Indonesia
Lima Tempat Wisata Murah Meriah di Jakarta
Kata siapa liburan harus punya banyak uang? Tagar menyajikan pilihan lima tempat wisata murah meriah di Jakarta.
Ilustrasi traveler. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Banyak orang menganggap jika liburan maka mengeluarkan banyak biaya. Jangan jadikan biaya menjadi alasan ketika niat ingin menghabiskan waktu luang di akhir pekan untuk melepas penat. Berikut Tagar rekomendasikan lima tempat wisata murah meriah di Jakarta.

1. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau Monas merupakan bangunan ikonik di Ibu Kota. Menjulang tinggi sekitar 132 meter, pelancong dapat melihat keindahan Jakarta dari atas Monas. Bangunan yang berada di lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat itu cocok menjadi tempat untuk menghabiskan waktu senggang di akhir bulan tanpa menguras kantong. 

Pasalnya Monas hanya mematok harga tiket masuk sebesar Rp 30 ribu. Biaya itu termasuk menikmati sejarah di museum dan pemandangan langit-langit Jakarta dari ketinggian monumen yang diresmikan pada 17 Agustus 1961 tersebut.

Monas dapat dikunjungi setiap hari mulai dari jam 8 pagi sampai 3 sore. Tapi di akhir pekan terakhir, Monas tutup sementara. Transportasi yang ada kini sudah mempermudah perjalanan ke Monas, seperti bus Transjakarta berbiaya Rp 3.500 saja.

MonasTempat wisata Monumen Nasional atau Monas (Foto:Instagram/fathimah_dilraba)

2. Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata ini bertema flora dan fauna. Terletak di Jalan Harsono No.1 Ragunan, Jakarta Selatan.  Kebun binatang ini memiliki sekitar 270 spesies hewan, dan sekitar 171 spesies bunga dan tanaman.

Lokasi bagi flora dan beragam fauna ini merupakan kebun binatang pertama yang dibangun di Indonesia. Layaknya hutan, tempat ini dipenuhi 5000 pohon yang dapat membuat pengunjungnya merasakan udara sejuk.

Untuk masuk Kebun Binatang Ragunan, pengunjung tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya membayar Rp 4 ribu saja bagi orang dewasa, sementara anak-anak Rp 3 ribu.

Soal transportasi mudah, karena kini telah tersedia Bus Transjakarta. Pengunjung dapat langsung turun di depan pintu pembelian tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan.

Ragunan ZooTempat wisata flora dan fauna Kebun Binatang Ragunan. (Foto:Instagram/muhammad_azkari)

3. Kota Tua

Ingin melihat bangunan masa pemerintahan Belanda di Jakarta? Kota Tua merupakan jawaban tepat. Di sana, pengunjung akan dimanjakan suasana masa lalu yang diwakili bangunan berarsitek klasik dan menarik.

Cukup hanya membayar Rp 2 ribu-5 ribu untuk berkunjung ke Kota Tua. Jika ingin berkeliling di Kota Tua dapat menyewa sepeda seharga Rp 15 ribu yang dapat digunakan sepuasnya selama seharian. Dan tak kalah murahnya juga, makanan yang tersaji hingga souvenir dengan banderol yang terjangkau.

Bingung dengan transpotasi? Ada banyak pilihan, jika ingin mau naik kereta tinggal turun di stasiun Jakarta Kota, atau naik Bus Transjakarta berbiaya Rp 3.500.

Kota TuaDetinasi wisata Kota Tua. (Foto: Instagram/richie_kevin)

4. Pantai Indah Ancol

Pantai Indah Ancol menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan di akhir bulan. Untuk menikmati suasana pantai yang berada di Jakarta Utara itu tak perlu memakan biaya besar, hanya perlu membayar Rp 25 ribu saja.

Meski berada di sudut utara Ibu Kota, transportasi menuju Pantai Indah Ancol dapat ditempuh dengan mudah menggunakan Bus Transjakarta berbiaya Rp 3.500 saja.

Pantai Indah AncolTempat wisata Pantai Indah Ancol. (Foto: Instagram/peggydcol)

5. Pasar Tanah Abang

Tempat menghabiskan liburan satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berbelanja dengan harga murah, atau diskon besar-besaran. 

Pasar yang berada di Jakarta Pusat itu memang dikenal dengan barang grosirannya, sehingga pengunjung bisa nego sampai harga pas antara pembeli dan penjual disepakati. Mulai dari baju berbagai macam keperluan, sepatu, hingga pernak-pernik bagi wanita dan pria terdapat di Pasar Tanah Abang.

Pasar Tanah AbangTempat perbelanjaan Pasar Tanah Abang. (Foto: Ist)

Baca juga:

Berita terkait
0
Daftar 100 Universitas Terbaik Indonesia 2019
Kemenristekdikti telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019. Lihat 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia