, kalian akan melihat pesan yang mengatakan bahwa slot sudah penuh.

4. Instal Instagram Versi Beta

Jika kalian sudah berhasil bergabung dalam uji coba beta, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Instagram dalam versi beta. Setelah proses instalasi selesai, aplikasi Instagram akan secara default tampil dengan dark mode. 

Selamat mencoba. []

Berita terkait
Instagram Membuat Fitur Pembatasan Anti Bullying
Instagram akan memberi akses terhadap antibullying ke semua penggunanya, sebagai langkah pencegahan terhadap perundungan dan intimidasi.
Game PS4 Bisa Dimainkan di Ponsel Android
Pembaruan perangkat lunak PS4 itu utamanya mencakup fungsionalitas baru untuk fitur sistem utama, termasuk fitur Party dan Remote Play.
Melirik Lima Selebgram Cantik Asal Aceh
Aceh dikenal punya aturan Syariat Islam ketat. Namun, tidak menyurutkan lima selebgram cantik Aceh tampil mengikuti perkembangan zaman.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.