Mantan Dubes Myanmar Sebut Pemecatannya Bak Kudeta di London

Militer Myanmar duduki kedutaan besar dalam semacam kudeta di tengah London, tuding mantan dubes yang dilarang masuk gedung
Mantan Dubes Myanmar untuk Inggris, Kyaw Zwar Minn, di luar Kedubes Myanmar d London, Inggris (Foto: bbc.com/indonesia – Reuters)

London – Mantan Duta Besar Myanmar untuk Inggris, Kyaw Zwar Minn, bermalam di mobilnya setelah mengatakan bahwa dia dilarang masuk gedung kedutaan besar. Kyaw Zwar Minn mengatakan para staf diminita untuk meninggalkan gedung oleh atase militer dan ia dipecat sebagai perwakilan Myanmar.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, mengecam tindakan itu sebagai "tindakan perundungan", namun Inggris menerima perubahan itu.

Melalui juru bicara di depan gedung kedutaan pada Kamis, 8 April 2021, pagi , Kyaw Zwar Minn mendesak Inggris untuk tidak mengakui duta besar yang diangkat junta militer dan mengirim dubes baru kembali ke Myanmar.

"Terjadi kudeta di Myanmar pada Februari lalu. Sekarang terjadi kondisi yang sama di tengah London," katanya. Ia menambahkan para staf diancam dengan "hukuman berat bila tidak melanjutkan kerja untuk jendral."

mantan dubes myanmar2"Tak bisa diterima dan tak menghargai," kata mantan Dubes Myanmar untuk Inggris yang dilarang masuk kedutaan (Foto: bbc.com/indonesia)

Militer Myanmar merebut kekuasaan dalam kudeta pada 1 Februari, memicu aksi protes dan kekerasan yang semakin meningkat selama berminggu-minggu. Kyaw Zwar Minn telah menyerukan pembebasan pemimpin demokrasi yang digulingkan, Aung San Suu Kyi.

Lebih dari 600 orang - termasuk puluhan anak - telah tewas sejauh ini, seiring para pengunjuk rasa pro-demokrasi menuntut pengembalian kekuasaan kepada pemimpin terpilih Suu Kyi dan partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD).

Kyaw Zwar Minn menggambarkan peristiwa yang terjadi hari Rabu, 7 April 2021, itu sebagai "semacam kudeta, di tengah kota London", lansir Kantor Berita Reuters. "Kudeta seperti ini tidak akan terjadi," dia menambahkan.

Sang duta besar dipotret Reuters saat sedang berdiri di jalan di luar kedutaan Myanmar di Mayfair, London, berbicara dengan petugas dari kepolisian Metropolitan.

tweet hninTweet Hnin Zaw (Foto: bbc.com/indonesia)

Polisi dilaporkan dipanggil untuk menghentikan para staf masuk kembali ke dalam gedung.

Sejak itu, pengunjuk rasa telah berkumpul di luar gedung kedutaan.

Pada bulan Maret, Kyaw Zwar Minn meminta pembebasan Suu Kyi dan mengatakan kepada BBC bahwa Myanmar "terpecah" dan berisiko mengalami perang saudara.

Dia menegaskan bahwa pernyataannya tidak "mengkhianati negara", menambahkan bahwa dia berdiri di jalan "tengah".

Dubes, yang merupakan mantan kolonel militer, dipuji oleh Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, yang menyebut "keberanian dan patriotisme"-nya.

Wakil Dubes Chit Win dikatakan telah mengambil alih tanggung jawab di London, lapor Reuters dengan mengutip para diplomat yang mengetahui masalah tersebut.

dubes myanmar berbincangDuta besar Myanmar untuk Inggris Kyaw Zwar Minn (kanan) berbicara kepada polisi di luar kantor kedutaan di London (Foto: bbc.com/indonesia – PA MEDIA)

Seorang juru bicara Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan kepada BBC bahwa mereka sedang "mencari klarifikasi tentang status duta besar Myanmar di London, sejalan dengan protokol diplomatik".

Militer Myanmar merebut kekuasaan di negara itu setelah menggulingkan pemerintah dan menyatakan keadaan darurat.

Beberapa hari kemudian, gerakan protes mulai muncul, yang dengan cepat mendapat momentum, membuat ratusan ribu orang turun ke jalan untuk berunjuk rasa.

Pekan lalu, Suu Kyi didakwa melanggar undang-undang rahasia negara dari era kolonial, yang diganjar hukuman hingga 14 tahun penjara (bbc.com/indonesia). []

Berita terkait
Dubes Myanmar Untuk Inggris Dilarang Masuk ke Kedutaan
Dubes Myanmar untuk Inggris yang dukung Aung San Suu Kyi tidak boleh masuk ke kantor Kedutaan Myanmar di London
Bentrokan Demonstran dan Pasukan di Myanmar Terus Berkobar
Demonstran antikudeta di Myanmar lakukan perlawanan dengan senapan berburu dan bom api saat menghadapi tindakan keras pasukan keamanan
Kematian Lebih 40 Anak-anak Sudutkan Junta Militer Myanmar
Tatmadaw dihujani kecaman menyusul kematian lebih dari 40 anak-anak dan “penghilangan paksa” terhadap ratusan demonstran di Mynamar
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.