Lionel Messi Bawa Bisnis Bagus untuk PSG

Presiden PSG, Nasser al Khelaifi, mengkonfirmasi kepada MARCA bahwa Leo telah menguntungkan di musim pertamanya di PSG
Lionel Messi dan Presiden PSG, Nasser al Khelaifi. (Foto: marca.com)

Oleh: Pablo Polo diadaptasi oleh SAM

TAGAR.id - Ketika Lionel Messi menelepon Paris Saint-Germain (PSG), pada hari musim panas tahun 2021 lalu ketika Joan Laporta meninggalkannya terdampar dalam pertemuan terkenal di mana Presiden Barcelona itu mundur dan melanggar perjanjian pembaruan kontrak Messi. Di kantor klub Prancis di Avenue Emila Zola di Boulogne, Paris, Prancis, manajemen PSG meminta sedikit waktu.

Akun-akun PSG tidak lagi diperhitungkan untuk memberi ruang bagi Leo dan tagihan gajinya, yang musim pertama ini bersih 40 juta euro, dan meminta sedikit waktu karena operasinya harus dipelajari.

PSG mengambil risiko dan menandatangani kontrak dengan Messi. Dalam akun direksi, diperkirakan kedatangan Leo akan mendatangkan pemasukan yang cukup dari hak citra, pemasaran, dan eksploitasi stadion agar tidak berdampak pada keuangan klub.

Teori itu telah terbukti benar, seperti yang dikatakan Presiden PSG, Nasser al Khelaifi, kepada MARCA. Tujuannya sekarang dengan pembaruan Kylian Mbappe, yang berbagi hak citra dengan klub, adalah untuk lebih meningkatkan pendapatan dari semua konsep ini.

messi perkenalkan nomor punggung di psgLionel Messi perkenalkan nomor punggung 30 di jerseynya di PSG (Foto: marca.com)

Kontrak yang lebih banyak dan lebih baik dengan sponsor

Yang benar adalah bahwa kedatangan Leo membawa 10 kontrak sponsor baru dan, sebagai direktur area klub ini, Marc Armstrong, juga berkomentar, selain kekuatan daya tarik, perjanjian itu menghasilkan lebih banyak uang daripada yang bisa mereka dapatkan tanpa kontrak. Argentina.

“Kami tentu melihat pertumbuhan di daerah-daerah di mana kami bisa mencapai kesepakatan antara 3 hingga 5 juta dan sekarang antara 5 hingga 8 juta, sehingga dampaknya cukup besar,” jelasnya.

Memang, pendapatan dari konsep ini diperkirakan tumbuh 13% dan merek seperti Dior, Gorillas, Crypto.com, Autohero, GOAT, Smart Good Things, Infinity Sports Water, Geekvape, PlayBetR, Volt, dan Big Cola masuk daftar sponsor PSG .

Adapun cryptocurrency, yang menderita saat ini, nilai koin PSG berlipat ganda ketika diketahui bahwa mereka menandatangani Messi, yang mengumpulkan sebagian dari gajinya dalam bentuk token penggemar.

lionel messi di melbourneLionel Messi juga tampil memperkuat Argentina di MCG tahun 2017 melawan Brasil (Foto: abc.net.au/indonesian - Getty Images/Robert Cianflone)

"Kami menutup kesepakatan dengan cryptocurrency sebelum menandatangani Messi dan dalam minggu-minggu berikutnya harga meroket karena orang-orang menunjukkan lebih banyak minat untuk bergabung," tambah Armstrong.

Semua faktor tersebut digabungkan berarti bahwa klub telah melampaui pendapatan 300 juta musim ini untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

Penjualan kaos, rekor lain

Area lain di mana PSG telah tumbuh secara eksponensial dengan kedatangan Messi adalah dalam penjualan kaus.

Klub telah memasuki dimensi lain dengan kedatangan Neymar dan perkembangan Mbappe, tetapi Messi membawa segalanya ke tingkat yang sama sekali baru.

Nomor 30 memungkinkan klub untuk menyamai omset klub dari musim 2020/21 dalam merchandising di tengah kampanye (41 juta euro).

Untuk pertama kalinya, lebih dari satu juta kaus terjual, 60% di antaranya dengan nomor 30 La Pulga, bergabung dengan Manchester United sebagai klub yang paling banyak menjual kaus di seluruh dunia musim lalu sebagian berkat kesepakatannya dengan Jordan merek.

Dengan kedatangan Messi, klub telah memindahkan toko resminya di Champs-Elysees untuk melipatgandakan luas lantai dan meningkatkan pendapatannya juga dalam produk gaya hidup.

“Permintaan telah tumbuh 30 hingga 40% dan yang benar-benar dapat memperlambatnya adalah pasokan. Ketika penandatanganan sebesar ini terjadi, [Cristiano] Ronaldo ke [Manchester] United misalnya, Anda mungkin berpikir dia akan dibayar dengan menjual kaus. , tapi bukan itu masalahnya. Anda tidak bisa menghasilkan banyak kaos ekstra," jelas Armstrong kepada MARCA.

“Kesepakatan diatur untuk menjamin minimum yang sangat penting tetapi kami tidak dapat memenuhi permintaan kaos Messi. Kami telah mencapai batas maksimal. Tidak ada yang dapat memenuhi permintaan itu.

“Kami sudah menjual banyak kaus, mungkin lebih banyak dari tim lain di dunia untuk satu pemain, dan itu menempatkan kami di level berikutnya.

"Kami memiliki banyak permintaan untuk produk gaya hidup, pendapatan dengan merek Jordan sangat besar, tetapi permintaan semakin meningkat ketika Anda merekrut pemain seperti Messi."

messi dan neymar rayakan golLionel Messi dengan Neymar rayakan gol setelah mencetak gol dalam kemenangan PSG melawan Lorient 5-1 di Paris, 3 Maret 2022 (Foto: marca.com - Michel Euler/AP)

Dampak Messi di Sosial

Kedatangan Messi juga berdampak besar pada jejaring sosial klub segera setelah kedatangannya diumumkan.

Setelah konfirmasi penandatanganan, klub memperoleh 15 juta pengikut di semua platform dan melampaui angka 150 juta untuk pertama kalinya.

"Kami memperoleh rata-rata 1,4 juta per minggu dan merupakan klub pertama yang mencapai 10 dan 20 juta pengikut di TikTok atau merek Prancis teratas di Instagram," tambah Armstrong.

Pendapatan stadion melonjak

Kedatangan Messi juga menyebabkan peningkatan pendapatan tiket yang signifikan dan klub telah meningkatkan daftar tunggu sejak kedatangan Messi, sementara penjualan kembali tiket yang sah, melalui platform yang dikendalikan oleh klub itu sendiri di situs webnya, telah meroket.

“Kami sekarang terjual habis di setiap pertandingan, dengan rekor pendapatan di antara klub-klub Eropa per kursi, dengan delapan kali jumlah penggemar yang pergi tanpa tiket atau VIP, jadi jelas ini merupakan titik balik,” kata Armstong. (marca.com). []

Berita terkait
Messi Kunci Juara Liga Prancis untuk PSG Musim 2021/2022
Tendangan melengkung menakjubkan Lionel Messi dengan gaya yang khas bawa kemenangan bagi tuan rumah PSG walaupun kemudian imbang 1-1 dengan Lens
0
Lionel Messi Bawa Bisnis Bagus untuk PSG
Presiden PSG, Nasser al Khelaifi, mengkonfirmasi kepada MARCA bahwa Leo telah menguntungkan di musim pertamanya di PSG