Melongok Formula 1 Toro Rosso Honda STR14

Mobil balap Formula 1 ini melakukan tes pra musimnya di Barcelona, Spanyol pada 18 Februari 2019.
Mobil balap Formula 1 Toro Rosso Honda STR14 (Foto: Dok. Honda)

Jakarta - Mobil balap Formula 1 milik Honda terpajang sangat gagah di booth Honda pada ajang GIIAS 2019 di ICE, BSD City, Tangerang, selama 18-28 Juli 2019. Mobil tersebut adalah mobil balap Formula 1 Toro Rosso Honda STR14.

Toro Rosso Honda STR14 diluncurkan pertama kali pada 11 Februari 2019 dan merupakan generasi penerus dari Toro Rosso Honda STR13. Mobil balap Formula 1 ini melakukan tes pra musimnya di Barcelona, Spanyol pada 18 Februari 2019.

Dari segi desain, mobil yang memiliki bobot 743 kilogram ini didominasi warna biru dengan garis merah di sisi kendaraan. Warna merah juga terdapat di panel sisi sayap depan dan belakang. 

Honda STR14 hadir dengan bagian sayap depan dan belakang yang lebih sederhana, lebih luas, dan lebih tinggi yang bertujuan untuk memudahkan saat menyalip di lintasan.

Toro Rosso Honda STR14 menggunakan sasis Scuderia Toro Rosso Composite Monocoque dengan total lebar 2.000 mm, lebar antara gandar depan dan belakang 1.600 mm dan tinggi 950 mm. Sayap depan memiliki lebar 2.000 mm, sayap belakang 1.050 mm, dan tinggi 820 mm. 

memiliki tinggi 175 mm dan lebar 1.050 mm. Di bagian kaki-kaki, pelek 13 inci dibalut ban depan selebar 305 mm dan ban belakang selebar 405 mm. Mulai dari sasis hingga komponen aerodinamis secara keseluruhan dirancang dan diproduksi di Bicester, Inggris. Diffuser memiliki tinggi 175 mm dan lebar 1.050 mm. Di bagian kaki-kaki, pelek 13 inci dibalut ban depan selebar 305 mm dan ban belakang selebar 405 mm. Mulai dari sasis hingga komponen aerodinamis secara keseluruhan dirancang dan diproduksi di Bicester, Inggris.

Di segi peredam kejut, suspensi depan STR14 memiliki desain pushrod yang memanfaatkan karbon wishbones. Sementara itu, suspensi belakang memiliki desain pullrod, fitur lengan komposit karbon, peredam inboard, dan batang torsi. Komponen-komponen tersebut dan sejumlah komponen elektronik lainnya dirancang dan diproduksi di Faenza, Italia.

Mobil andalan tim Honda ini ditenagai mesin Honda RA619H. Mesin berkapasitas 1.6 L enam silinder (V6) dengan maksimum putaran mesin 15.000 rpm. Posisi gearbox dipasang secara longitudinal di dalam wadah karbon. Honda STR14 memiliki transmisi 8-percepatan yang dioperasikan secara hidrolik.

Untuk kenyamanan pebalap, Toro Rosso Honda STR14 memiliki kursi yang dibentuk sesuai dengan bentuk tubuh masing-masing pebalapnya yang dibuat in-house berbahan karbon. Komponen knalpot dan unit daya (power unitdipasok dari Honda. 

STR14 sendiri telah dilengkapi dengan sistem yang memberikan perlindungan tambahan untuk kepala pengemudi.Honda STR14 sendiri telah dilengkapi dengan sistem Halo yang memberikan perlindungan tambahan untuk kepala pengemudi.

Pada musim 2019, tim Toro Rosso Honda diperkuat oleh pebalap asal Rusia, Daniil Kvyat dan pebalap pendatang baru dari Thailand, Alexander Albon.

Baca juga:

Berita terkait