UNTUK INDONESIA

Listrik dan Komunikasi Terputus, Kota Kupang Nyaris Lumpuh

Sejumlah saluran elekomunikasi dan listrik di Kota Kupang, hingga Senin, 5 April 2021, yang masih terputus menyebabkan kota itu nyaris lumpuh.
Hujan deras dan cuaca ekstrem menyebabkan banjir bandang di kawasan Nusa Tenggara Timur, sejak Minggu, 4 April 2021. (Foto: Tagar/BNPB)

Jakarta - Cuaca esktrem yang melanda Kupang, Nusa Tenggara Timur, sejak Minggu, 4 April 2021, dilaporkan menyebabkan banyak pepohonan di sejumlah ruas jalan tumbang. Akibatnya, kota tersebut nyaris lumpuh tanpa pasokan listrik dan telekomunikasi.

Kantor Berita Antara melaporkan, sejumlah saluran elekomunikasi dan listrik di Kota Kupang, hingga Senin, 5 April 2021, masih terputus lantaran beberapa pohon yang bertumbangan memutuskan kabel listrik dan telepon.

Kepala Biro Perum LKBN Antara NTT, Bernardus Tokan, melaporkan hubungan komunikasi diperkirakan paling bertahan satu sampai dua jam ke depan karena listrik padam sampai sekarang.

"Saat ini masih bisa menggunakan genset, tapi bahan bakarnya semakin menipis. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tutup. Saya perkirakan satu sampai dua jam ke depan sudah sulit berkomunikasi," kata dia, dikutip Tagar pada Senin, 5 April 2021.

Banjir NTTHujan deras dan cuaca ekstrem menyebabkan banjir bandang di kawasan Nusa Tenggara Timur, sejak Minggu, 4 April 2021. (Foto: Tagar/BNPB)

Sementara untuk transportasi ke luar kota, kata Bernardus Tokan, akses jalanan mengalami kelumpuhan total.

Ruas jalan yang banyak tertutup pohon tumbang, antara lain, Jalan Piet A Tallo, Jalan Veteran, Jalan Veteran Kelapa Lima, dan Jalan L Karim.

Lantaran itu, warga sampai berupaya memotong sejumlah pohon yang melintang di ruas jalan tersebut dengan menggunakan peralatan alakadarnya.

Diberitakan sebelumnya, cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah di kawasan Indonesia Timur.

Hujan deras dan angin kencang yang melanda, menyebabkan banjir bandang di kawasan Flores, Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan sejumlah wilayah lain. []

Berita terkait
Jokowi Sampaikan Bela Sungkawa Bencana Banjir Bandang di NTT & NTB
Presiden sampaikan bela sungkawa atas musibah banjir bandang di NTT dan NTB juga memerintahkan jajarannya untuk menangani bencana dengan cepat.
Banjir Bandang di Flores, BNPB: Sementara Ada 23 Orang Tewas
BNPB melaporkan banjir bandang di FLores yang terjadi sejak Minggu dini hari, 4 April 2021, telah memakan 23 orang meninggal dunia.
Dua Orang Tewas dan 27.808 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Bima
Sebanyak 27.808 jiwa atau 9.245 kepala keluarga (KK) menjadi korban terdampak banjir di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.
0
Listrik dan Komunikasi Terputus, Kota Kupang Nyaris Lumpuh
Sejumlah saluran elekomunikasi dan listrik di Kota Kupang, hingga Senin, 5 April 2021, yang masih terputus menyebabkan kota itu nyaris lumpuh.