Pemerintah Kota Makassar

Lalai Tangani Covid-19 Presiden Bolsonaro Hadapi Tuntutan Pidana

Senat Brasil rekomendasikan agar Presiden Jair Bolsonaro menghadapi tuntutan pidana atas penanganannya terkait pandemi Covid-19
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menghadiri upacara di Kementerian Kewarganegaraan, di Brasilia, Brasil, 2 Agustus 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Sebuah komite khusus di Senat Brasil telah resmi merekomendasikan agar Presiden Jair Bolsonaro menghadapi tuntutan pidana atas penanganannya terkait pandemi Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 600 ribu orang, jumlah kematian terbanyak kedua di dunia setelah di Amerika Serikat (AS) yang mencapai 760 ribu.

Panel memutuskan dengan suara 7 berbanding 4 untuk mengukuhkan laporan setebal hampir 1.200 halaman yang disusun Senator Renan Calheiros. Dalam laporan itu, Bolsonaro dituduh melakukan tindakan seperti mendorong penggunaan obat-obat yang belum terbukti seperti hidroksiklorokuin bahkan setelah obat itu terbukti tidak efektif dan menunda-nunda pembelian vaksin.

Laporan itu menyebutkan Bolsonaro percaya bahwa membiarkan virus menyebar di seluruh Brazil akan menyebabkan kekebalan kelompok dan pada akhirnya menghentikan virus itu menyebar lebih lanjut.

Laporan itu juga mengecam presiden karena keliru mengklaim dalam tayangan langsung di media sosial pekan lalu bahwa orang-orang di Inggris yang divaksinasi penuh terhadap Covid-19 mengidap AIDS “lebih cepat daripada yang diperkirakan.”

demo tuntut bolsonaroDemonstran memegang spanduk dan salib untuk memberi penghormatan kepada 600.000 korban Covid-19 di Brazil. Mereka juga menentang penanganan pandemi penyakit virus corona oleh Presiden Jair Bolsonaro, di Brasilia, Brasil, 8 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

“Sekarang, dengan pernyataan bahwa vaksin dapat menularkan AIDS, ia jelas menunjukkan ia tidak punya respek terhadap nyawa orang Brazil,” kata Calheiros.

Laporan itu, hasil investigasi enam bulan mengenai tanggapan Bolsonaro terhadap pandemi, meminta jaksa agar mendakwa presiden dengan total sembilan kejahatan termasuk penipuan, menghasut kejahatan, serta kejahatan terhadap kemanusiaan, yang dapat mengarah pada dakwaan yang diajukan terhadapnya oleh Mahkamah Kejahatan Internasional.

Laporan itu juga menyerukan dakwaan terhadap dua perusahaan dan 77 orang lainnya, termasuk di antaranya puluhan pejabat dan mantan pejabat pemerintah serta sekutu-sekutu presiden, yang mencakup pula tiga putranya, yang salah seorang di antaranya adalah senator terkemuka.

Komite tersebut mengheningkan cipta selama satu menit bagi para korban pandemi pada akhir sidang dengar keterangan pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Bolsonaro telah dikecam karena meremehkan keseriusan pandemi dengan melemahkan upaya-upaya mitigasi seperti pengenaan masker, penetapan jarak sosial, lockdown dan vaksinasi.

Senator Calheiros semula meminta Bolsonaro agar didakwa dengan genosida dan pembunuhan, tetapi rekomendasi itu tidak masuk laporan akhir karena tentangan keras sebagian anggota komite.

penggali kubur brasilPara penggali kubur memakai APD turunkan peti mati seseorang yang meninggal karena Covid-19 di pemakaman Vila Formosa di Sao Paulo, Brasil. (Foto: voaindonesia.com/AP).

Laporan ini akan dikirim ke jaksa agung, yang diangkat Bolsonaro dan masih menjadi sekutu kuatnya, membuat besar kemungkinan ia tidak akan dituntut secara resmi. Namun, laporan ini kemungkinan besar akan semakin mengikis posisi Bolsonaro sementara ia menghadapi pemilu untuk masa jabatan berikutnya tahun depan.

Bolsonaro mengesampingkan penyelidikan itu sebagai “lelucon” dan bermotivasi politik (uh/ab)/voaindonesia.com. []

Dakwaan Kejahatan Terhadap Presiden Brasil Terkait Covid-19

Presiden Bolsonaro Diprotes Warga Brasil Terkait Pandemi

Presiden Jair Bolsonaro Ancam Brasil Keluar dari WHO

Ribuan Warga Brasil Turun ke Jalan Protes Presiden Bolsonaro

Berita terkait
Presiden Bolsonaro Diprotes Warga Brasil Terkait Pandemi
Ratusan warga Brasil turun ke jalan protes cara Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, tangani pandemi virus corona di Negeri Samba itu
0
Lalai Tangani Covid-19 Presiden Bolsonaro Hadapi Tuntutan Pidana
Senat Brasil rekomendasikan agar Presiden Jair Bolsonaro menghadapi tuntutan pidana atas penanganannya terkait pandemi Covid-19