UNTUK INDONESIA
Lima Sapi Ngamuk, Salah Satunya Bikin Gigi Copot
Lima amukan sapi kurban saat mau disembelih mewarnai perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah.
Proses penyembelihan hewan kurban bantuan Jokowi di Masjid Nur Maunah Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul.(Foto: Tagar/Hidayat)

Jakarta - Aksi amukan hewan kurban mewarnai perayaan Hari Raya Idul Adha, Minggu, 11 Agustus 2019. Amukan yang terjadi, di antaranya sapi yang menendang warga serta sapi di beberapa daerah yang melarikan diri. Akibatnya, beberapa orang menderita luka ringan.

1. Si Black

Salah satu sapi yang mengamuk adalah 'Si Black'. Sapi pemberian Presiden Joko Widodo yang berbobot lebih dari 1 ton ini disembelih di Masjid Nurma'unah, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Sapi seharga Rp 100 juta tersebut meronta saat hendak akan dipotong. Akibat amukan sapi bantuan presiden jenis simental ini, salah seorang warga terkena sepakan di bagian kaki kanannya hingga terjatuh. Beruntung, dia hanya mengalami luka ringan.

2. Tenda Hampir Roboh

Tak hanya 'Si Black', sapi kurban pemberian Jokowi lainnya seberat 1,4 ton yang disumbangkan ke Masjid Agung Surakarta, Solo, Jawa Tengah juga mengamuk. 

Amukan tersebut mengakibatkan tenda di sekitarnya hampir roboh karena rontaan dan tendangan dari sapi.

Untuk menghindari amukan, sapi jenis simental ini kemudian dibawa ke lokasi yang lebih terbuka. Rencananya, penyembelihan akan menggunakan alat khusus perebah sapi, namun hal ini dibatalkan.

3. Tabrak Motor

Kejadian sapi yang mengamuk juga terjadi di kawasan Perumnas Klender, Jakarta Timur. Kejadian ini kemudian menjadi viral sesaat setelah diunggah ke media sosial.

Sapi yang mengamuk ini berlari dari kejaran warga. Tak hanya itu, sapi tersebut juga menabrak sebuah motor yang sedang terparkir hingga rusak.

4. Gigi Copot

Di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, tepatnya di Musala Al Mustaqim, Jalan Utama III, seekor sapi berontak dengan melakukan tendangan. Tendangan sapi tersebut kemudian mengenai korban yang juga berperan sebagai tukang jagal.

Karena tendangan sang sapi langsung mengarah ke mulut, tukang jagal yang menjadi korban itu harus merelakan giginya copot sebanyak lima buah. Untungnya, dia tak mengalami cedera serius.

5. Terobos Jemaah

Aksi lain dari sapi kurban juga terjadi di kawasan Depok, Jawa Barat. Seekor sapi lepas dan berlari ke arah kerumunan warga yang tengah melakukan ibadah salat Ied di Masjid Jami Mazroatul Akhiroh.

Peristiwa ini menyebabkan jemaah berhamburan menyelamatkan diri agar tak tertabrak sapi yang berlari. Warga sekitar kemudian mengejarnya dan tak lama kemudian sapi tersebut berhasil tertangkap.

Baca juga:

Berita terkait
Sapi di Aceh Singkil Ngamuk Saat Hendak Disembelih
Seekor sapi jantan di Masjid Al Muhajirin, Desa Pulo Sarok, Aceh Singkil, Aceh, mengamuk saat hendak disembelih.
Sapi Limosin dan Tiga Jenis Sapi yang Cocok Buat Kurban
Berikut contoh jenis sapi yang cocok untuk disembelih pada hari raya kurban.
0
David Becham Rayakan Ultah ke-45 di Rumah Pedesaan
Mantan pesebakbola sekaligus sosialita David Beckham tak pendek akal merayakan ulang tahunnya ke-45 di tengah pandemi corona.