Laga Pembuka Euro 2020 Italia Cukur Turki 3 - 0

Laga pembuka pada turnamen Benua Biru, Euro 2020, pertandingan antara Turki dan Italia di Grup A di Istanbul, 11 Juni 2021, Italia menang 3-0
Gol pertama Italia ke gawang Turki pada laga pertama Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma,Italia, 11 Juni 2021 (Foto: dari video bbc.com/sport/football)

Oleh: Neil Johnston - BBC Sport

Euro 2020 dibuka dengan cara yang spektakuler saat Italia memulai kampanye mereka dengan awal yang mengesankan di depan penggemar mereka sendiri dengan kemenangan yang nyaman melawan Turki di Stadion Olimpico, Roma, Italia.

Ada nuansa Italia 90 sebelum kick-off ketika penyanyi opera Italia, Andrea Bocelli, dengan latar belakang pertunjukan kembang api yang memukau, menghiasi upacara pembukaan dengan penampilan mengharukan dari Nessun Dorma.

Dan ketika turnamen yang dijadwalkan ulang akhirnya dimulai, gol bunuh diri oleh Merih Demiral dan serangan oleh Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne menyelesaikan pertandingan Grup A yang berat sebelah - pertandingan pertama dari 51 pertandingan yang akan dimainkan di 11 kota Eropa selama bulan depan.

Untuk pertama kalinya dalam satu pertandingan di Kejuaraan Eropa, Azzurri mencetak tiga gol, tim asuhan Roberto Mancini mencatatkan 24 upaya untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan menjadi 28 pertandingan sejak September 2018.

Mereka mendominasi babak pertama tetapi tidak dapat mencetak gol, Giorgio Chiellini melakukan yang paling dekat dengan sundulan dari sudut yang membawa penyelamatan bagus dari Ugurcan Cakir.

Italia memecah kebuntuan ketika Demiral membalikkan bola melewati kipernya sendiri mencoba memotong umpan silang Domenico Berardi di babak kedua sebelum pemain Lazio, Immobile, yang bermain di kandangnya, menerkam setelah tembakan Leonardo Spinazzola diblok oleh kiper.

Tiga gol Italia dicetak oleh Demiral (menit ke-53, gol bunuh diri), Immobile (menit ke-66), dan Insigne (menit ke-79).

Azzurri meraih kemenangan yang memuaskan melalui penyelesaian berkelas Insigne, setelah ia mendapat umpan dari Immobile yang mengesankan.

1. Rasa Perayaan

Pada malam yang hangat di Ibu Kota Italia, Roma, stadion nasional hanya seperempat penuh tetapi para penggemar yang hadir menambah rasa perayaan di awal karnaval sepak bola terbesar di Eropa, yang telah tertunda 12 bulan oleh pandemi coronavirus.

Sebanyak 16.000 orang di dalam lapangan mewakili kerumunan terbesar di Italia selama satu setengah tahun, sementara mereka yang tidak bisa mendapatkan tiket menyaksikan aksi itu terungkap di layar lebar yang dipasang di seluruh Roma.

Dengan kota yang menjadi tuan rumah tiga tiga pertandingan lebih lanjut selama turnamen, pihak berwenang telah menyusun program acara, termasuk pertunjukan yang menelusuri sejarah Italia di Euro.

kick off turki vs italiaBola dibawa ke lapangan dengan mobil yang dikendalikan dari jarak jauh pada laga pertama Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Italia, 11 Juni 2021 (Foto: bbc.com/sport/football)

Upacara pembukaan juga menampilkan pemenang Piala Dunia Italia, Francesco Totti, dan Alessandro Nesta menendang bola ke tribun, belum lagi artis trapeze tampil tinggi di atas lapangan - tetapi akhirnya tontonan pra-pertandingan berakhir dan sepak bola akhirnya dimulai, meskipun tidak sebelum bola dibawa ke lapangan dengan mobil yang dikendalikan dari jarak jauh.

2. Azzurri Menunjukkan Bahwa Mereka Serius

Pelatih Italia, Mancini, telah berbicara tentang "tekanan ekstra" pada timnya karena terlibat dalam pertandingan pembukaan.

Portugal pada tahun 2004, Swiss pada tahun 2008 dan Polandia pada tahun 2012 adalah contoh negara-negara tuan rumah, atau tuan rumah bersama, yang gagal pada malam pembukaan Kejuaraan Eropa.

Tekanan pada Azzurri tidak terbantu dengan kegagalan mereka lolos ke Piala Dunia 2018, tetapi ini adalah awal yang mengesankan dari salah satu tim yang difavoritkan.

Turki telah mengalahkan juara dunia Prancis di kualifikasi tetapi mereka tidak memiliki ancaman nyata tanpa Cenk Tosun, pencetak gol terbanyak mereka di kualifikasi, yang keluar dari turnamen karena cedera lutut.

Apa berikutnya? Kedua tim kembali beraksi di Grup A pada hari Rabu, 16 Juni 2021, dengan Wales menjadi lawan bagi Turki di Baku, sementara Italia menghadapi Swiss di Roma (bbc.com/sport/football). []

Berita terkait
Turnamen Sepak Bola Euro 2020 Mulai Bergulir Malam Ini
Turnamen UEFA Euro 2020 mulai bergulir malam ini dengan laga pembuka antara Italia vs Turki, tapi banyak kebingungan situasi pandemi Covid-19
Saksikan Euro 2020 di Wembley dengan Sertifikat Vaksinasi
Fans di pertandingan Euro 2020 di Stadion Wembley diharuskan menunjukkan bukti vaksinasi atau tes negatif sebelum masuk
5 Pemain Top Liga Eropa yang Absen di Euro 2020
Beberapa pemain top dengan nama-nama besar di klub-klub Liga Eropa yang tidak akan hadir di Piala Eropa 2020
0
110 Juta Dolar AS Untuk Atasi Migrasi Amerika Tengah
Sejumlah donor menjanjikan dana sebesar 110 juta dolar AS untuk mengatasi migrasi dari Amerika Tengah ke Amerika Serikat