Jakarta, (Tagar 4/4/2019) -  Suasana Surabaya teratur dan indah, tidak sedikit yang merasa kagum. Ada lima tempat wisata yang wajib dikunjungi, dengan gaya arsitektur dan tempat wisata bakal memanjakan wisatawan yang menyambanginya. 

Bagi yang belum pernah, mesti menyambangi kota yang identik dengan sebutan Kota Pahlawan itu. 

Berikut lima tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Surabaya.

1. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Wisata SurabayaLima tempat wisata Surabaya wajib dikunjungi. (Foto: monkasel.id)

Sebagai kota pahlawan, tentu banyak peristiwa penting pengukir sejarah. Sangat disayangkan jika tidak mengunjungi Monkasel yang terletak di daerah Genteng untuk beriwisata.

Monumen ini terbuat dari kapal selam sungguhan bernama KRI Pasopati 410, yang dulu ikut digunakan dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda. Saat ini sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Masyarakat dapat melihat bagian dalam kapal yang berupa bilik-bilik kecil. Ada juga ruang audio visual yang menayangkan film dokumentasi tentang sejarah kapal.

Monkasel buka dari jam 8 pagi sampai 8 malam pada hari Senin sampai Jumat, dan dari jam 8 pagi sampai 9 malam pada akhir pekan.  

2. Kebun Binatang Surabaya

Wisata SurabayaLima tempat wisata Surabaya wajib dikunjungi. (Foto: surabaya.co.id)

Tempat wisata ini juga sebagai salah salah satu tempat yang sudah berhasil menjadi tempat favorit sepanjang masa hingga sekarang ini. Posisinya berada di tengah kota, dekat dengan patung Sura dan Boyo, yaitu Jalan Setail No.1, Darmo, Wonokromo.

Koleksi satwa yang ada di Kebun Binatang Surabaya cukup lengkap. Bahkan, tempat wisata ini pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan 351 jenis binatang. Karena hal inilah, tempat ini sempurna untuk menambah wawasan diri dan mengenalkan buah hati tentang alam dan hewan.  

Jika ingin rileks, tempat wisata ini bisa menjadi andalan. Karena dapat menikmati pemandangan dan tingkah laku yang menggemaskan dari para hewan-hewan. Disarankan untuk datang pada pagi hari, karena membutuhkan kurang lebih 2 jam untuk mengelilinginya.

3. Ekowisata Mangrove

Wisata SurabayaLima tempat wisata Surabaya wajib dikunjungi. (Foto: Travelingyuk.com)

Bagi masyarakat atau wisatawan bisa mencoba berwisata ke Ekowisata Mangrove. Pastinya tak sedikit orang tahu apa itu Mangrove? Mangrove adalah hutan bakau yang biasanya ditanam di sekitar pantai untuk menghambat derasnya air laut yang menuju daratan.

Tempat wisata yang terdapat di area pantai timur kota Surabaya ini letaknya di Jalan Raya Wonorejo, Rungkut. Dibuka untuk umum setiap akhir pekan, mulai dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. 

Banyak pengunjung yang datang hanya untuk menikmati hijaunya tanaman bakau dengan cara berjalan kaki di jalur papan kayu, atau bisa juga menyusuri area hutan bakau di pantai dengan menggunakan kapal.  

Ekowisata Mangrove Wonorejo memiliki lebar mencapai 200 hektare lebih, terdapat berbagai jenis burung yang tak kurang dari 145 lebih jenis dan 12 jenis binatang dilindungi.

Ketika sudah naik perahu, akan di bawa untuk melakukan perjalanan mengitari hutan mangrove. Dengan menelusuri sungai yang berjarak 5 km, pengunjung dapat menikmati pemandangan pohon bakau di sekeliling tempat.

4.  Kebun Bibit Wonorejo

Wisata SurabayaLima tempat wisata Surabaya wajib dikunjungi. (Foto:  jejakPiknik.com )

Lahan yang berada di pusat kota bagian tenggara ini sering juga disebut sebagai Kebun Bibit 2. Sedangkan, Kebun Bibit 1 adalah Taman Flora, sebuah taman di daerah Bratang.  

Sesuai namanya, tempat ini adalah lokasi bibit tanaman dikembangbiakkan sebelum ditanam di seluruh penjuru kota. Tempat ini tentu saja bukan hanya dipenuhi dengan tumbuhan saja. Ada juga tempat rekreasi yang memadai, seperti area bermain anak, papan wall climbing anak, keran air minum, zona refleksi kaki, danau dengan dermaga kecil, rumah anggrek, rumah kompos, dan sentra wisata kuliner.  

Melihat pemandangan yang ada di kebun bisa membuat hati terasa sejuk.  Ditambah dengan kehadiran beberapa ekor satwa, seperti rusa dan bebek, menambah kesan natural pada alam sekitar tempat wisata di Surabaya. 

Beruntungnya, semua ini dapat dinikmati publik secara gratis dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

5. Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Wisata SurabayaLima tempat wisata Surabaya wajib dikunjungi. (Foto: Surabaya-bagus.blogspot.com)

Tidak perlu jauh-jauh ke Asia Timur untuk berfoto dengan latar belakang bambu yang memesona. Datang saja ke hutan yang terletak bagian timur Kota Surabaya, yaitu di Jalan Raya Marina Asri, Keputih. 

Banyak pengunjung yang datang untuk jalan-jalan, bersantai, bahkan melakukan pemotretan pranikah. Di tempat wisata ini, bisa mendapatkan foto yang Instagramable secara cuma-cuma.

Setelah menyusuri Hutan Bambu, cobalah menuju Taman Harmoni yang berada di belakang Terminal Keputih. Suasananya tidak kalah rindang dan ada banyak bunga yang indah. Tempat ini bisa menjadi tempat jogging dan olah raga pada pagi hari. []