Luhut: Indonesia Masuk Skenario Terburuk Penanganan Covid-19

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini Indonesia sudah masuk dalam worst case scenario atau skenario terburuk dalam penanganan Covid-19.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Tagar/Sekretariat Kabinet)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan saat ini Indonesia sudah masuk dalam worst case scenario atau skenario terburuk dalam penanganan Covid-19. 

Kendati begitu, Luhut mengatakan bahwa saat ini, pemerintah mempersiapkan skenario terburuk jika angka penularan mencapai 100 ribu kasus per hari.

"Kami ini sudah pada sampai di worst case scenario ya. Kami memang sudah duga penularannya akan tinggi, meski kami tak menduga bisa secepat ini," ujar Luhut dalam konferensi pers, Kamis, 15 Juli 2021.


Kami kerahkan semua source yang ada harapannya ini bisa mengendalikan kondisi.


Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan pemerintah berupaya untuk bisa menekan angka penularan meski memang ini perlu kerjasama semua pihak. Luhut juga menjelaskan pemerintah menjaga untuk paling tidak angka penularan tidak mencapai 60 ribu per hari.

"Ya kita berharap jangan lebih daripada 60 ribu karena itu nanti mesti ada perkiraan lain lagi," katanya.

Pemerintah telah menyiapkan skenario jika terjadi peningkatan kasus yang signifikan. Luhut menyebut, Indonesia telah mengamankan stok vaksin sebesar 480,7 juta dosis. Pada bulan Juli ini vaksinasi ditargetkan mencapai rata-rata 1 juta per hari.

Penambahan kapasitas tempat tidur rumah sakit juga sudah disiapkan, termasuk pembukaan rumah sakit lapangan atau darurat untuk perawatan isolasi dan intensif. 

Selain itu, lanjut Luhut, tempat diklat dan wisma yang dimiliki kementerian atau lembaga juga akan dimanfaatkan untuk tempat isolasi Covid-19. Rumah sakit dan fasilitas yang dimiliki TNI-Polri juga dimanfaatkan maksimal.

"Kami kerahkan semua source yang ada. Harapannya ini bisa mengendalikan kondisi," ucapnya. []

Berita terkait
Politisasi Pernyataan Luhut, Ferdinand: Pemahaman Sempit!
Aktivis Sosial Politik Hukum Ferdinand Hutahaean menyoroti pihak yang mempolitisasi pernyataan Luhut soal PPKM Darurat yang terkendali.
Pakar: Sangat Kecil Kemungkinan Jokowi Reshuffle Luhut
Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati mengatakan sangat kecil kemungkinan untuk Presiden Joko Widodo me-reshuffle Menko Marves Luhut Panjaitan.
NasDem: Kedekatan Jokowi dan Luhut Sudah Dibangun Lama
Politisi NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan bahwa kedekatan Presiden Jokowi dan Luhut Binsar Pandjaitan sudah dibangun sejak lama.
0
Luhut: Indonesia Masuk Skenario Terburuk Penanganan Covid-19
Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini Indonesia sudah masuk dalam worst case scenario atau skenario terburuk dalam penanganan Covid-19.