UNTUK INDONESIA
Liverpool Bidik Mbappe, Madrid Ganti Incar Mane
Liverpool ingin mendatangkan bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe. Sebaliknya, Real Madrid beralih mengincar pemain Liverpool Sadio Mane.
Liverpool ingin mendatangkan bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe. Sebaliknya, Real Madrid beralih mengincar pemain Liverpool Sadio Mane. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Liverpool di luar dugaan ingin mendatangkan bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe. Menariknya, Real Madrid siap melepas Mbappe yang menjadi buruannya dan beralih mengincar pemain sayap Liverpool Sadio Mane. 

Peta perburuan pemain kembali berubah meski bursa transfer belum dibuka. Madrid yang fokus memburu Mbappe justru beralih pada Mane. Bintang tim nasional Senegal ini kian mengilap bersama Liverpool sejak direkrut dari Southampton dengan harga 34 juta poundsterling atau Ro 671 miliar pada 2016. 

Mane menjadi salah satu trisula maut di lini depan The Reds bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Dirinya sudah mencetak 77 gol selama 161 pertandingan. Mane juga turut mengantarkan Liverpool memenangi Liga Champions 2019. 

Bila Liverpool mampu memenuhi permintaan harga dari PSG, maka Mbappe akan dilepas. Bila tidak ada uang, dia tidak akan pergi

Liverpool sesungguhnya sudah memperbarui kontrak Mane yang akan berakhir pada 2023. Sedangkan gajinya mencapai 150 ribu poundsterling atau Rp 2,9 miliar setiap tahun. 

Namun tim yang saat ini memimpin klasemen Liga Premier Inggris ini siap melepas Mane. Apalagi, Madrid tak keberatan memenuhi harga 150 juta poundsterling atau Rp 2,9 triliun untuk pemain berusia 28 ini. 

Bukan tanpa alasan bila Los Blancos mengincar Mane. Pelatih Zinedine Zidane ternyata sudah lama ngefans pemain tersebut. Bahkan Zizou tak keberatan Madrid melepas Mbappe yang selama ini menjadi buruan dan beralih pada Mane. 

Beralihnya incaran Madrid memang di luar perkiraan. Mungkinkah Madrid mengalami kesulitan mendatangkan Mbappe?

Nike Bantu Liverpool Datangkan Mbappe

Namun yang mengejutkan tak lain pergerakan Liverpool. Tak keberatan melepas Mane, juara Liga Champions 6 kali ini justru ganti membidik Mbappe. 

Padahal pada Desember lalu, manajer Juergen Klopp menyatakan tidak ada peluang bagi Liverpool mendatangkan Mbappe. Namun kini Klopp terpaksa meralat ucapannya. 

Apa pasalnya? Ya, Liverpool sukses menggaet apparel raksasa, Nike. sebagai sponsor baru. Dari apparel asal Amerika Serikat ini, Liverpool bakal mendapat pemasukan tidak kurang 100 juta poundsterling atau Rp 1,9 triliun setiap tahun. Ini menjadi modal bagus Liverpool merekrut pemain terbaik.

Nike sendiri menginginkan Liverpool membangun rencana besar dengan memboyong Mbappe. Dan, pemain berusia 21 ini merupakan salah satu aset berharga Nike. Menariknya dalam beberapa kesempatan, bintang tim nasional Prancis ini memberi komentar tentang Liverpool. 

"Pencapaian Liverpool memang luar biasa musim ini. Mereka bermain seperti mesin. Mereka seperti sudah memiliki irama permainan seperti 'kami bermain lagi', 'kami bermain lagi,'. Mereka bermain setiap 3 hari dan selalu menang dan menang," kata Mbappe dalam wawancara dengan BBC Sport

Sementara, wartawan Prancis, Julien Laurens menuturkan setiap klub, tidak hanya Madrid, yang sesungguhnya bisa memboyong Mbappe. Menurut dia bila klub mampu memenuhi permintaan harga PSG, Mbappe bakal dilepas. 

"Bila Liverpool mampu memenuhi permintaan harga dari PSG, maka Mbappe akan dilepas. Bila tidak ada uang, dia tidak akan pergi," kata Laurens. 

"Ya, Real Madrid adalah impiannya dan suatu saat nanti, dia akan bermain di sana. Namun usianya masih 21. Dia bisa ke klub lain dan Liverpool juga merupakan klub yang menarik pemain top dunia. Dari Liverpool, dia kemudian bisa ke Madrid," ujarnya. 

Dengan kekuatan dana dari Nike, Liverpool siap memboyong Mbappe. Hanya, gaji tinggi sang pemain yang mencapai 400 ribu poundsterling atau Rp 7,8 miliar setiap pekan bisa merusak struktur gaji pemain. 

Namun Nike bisa mengatasinya. Mereka bakal membayar sebagian gaji Mbappe sehingga struktur gaji pemain tidak terganggu. []

Berita terkait
Covid-19 Gagalkan Transfer Kylian Mbappe ke Madrid
Real Madrid nyaris menyelesaikan transfer bintang muda Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe. Transfer itu tertunda gara-gara pandemi Covid-19.
Neymar dan Kylian Mbappe Bertahan di PSG
Neymar dan Kylian Mbappe bertahan di Paris Saint-Germain meski diincar Barcelona dan Real Madrid. Pandemi Covid-19 jadikan bursa tak lagi hot.
Firmino, Mane, dan Salah Trisula Maut Liverpool
Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah jadi starter utama klub asuhan Jurgen Klopp, Trisula maut Liverpool ini disebut dengan ‘Firmansah’
0
Anggota DPR Minta Data Penerima Bansos Diperbaiki
Anggota DPR, Intan Fauzi menyebutkan penyaluran dana bansos masih kerap salah sasaran akibat data penerima tidak valid.