Luhut Apresiasi Kinerja Gubernur Kepri Terkait Masuknya PMI

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengpresiasi kinerja Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad terkait masuknya PMI melalui daerah tersebut.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Tagar/Maritim)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengpresiasi kinerja Gubernur Provinsi Kepulau Riau Ansar Ahmad dan jajarannya terkait masuknya pekerja migran Indonesia (PMI) melalui daerah tersebut.

Hal ini disampaikan Luhut melalui Video Conference rapat koordinasi terkait penanganan karantina PMI, Minggu, 19 September 2021, agar Covid-19 dapat terkendali.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pak Gubernur dan jajaran, karena bekerja keras membantu pemerintah pusat menangani PMI," ujar Luhut.


Kami memohon pemerintah pusat agar pemulangan PMI nanti tetap dua pintu seperti sebelumnya yakni lewat Batam dan Tanjungpinang tidak dipusatkan di Batam saja.


Ia juga mengatakan prosedur kesehatan terhadap kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) harus diperketat agar tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya Kepri.

Wilayah Kepri merupakan bagian dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan menjadi pintu keluar-masuk PMI dari dan ke Malaysia hingga Singapura.

Menurut Luhut penanganan PMI yang masuk ke Kepri sudah sangat bagus. Mulai dari tes usap PCR, penanganan PMI yang terkonfirmasi Covid-19 dan yang tidak. Semua dilakukan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan.

Ia pun mendukung sekaligus mengapresiasi para petugas karantina di lapangan yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Petugas di lapangan adalah garda terdepan dalam menjaga agar penyebaran Covid-19 di Kepri bisa dihentikan.

"Penanganan yang serius harus dilakukan agar kasus Covid-19 di Kepri yang terus menurun tetap terjaga dan para PMI terkonfirmasi tidak menimbulkan kasus baru," katanya.

Sementara Gubernur Ansar Ahmad berharap agar pemulangan PMI melalui pelabuhan laut dilakukan tidak hanya di Kota Batam, melainkan juga Kota Tanjungpinang.

"Kami memohon pemerintah pusat agar pemulangan PMI nanti tetap dua pintu seperti sebelumnya, yakni lewat Batam dan Tanjungpinang. Tidak dipusatkan di Batam saja," kata Ansar Ahmad.

Ia meminta pemerintah pusat mempertimbangkan kembali keputusan untuk hanya membuka pintu masuk PMI ke tanah air melalui laut, lewat Batam. []

Berita terkait
Menko Luhut Resmikan Tempat Pengelolaan Sampah di Bali
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu-Sampahku Tanggung Jawabku (TPST Samtaku) Jimbaran, Bali.
Digitalisasi UMKM, Luhut Luncurkan Gernas BBI Ragam Aceh
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Ragam Aceh sebagai upaya digitalisasi UMKM.
Luhut Dukung Rencana Pengembangan Vaksin mRNA di Indonesia
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mendukung rencana PT Etana Biotechnologies Indonesia untuk mengembangkan produksi vaksin mRNA di Tanah Air.
0
Luhut Apresiasi Kinerja Gubernur Kepri Terkait Masuknya PMI
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengpresiasi kinerja Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad terkait masuknya PMI melalui daerah tersebut.
8 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami
Lionel Messi Belum Cetak Gol untuk PSG
5 Hal Yang Membatalkan Wudhu