UNTUK INDONESIA
Marco Motta, Bek Persija Wara-wiri di 8 Klub Italia
Eks pemain klub tersohor Seri A, Juventus, Marco Motta merumput di Indonesia. Dia sempat wara-wiri di 8 klub di Italia.
Marco Motta ikut selebrasi ketika striker Juventus, Del Piero membobol gawang lawan pada 2010. (Foto: Ruters)

Jakarta - Eks pemain klub tersohor Seri A Liga Italia, Juventus, Marco Motta merumput di Indonesia. Dia tergabung dalam Persija Jakarta menjelang klub sepak bola berjulukan Macan Kemayoran itu mengarungi Liga 1 musim 2020-2021.

Pria kelahiran Merate, Italia 14 Mei 1986 itu resmi bergabung dengan Persija pada Minggu, 2 Februari 2020. Bersama klub Ibu Kota, Motta dikontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan.

Motta memang telah memendam mimpi berkiprah di klub di Asia sebelum meneken kontrak bersama Persija. Membela Persija, bagi Motta, merupakan suatu kesempatan emas untuk mewujudkan mimpinya.

"Saya sudah lama ingin bermain di Asia. Ini peluang bagus untk saya saat bergabung dengan Persija. Saya mendapat informasi bagaimana Persija dan The Jakmania, suporter tim, begitu besar di sini," ujar bek yang pernah membela 8 klub Italia tersebut, dilansir dari laman situs Persija.

Marco MottaMarco Motta (kiri) bersama Marc Klok (kanan) menjalani latihan bersama Persija Jakarta. (Foto: Twitter/@Persija_Jkt)

Motta muda memimpikan menjadi pesepak bola andal. Pria yang kini berusia 33 tahun tersebut berlatih di akademi klub Atlanta untuk memuluskan keinginannya itu.

Dianggap piawai mengolah bola di rumput hijau sejak tahun 2000 hingga 2004, Motta dilirik tim senior Atlanta. Debut kariernya sebagai pemain sepak bola profesional dimulai ketika membela Atlanta di Serie A pada 2005.

Memasuki akhir musim bersama Atlanta, Motta dipinang oleh Udinese dengan status kepemilikan bersama. Bersama klub berjuluk Zebrette itu, dia lebih sering duduk di bangku cadangan. Terlebih, Motta sempat mengalami cedera dan harus absen hingga akhir musim.

Puas bermain hingga 16 laga, setengah status kepemilikan Motta pun dibeli sepenuhnya oleh Udinese. Namun, sejak saat itu pria dengan tinggi 1,86 meter tersebut dipinjamkan untuk beberapa klub seperti, Torino dan As Roma.

Penampilan gemilangnya bersama AS Roma dengan status pinjaman membuatnya dilirik oleh sang pelatih, Luciano Spalletti. Motta lantas digaet As Roma dengan status setengah hak kepemilikan dengan Udinese. Namun sayang, Motta gagal hijrah sepenuhnya ke klub berjuluk I Lupi itu lantaran Luciano keburu pindah menukangi tim lain.

Gagal pindah ke Roma, Motta kembali menjadi pemain pinjaman. Kali ini giliran Juventus yang mendapat kesempatan untuk merasakan performa suami dari Scarlett Reitz ini.

Singkat cerita, Juventus pun terpikat dengan keterampilan Motta dalam menjaga sisi pertahanan klub berjuluk Si Nyonya Tua itu. Hingga pada akhirnya Motta resmi bergabung dengan Juventus pada musim 2010-2011.

Sayang, setelah Juventus mengalami pergantian pelatih, Motta kembali berstatus sebagai pemain pinjaman untuk beberapa klub seperti Catania, Bologna, dan Genoa. Hingga akhirnya, pria berkebangasaan Italia ini pun dilepas oleh Juventus yang saat itu diasuh oleh Antonio Conte.

Di luar klub, Motta beberapa kali dipercaya membela timnas Italia. Penampilannya bersama timnas dimulai sejak 2002 dengan membela timnas Italia U-16.

Tim

Atlanta (2004-2005)

Udinese (2005-2009)

Torino (pinjaman) (2007-2008)

As Roma (2009-2010)

Juventus (2010-2015)

Catania (pinjaman) (2011-2012)

Bologna (pinjaman) (2012-2013)

Genoa (pinjaman) (2014)

Watford (2015)

Charlton Athletic (2016)

Almeria (2017-2018)

Omonia (2018-2019)

Persija Jakarta (2020-).

Berita terkait
Persija Ikat Evan Dimas dengan Kontrak Singkat
Pemain Timnas Indonesia Evan Dimas Darmono memilih bergabung ke Persija Jakarta dengan kontrak setahun opsi perpanjangan tiga tahun.
Nasib Eks Striker Ajax Segera Ditentukan Persib
Persib Bandung segera menentukan nasib eks penyerang Ajax Amsterdam Geoffrey Castillion dan pemain asal Brasil Wander Luiz, akhir pekan ini.
Mohamed Salah dan 2 Pesepak Bola Beristri Hijaber
Pesepak bola terkenal otomatis mendapat sorotan. Mohamed Salah dan 2 pesepak bola yang memiliki istri hijaber mengalaminya.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China