Mahfud MD: Terowongan Silaturahmi Simbol Persatuan Bangsa

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta merupakan simbol persatuan bangsa.
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Tagar/Instagram/@mahfudmd)

Jakarta - Menko Polhukam Mahfud MD menyebut Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta merupakan simbol persatuan bangsa dan masyarakat Indonesia yang beragam.

"Alhamdulillah, ini salah satu lambang penting untuk kita membangun kerukunan, kebersatuan dalam keberbedaan. Untuk jangka panjang, dakwah membangun Indonesia yang memiliki kebersatuan dalam keberagaman dan kebersamaan," kata Mahfud sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta, Sabtu, 30 Januari 2022.

Mahfud menyempatkan diri mengunjungi Terowongan Silaturahmi setelah salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta. Ia juga menyusuri terowongan ditemani oleh pejabat utama Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), serta Imam Besar Madsjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Dalam kegiatan itu, Imam Masjid Istiqlal menyampaikan Terowongan Silaturahmi merupakan ikon toleransi antarumat beragama di Indonesia.


Ini penting diingat karena sampai sekarang masih ada yang mengatakan bahwa manusia tidak bisa berbuat adil karena keadilan itu hanya bisa dilakukan oleh Allah.


Terowongan ini, kata Nasaruddin Umar, menjadi contoh hidup bertetangga antara satu tempat ibadah yang satu dan yang lain.

"Terowongan ini menjadi ikon kebersamaan, nantinya dilengkapi sehingga bisa melihat sejarah toleransi Indonesia melalui terowongan kecil ini. Informasi bahwa Indonesia bisa menjadi contoh bahwa kita bisa hidup berdampingan antara dua rumah ibadah," katanya.

Dalam siaran tertulis yang sama, Mahfud juga menyampaikan beberapa pesan terkait dengan persatuan bangsa dan keadilan yang dibacakan saat jumatan.

Dalam khotbahnya berjudul Menegakkan Keadilan Hukum sebagai Refleksi Amanah Keadilan Tuhan, Mahfud menyebutkan salah satu wujud perilaku takwa adalah menegakkan keadilan hukum.

"Ini penting diingat karena sampai sekarang masih ada yang mengatakan bahwa manusia tidak bisa berbuat adil karena keadilan itu hanya bisa dilakukan oleh Allah," katanya.

Pernyataan tersebut, menurut dia, jelas salah karena di dalam Alquran dan Sunah Nabi banyak perintah kepada manusia dan amanah untuk berbuat adil dan menegakkan keadilan.

"Jadi, menurut Islam menegakkan keadilan adalah salah satu tugas manusia untuk mewujudkan ketakwaan kepada Allah," kata Mahfud dalam khotbahnya.

Jika mengacu pada ajaran Islam, lanjutnya, adil dapat dikaitkan dengan perlakuan yang sama, seimbang, dan proporsional.

"Kalau dikaitkan dengan kehidupan berbangsa kita di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dalam membuat dan melaksanakan hukum kita harus memasukkan dan mengimplementasikan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kebersatuan, permusyawaratan, dan keadilan sosial," kata Mahfud. []

Berita terkait
Pemerhati Politik: Mahfud MD Cari Perhatian Keluarga Cikeas
Pemerhati Politik Saiful Huda Ems berpendapat bahwa Mahfud MD sedang mencari perhatian dengan keluarga Cikeas alias keluarga SBY.
3 Tahun Menjabat, Kekayaan Mahfud MD Capai Rp 27 Miliar
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Pulham) Mahfud MD melaporkan harta kekayaan yang dimilikinya. Berikut ulasannya.
Mahfud MD: Berislam Itu Substantif Bukan Formalitas Simbolik
Mahfud MD merespons sekelompok orang yang ingin mendirikan negara Islam dengan berbagai aksi terornya di berbagai daerah Indonesia.
0
Mahfud MD: Terowongan Silaturahmi Simbol Persatuan Bangsa
Menko Polhukam Mahfud MD menyebut Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Katedral Jakarta merupakan simbol persatuan bangsa.