UNTUK INDONESIA
Man United Vs Burnley, Solskjaer Bingung Timnya Keok
Manchester United dipaksa menyerah 0-2 oleh Burnley. Ironisnya manajer Ole Gunnar Solskjaer bingung dan tak punya jawaban timnya kalah.
Manchester United menelan kekalahan 0-2 dari Burnley di Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Kamis 23 Januari 2020 dini hari WIB. Tampak pemain Man United kecewa saat pemain Burnley mencetak gol. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Manchester United secara mengejutkan dipaksa menyerah 0-2 oleh Burnley di ajang Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Kamis 23 Januari 2020 dini hari WIB. Lebih ironis lagi, manajer Ole Gunnar Solskjaer malah bingung dan tak punya jawaban atas hasil memalukan di hadapan pendukung sendiri. 

Suporter Man United tetap memenuhi stadion di laga pertengahan pekan ini. Kekalahan 0-2 dari Liverpool dalam the North West Derby di Anfield tak menyurutkan semangat mereka sambil berharap kebangkitan tim saat menjamu tim papan bawah. 

Namun yang terjadi justru kebalikannya. Man United gagal merapatkan jarak poin dengan Chelsea demi mengejar posisi empat besar. Mereka justru mengalami kekalahan memalukan. 

Pemain sudah lelah mental sehingga mereka tak mampu berkreasi lagi. Kami tidak mencari pembenaran atas kegagalan ini

Bagaimana tidak memalukan, untuk kali pertama sejak 1962, The Red Devils dikalahkan Burnley di Old Trafford. Saat meninggalkan lapangan baik di babak pertama maupun saat pertandingan berakhir, pemain Man United dicemooh suporter sendiri. 

Ironisnya, saat pertandingan belum berakhir sebagian penonton sudah meninggalkan tempat duduk. Hal yang tak pernah terjadi di era manajer legendaris Sir Alex Ferguson

Apalagi pasukan Ferguson pernah dilabeli 'tim yang hanya butuh lima menit terakhir untuk menang'. Gara-garanya pemain Man United kerap mencetak gol krusial justru di atas menit 85. Termasuk final Liga Champions 1999 yang fenomenal saat menang 2-1 atas Bayern Munich. Dan salah satu pencetak gol di injury time itu tak lain, Solskjaer sendiri. Ini yang menjadikan pendukung Man United betah menyaksikan laga sampai selesai. 

Kini kejayaan Man United sudah meredup. Setelah kalah dari Liverpool, mereka kembali menelan hasil buruk. Repotnya, Solskjaer seperti tak punya jawaban atas penampilan buruk tim asuhannya. Berbeda saat kalah dari Liverpool. Solskjaer tetap memuji tim karena sempat menguasai permainan meski tak bisa mencetak gol. 

"Burnley mencetak satu gol indah dan kemudian mencetak satu gol lagi. Saat Anda mendominasi tetapi gagal mencetak gol, ini sungguh mengecewakan. Kami seperti tak punya jawaban (atas kegagalan ini)," kata Solskjaer seperti dikutip Evening Standard

"Pemain sudah memberikan segalanya. Mereka sesungguhnya bermain fantastis sepanjang musim ini. Tetapi mereka tahu itu masih belum cukup," ujarnya. 

Manchester UnitedPemain Manchester United Juan Mata (kiri) dan Anthony Martial (tengah) kecewa saat tim kebobolan di pertandingan melawan Burnley di Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Kamis 23 Januari 2020 dini hari WIB. Man United kalah 0-2 di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Solskjaer menyebut pemain kelelahan secara mental. Bahkan secara tidak langsung menilai bila sebagian pemain tidak mampu menanggung beban saat bermain di sebuah klub besar. 

"Pemain sudah lelah mental sehingga mereka tak mampu berkreasi lagi. Kami tidak mencari pembenaran atas kegagalan ini. Namun saat Anda bermain di Man United, Anda sesungguhnya pemain istimewa karena bermain di salah satu klub terbesar di dunia," kata Solskjaer lagi. 

Pemain Dinilai Mempermalukan Man United

Sementara, mantan bek andalan Man United Rio Ferdinand menyatakan pemain justru mempermalukan The Red Devils. Tim yang harganya mencapai 600 juta poundsterling atau lebih dari Rp 10 triliun. Namun hasilnya sungguh mengecewakan.

"Ini sungguh memalukan. Para petinggi di klub harus melihat ini. Tim seharga 600 juta poundsterling dan hasilnya seperti ini," kata Ferdinand. 

"Saat ini, anak-anak sekolah di seluruh negeri ini sudah tak ingin lagi mengenakan jersey Man United. Penonton tidak akan datang untuk mendukung tim seperti ini. Itu tidak akan terjadi lagi. Lihat saja mereka sudah meninggalkan tempat duduk di menit 84," ucap eks bek tengah tim nasional Inggris ini. 

Di pertandingan itu gawang Man United sudah kebobolan di babak pertama. Gol Burnley dihasilkan Chris Wood di menit 39. 

Suporter berharap Man United bangkit di babak kedua. Bukannya mengejar ketinggalan gol, gawang David de Gea malah kembali kemasukan. Kali ini Jay Rodriguez yang mencetak gol menit 56. 

Skor akhir 2-0 untuk Burnley dan ini menjadi kekalahan kedelapan Man United musim ini. Sedangkan mereka hanya menang sembilan kali. []

Berita terkait
Liverpool vs Man Utd, Prediksi dan Susunan Pemain
Striker Manchester United Marcus Rashford mungkin bakal dimainkan saat menghadapi Liverpool di Liga Premier Inggris, Minggu 19 Januari 2020.
Ditekuk Liverpool Solskjaer Yakin MU Bikin Kemajuan
Biar pun dikalahkan Liverpool, pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, yakin timnya masih membuat "kemajuan" musim ini
Man Utd Vs Wolves, Tanpa Rashford Lawan Liverpool
Cedera punggung striker Marcus Rashford menjadikan Manchester United kian diragukan mampu meladeni Liverpool dalam duel Liga Premier Inggris.
0
Ada 3 Opsi Penyelamatan Jiwasraya, Mana yang Dipilih
Pemerintah menyiapkan tiga opsi penyelamatan perusahaan asuransi pelat merah, PT Asuransi Jiwasraya (Persero).