Lukisan Pablo Picasso Marie-Therese Terjual Rp 2,2 Miliar

Sebuah lukisan dengan media campuran karya Pablo Picasso telah terjual setelah 50 tahun tersimpan di lemari di sebuah rumah di Maine, AS
Karyawan berfoto dengan "Femme Assise Pres d\'Une Fenetre (Marie-Therese)”, karya Pablo Picasso, di galeri Christie sebelum penjualan malam musim semi New York, di London, Inggris, 22 April 2021. (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Peter Nicholls)

Jakarta - Sebuah lukisan dengan media campuran karya Pablo Picasso, "Femme Assise Pres d'Une Fenetre (Marie-Therese),” telah terjual setelah 50 tahun tersimpan di lemari di sebuah rumah di Negara Bagian Maine, Amerika Serikat (AS), seharta Rp 2,2 miliar.

Kantor Berita Associated Press, mengutip laporan Boston Globe, melaporkan bahwa balai lelang John McInnis Auctioneers, yang berbasis di Massachusetts, mengonfirmasi bahwa lukisan berjudul "Le Tricorne" terjual pada Sabtu, 26 Juni 2021.

Lukisan berukuran 40 x 40 sentimeter itu ditandatangani dan diberi tanggal pada 1919. Hal ini diyakini sebagai studi untuk tirai panggung yang dilukis Picasso untuk pertunjukkan balet dengan judul yang sama. Menurut New York Historical Society, pertunjukan balet itu memulai debutnya pada tahun yang sama di London. Tirai itu telah dipamerkan di klub pencinta sejarah di New York City sejak 2015.

Situs web liveauctioneers.com melaporkan harga jual lukisan itu adalah 150 ribu dolar AS atau sekitar Rp 2,18 miliar ditambah 24% premi pembeli.

Identitas pembeli maupun penjual tidak disebutkan, tetapi penjual memberikan pernyataan di situs web bahwa lukisan itu ditemukan di lemari di rumah ayahnya. Rumah itu adalah warisan dari seorang kerabat perempuan yang belajar seni di Eropa pada 1920-an.

"Lukisan ini ditemukan di sebuah rumah milik bibi buyut saya yang diwariskan kepadanya dari pamannya pada akhir 1930-an," kata penjual dalam pernyataannya itu.

“Ada beberapa lukisan yang disimpan di lemari selama 50 tahun (termasuk lukisan ini) yang diserahkan kepada ayah saya ketika dia meninggal dan sekarang kepada saya.”

Pembeli punya waktu 120 hari untuk membuktikan keaslian lukisan itu dengan Administrasi Claude Picasso, yang dikelola oleh putra seniman (na/ft)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Lukisan Picasso yang Dicuri Tahun 2012 Ditemukan Polisi Yunani
Polisi di Yunani telah menemukan lukisan Picasso yang dicuri pada tahun 2012 dari Galeri Nasional, dan menangkap seorang tersangka pencuri
0
Lukisan Pablo Picasso Marie-Therese Terjual Rp 2,2 Miliar
Sebuah lukisan dengan media campuran karya Pablo Picasso telah terjual setelah 50 tahun tersimpan di lemari di sebuah rumah di Maine, AS