Indonesia
Menangkan Arsenal, Nketiah Bikin Pusing Emery
Pemain muda Arsenal Eddie Nketiah unjuk kemampuan di International Champions Cup dengan mencetak dua gol saat melawan Fiorentina
Pemain muda Arsenal Eddie Nketiah unjuk kemampuan di International Champions Cup dengan mencetak dua gol saat menang 3-0 atas Fiorentina di Stadion Bank of America, Minggu 21 Juli 2019 pagi WIB. (Foto: arsenal.com)

Jakarta - Turnamen pemanasan International Champions Cup (ICC) menjadi ajang bagi pemain muda unjuk kemampuan. Tidak ketinggalan striker muda Arsenal, Eddie Nketiah, yang melejit setelah mencetak gol di setiap pertandingan di ICC. Termasuk saat membawa Arsenal menang 3-0 atas Fiorentina di pertandingan ICC di Stadion Bank of America, Minggu 21 Juli 2019 pagi WIB. 

Nketiah yang masih berusia 20 tahun memborong dua gol pertama bagi Arsenal. Diawali golnya di menit 15. Pemain tim nasional Inggris U-21 ini kembali membobol gawang La Viola menit 65. Sedangkan satu gol lagi dihasilkan Joseph Willock menjelang akhir pertandingan. 

Sebelumnya, Nketiah juga turut menyumbang gol saat The Gunners menang 2-1 atas Bayern Munich. Kemenangan tersebut menjadikan Arsenal menduduki puncak klasemen ICC. 

Anak itu juga punya karakter yang bagus. Dia dan pemain muda lain hanya butuh pengalaman, menit bermain dan kepercayaan diri. Energi pemain muda sangat penting

Performa gemilang the young gunners ini bisa membikin pusing manajer Unai Emery. Pasalnya, Emery masih berhasrat menambah pemain depan dengan mengincar striker Crystal Palace Wilfried Saha. Padahal, dia sudah mendatangkan pemain depan Brasil Gabriel Martinelli. 

Meski sudah melepas striker Danny Welbeck, namun lini depan Arsenal tetap berjubel. Duet Pierre-Emerick Aubemeyang dan Alexandre Lacazette tentu masih menjadi pilihan pertama. Hanya, Aubemeyang sudah dilirik klub rival, Manchester United. 

Di ajang ICC, Nketiah sudah mengoleksi tiga gol. Musim lalu, dirinya secara pelahan pun sudah mencuri perhatian. Apalagi, dia sudah 19 kali bermain selama dua musim terakhir. Dirinya juga sudah mencetak tiga gol, termasuk di laga terakhir Liga Premier Inggris musim lalu saat Arsenal menang 3-1 atas Burnley. 

Masuk Skuat Utama

Emery memastikan Nketiah bakal masuk skuat utama musim depan. Namun dia memberikan syarat kepada pemain yang sudah masuk tim senior pada 2017 saat Arsenal masih ditangani Arsene Wenger. 

"Musim lalu, kami tak banyak memberi kesempatan bermain kepada dia. Meski demikian, dia bermain sangat bagus. Dia juga menunjukkan kemajuan yang berarti. Tentu saya ingin setiap pemain menunjukkan kemajuan," kata Emery. 

"Anak itu juga punya karakter yang bagus. Dia dan pemain muda lain hanya butuh pengalaman, menit bermain dan kepercayaan diri. Energi pemain muda sangat penting," ujarnya. 

Menurut manajer asal Spanyol ini, Nketiah memang sempat akan dipinjamkan pada Desember tahun lalu. Namun Emery akhirnya memutuskan mempertahankan pemain tersebut. Keputusan itu ternyata tidak salah. Nketiah terus berkembang dan penampilannya di ICC menjadi bukti bila dirinya sudah siap masuk starting line up Arsenal. 

"Desember tahun lalu, kami sempat berpikir meminjamkannya ke klub Jerman. Tetapi kami memutuskan dia tetap bertahan dan berlatih bersama kami. Dengan demikian, saya bisa memantau perkembangannya. Musim ini, dia juga tetap bersama kami. Bila terus berkembang, dia pasti punya peluang," ujarnya lagi. 

Emery memastikan Nketih bisa menjadi trisula lini depan bersama Aubameyang dan Lacazette. Musim lalu, mereka sudah kerap dipadukan dengan Welbeck 

"Kadang kala, Aubameyang bermain di sayap. Musim lalu, kami memainkan Lacazette, Aubameyang dan Welbeck. Mereka punya ruang untuk bermain. Kami tentu ingin memberi kesempatan kepada Nketiah. Setiap pemain muda, bila mereka memang pantas di tim ini, kami akan membantunya," jawab Emery. 

Arsenal akan menghadapi Real Madrid dalam lanjutan ICC di Washington. Laga tersebut digelar pada Rabu 24 Juli 2019 pagi WIB. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Dinpar Beri Bantuan Khusus Pariwisata di Sumbar
Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) memberikan 40 persen bantuan keuangan khusus Pariwisata Sumbar.