UNTUK INDONESIA
Manfaat Spooring dan Balancing pada Mobil
Untuk itu jika tiba saatnya untuk spooring dan balancing, sebaiknya segera lakukan itu.
Spooring dan Balancing. (Foto: Instagram @suryaanekaban)

Jakarta - Roda mobil tentunya menjadi salah satu faktor utama dalam keselamatan berkendara. Untuk itu, Anda harus selalu memperhatikan kondisi ban, baik ban itu sendiri, maupun dalam sistem koordinasinya dengan mobil Anda. 

Hal ini menjadi semakin penting bila Anda banyak melalui jalan dengan kondisi yang tidak bagus. Jalanan yang rusak akan merubah presisi ban Anda. Pada kondisi inilah Anda harus melakukan spooring mobil dan juga balancing untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

Dalam perawatan mobil, istilah spooring dan balancing sudah lazim. Namun sebenarnya apa itu spooring dan balancing? Fungsi spooring mobil sebenarnya untuk meluruskan roda antara bagian depan dengan belakang. 

Sedangkan, fungsi balancing adalah untuk memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum. Dalam keamanan dan kenyamanan berkendara, kedua hal ini sangat penting untuk diketahui. 

Untuk itu jika tiba saatnya untuk spooring dan balancing, sebaiknya segera lakukan itu.

Tanda mobil perlu spooring dan balancing

1. Saat terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan mengemudi. Karena roda depan berkaitan langsung dengan kemudi, umumnya tingkat keausannya pun lebih cepat dibandingkan roda belakang.

2. Saat salah satu arah kemudi mobil dirasa lebih dominan, sehingga menyebabkan mobil berbelok sendiri saat kemudi dilepaskan.

3. Periksakan keasusan ban mobil, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.

4. Kondisi kemudi yang yang tidak nyaman, bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat kemudi dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan kembali.

5. Adanya guncangan pada saat membelokkan kemudi, padahal kondisan jalanan baik.

6 Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini pertanda masalah keseimbangan yang sangat membutuhkan perhatian.

Spooring BalancingSpooring dan Balancing. (Foto: Instagram @suryaanekaban)

Tindakan yang perlu dilakukan

1. Lakukan spooring dan balancing secara berkala. Dikarenakan setiap produk mobil memiliki sistem dan teknologi suspensi yang berbeda-beda, maka disarankan untuk mengikiti buku panduan yang tersedia.

2. Rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur agar keausan nantinya merata untuk semua ban di mobil Anda. Untuk mobil penggerak empat roda, dianjurkan melakukan rotasi ban setiap 5,000 kilometer.

3. Sebelum melakukan spooring dan balancing, lakukan pengecekan kondisi kaki-kaki secara keseluruhan, seperti; ban, veleg, suspensi, dan sebagainya .

4. Untuk mendapatkan hasil spooring dan balancing yang maksimal, pastikan bahwa bengkel yang Anda kunjungi memiliki peralatan lengkap dan memadai.

5. Hindari pembelian ban bekas, walaupun harganya lebih murah, namun menimbulkan resiko terhadap keselamatan.

6. Apabila mengalami ban bocor/pecah dijalan, gunakan ban serep yang memiliki ukuran sama dengan ban aslinya. Jika ban serep yang tersedia berbeda, gunakanlah ban serep ini hanya untuk keperluan darurat hingga ban aslinya diperbaiki atau diganti baru.

Manfaat setelah spooring dan balancing

1. Kenyamanan saat di perjalanan dapat terpenuhi. Hal ini disebabkan hilangnya keluhan-keluhan yang ditimbulkan akibat posisi roda yang tidak presisi.

2. Handling mobil pastinya menjadi lebih baik dan mendukung.

3. Putaran roda yang stabil dan baik dapat mendukung gerakan mobil menjadi lebih responsif, sehingga keluhan yang terjadi seperti saat setir diputar, tidak lagi terjadi kecenderungan arah yang berlawanan dengan putaran setir mobil.

4. Menghidari keluhan speleng (jarak sela pergerakan setir), karena hal ini bukan saja terjadi karena adanya perangkat setir yang aus. Tetapi bisa juga disebabkan oleh karena adanya posisi yang roda yang tidak pada titik nol (presisi), seperti roda yang menguncup atau mengembang.

5. Manfaat selanjutnya yaitu dapat menghemat usia pemakaian ban, karena keausan pada ban menjadi rata dan seimbang.

Kenyamanan dalam berkendara akan berpengaruh juga pada keselamatan tentu ini perlu dilakukan segera tindakan yang baik untuk mobil Anda. 

Segera lakukan spooring dan balancing secara berkala minimal setiap 10.000 kilometer di bengkel terbaik pilihan Anda agar mobil tetapi fit dan lebih bertenaga. []

Berita terkait
Subaru yang Jajal Pertama Kokpit Digital
Subaru, menjadi pelanggan pertama Denso-BlackBerry yang akan menerapkan teknologi itu pada model Subaru Legacy dan Outback terbaru.
Mobil Listrik Honda E Rilis di Frankfurt Motor Show
Akselerasi Honda E mampu meraih kecepatan 0-100 km/h dalam waktu 8 detik.
Honda NSX, Legenda yang Terlahir Kembali
Honda NSX merupakan sebuah mobil mid-engine yang diproduksi mulai tahun 1990 hingga 2005.
0
Akhyar Nasution Persilakan KPK Geledah Kantor Wali Kota
Terkait OTT KPK Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Akhyar mengaku sampai saat ini belum bisa berkomunikasi dengan wali kota.