UNTUK INDONESIA
Lima Langkah Mindful Eating: Panduan Makan Penuh Kesadaran
Saat makan, matikan teve, jauhkan telepon seluler. Ini lima langkah mindful eating: panduan makan penuh kesadaran.
Ilustrasi. (Foto: Flathead Living)

Jakarta, (Tagar 24/9/2018) - Mindful eating adalah kesadaran penuh saat makan. Artinya, ketika melahap makanan yang ada di atas meja, Anda memperhatikan jenis makanan yang masuk ke mulut, banyaknya makanan, emosi saat merasakan makanan, memahami isyarat tubuh yang menerima makanan, dan sebagainya.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Psychology, Health & Medicine meneliti dampak dari mengajar orang-orang yang memiliki kemampuan makan yang menyenangkan. Berdasarkan analisis pra dan pasca tes, peserta makan dengan mindful eating bisa menghindari makan berlebihan di akhir program.

Proses makan tampaknya mudah karena kita melakukannya setiap hari. Tetapi mindful eating tidak segampang yang dibayangkan. Hal ini karena Anda seringkali makan terburu-buru saat sarapan, atau makan sambil memikirkan hal lain. 

Berikut lima langkah mindful eating seperti dilansir Psychology Today.

1. Duduk

Silakan duduk. Makan makanan yang tersedia di piring di atas meja makan. Ketika memberi perhatian penuh pada makanan, Anda akan menikmatinya, dan makan dengan jumlah yang tepat.

2. Mengunyah dengan Lambat

Jangan mengambil sesendok makanan yang penuh dan menggunung lalu menjejalkannya ke dalam mulut. Ambil makanan dengan sendok atau dengan tangan dalam jumlah secukupnya. Kalau makan menggunakan tangan, Anda bisa mencapitnya dengan tiga jari. Ketika jumlah makanan yang masuk ke mulut lebih sedikit, maka proses makan akan lebih lambat dan Anda akan lebih memperhatikan makanan.

Anda juga harus mengunyah lebih lambat. Hancurkan makanan sampai lembut di dalam mulut, baru kemudian menelannya.

3. Menikmati

Gigit makanan Anda dengan penuh perhatian. Rasakan aromanya. Nikmati rasanya. Perhatikan dan lihat setiap sendok makanan yang masuk ke dalam mulut. Matikan TV, jauhkan telepon seluler dan gangguan lainnya.

4. Menyederhanakan

Ciptakan lingkungan dan suasana makan yang penuh perhatian. Tempatkan makanan sehat di tempat yang nyaman seperti di meja atau di mangkuk buah. Taruh suguhan tersebut di dalam jangkauan pandangan. Penelitian menunjukkan bahwa orang cenderung makan makanan yang langsung terlihat di hadapan mereka.

5. Tersenyum

Tersenyum dapat membuat jeda singkat antara gigitan pertama dan berikutnya. Selama celah itu, tanyakan pada diri sendiri: Apakah saya puas?

Setelah merasa cukup, Anda bisa berhenti makan. Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk merasa kenyang. Saat itu, Anda akan berterima kasih karena telah makan dengan penuh perhatian. Anda merasakan keuntungan dari mindful eating: puas dan kenyang. []

Berita terkait
0
Tanpa Pelatih Kalezic, PSM Ditahan PSS Sleman
PSM Makassar hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan PSS Sleman di laga kandang terakhir PSM di Makassar, Minggu 15 Desember 2019.
Kabar Baik Perjanjian Dagang AS-China