UNTUK INDONESIA

Listyo Sigit Prabowo Peraih Top 10 Most Outstanding People

Listyo Sigit Prabowo digadang-gadang sebagai kandidat kuat Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan segera pensiun.
Kombes Listyo Sigit Prabowo saat mengikuti upacara serah terima jabatan (Sertijab) di Mapolda Banten, di Serang, Kamis 13 September 2019. (foto: Antara/Asep Fathulrahman).

Jakarta - Nama Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo digadang-gadang sebagai kandidat kuat Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan segera pensiun. 

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) juga mengusulkan namanya serta empat lainnya untuk menduduki pucuk pimpinan korps Bhayangkara itu. 

Berikut di bawah ini fakta-fakta menarik Listyo Sigit:

Rekonstruksi Polisi Vs FPIBareskri Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Tagar/Twitter)

1. Lulusan Akpol 1991

Pria kelahiran 5 Mei 1969 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Diusianya saat ini, karirnya termasuk mulus, sebab untuk angkatan lulusan Akpol 91, sampai pada pangkat bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen) merupakan capaian yang luar biasa.

Tercatat, saat ini ia menjabat Kabareskrim dengan kenaikan pangkat yang sangat cepat.

Listyo Sigit PrabowoIrjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo saat menjabat sebagai Kapolda Banten. (Foto: Facebook/Listyo Sigit Prabowo)

2. Mantan Ajudan Presiden Joko Widodo

Pada 2014, ia dipercaya sebagai ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada periode pertama. Saat itu, Listyo masih berpangkat Kombes.

Ia mulai bertugas menjadi ajudan Jokowi dari kalangan polisi pada Senin, 27 Oktober 2014. Sebelum menjabat sebagai ajudan Jokowi, ia sempat bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Djoko TjandraKepala Bareskrim Polri (tengah) Komjen Listyo Sigit Prabowo menunjukkan buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra (kedua kiri) yang ditangkap di Malaysia setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (30/7/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras).

3. Raih Penghargaan ‘Top 10 Most Outstanding People’

Top 10 Most Outstanding People adalah daftar 10 tokoh nasional yang luar biasa. Mereka dipilih karena memiliki peran di bidangnya dengan dedikasi maupun kemampuan yang luar biasa dan dengan hasil maupun cara yang lebih unggul dari orang lain.

Listyo berhasil mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai berhasil membenahi dan membawa institusi Bareskrim Polri semakin profesional dan juga keberaniannya dalam mengungkap kasus besar.

Listyo Sigit PrabowoMayjen Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers (Foto: Humas Polri)

4. Jabatan Strategis Sepanjang Kariernya

Listyo sempat mengisi beberapa posisi penting termasuk menjadi Kadiv Propam. Beberapa jabatan yang pernah diembannya, yaitu Kabag Dalpers Ropers Polda Metro Jaya, Kapolres Pati pada 2009, Kapolres Sukoharjo pada 2010, Wakapoltabes Semarang, Kapolresta Surakarta pada 2011.

Selanjutnya, pada 2012 ia menjabat Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri, Direskrimum Polda Sultra pada 2013, Ajudan Presiden RI pada 2014, Kapolda Banten pada 2016 dan Kadiv Propam Polri pada 2018.

Kombes Pol Listyo Sigit PrabowoKepala Badan Reserse Kriminal Polri Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo menggelar inspeksi mendadak (sidak) di gudang beras di PT Food Station Cipinang Jaya, Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020). (Foto dok Humas Polri)

5. Calon Kuat Kapolri

Listyo dikabarkan akan menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Namanya, tercantum sebagai salah satu dari lima calon Kapolri yang telah diserahkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo.

Selain Listyo, empat calon Kapolri lainnya adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Boy Rafly Amar. Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjem Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Berita terkait
Amien Rais Jagokan Listyo Sigit Prabowo Suksesi Kapolri Idham Azis
Mantan Ketua MPR Amien Rais mengaku menjagokan Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo jadi suksesi Kapolri Jenderal Idham Azis yang pensiun Januari 2021.
Kabareskrim Listyo: Kebakaran Kejagung Ada Unsur Pidana
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ungkap sebab kebakaran di Kejaksaan Agung ada unsur pidana.
Tangkap Djoko Tjandra, Prestasi Listyo Jadi Kapolri
Prestasi ini diyakini akan membuat Presiden Jokowi melirik Listyo sebagai calon pengganti Jenderal Pol Idham Azis sebagai Kapolri.
0
Signal, Aplikasi Pesan Pengganti WhatsApp Rekomendasi Elon Musk
Singnal, aplikasi pesan singkat saingan WhatsApp mengalami lonjakan pengguna baru setelah direkomendasikan oleh Elon Musk dan Edward Snowden.