UNTUK INDONESIA
Kota Pontianak Diselimuti Kabut Asap Pekat
Kabut asap pekat semakin parah menyelimuti seluruh Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kabut asap berasal dari kebakaran hutan dan lahan.
Kabut asap di kawasan Jalan Budi Utomo, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, 10 Sepember 2019. (Foto: Antara/Andilala)

Pontianak - Kabut asap pekat semakin parah menyelimuti seluruh Kota Pontianak, Kalimanan Barat. Kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan ini membuat warga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

"Terutama pagi-pagi saat mengantar anak ke sekolah, sehingga mau bernapas saja susah, udara terasa pahit meskipun sudah menggunakan masker," ujar warga Kecamatan Pontianak Utara, kata Vina, Selasa, 10 September 2019 seperti dilansir dari Antara.

Tak hanya aktivitas, menurut dia kabut asap juga mengganggu kesehatan warga. Jika terus-menerus terena asap, ia khawatir kabut asap akan menyebabkan sakit terutama pada anak-anak.

"Orang tua saja terasa sulit untuk bernapas, apalagi anak-anak," ucapnya.

Sedangkan Rangga, warga Kota Pontianak berharap pemerintah kota segera mengambil langkah-langkah yang penting untuk mengatasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan tersebut. 

Orang tua saja terasa sulit untuk bernapas, apalagi anak-anak.

Seperti mengatur jam masuk sekolah agar masuk siang atau lainnya. "Karena kabut asap tebal biasanya di pagi hari, sekitar pukul 08.00 hingga pukul 09.00, kemudian di atas jam itu sudah agak lumayan, tidak berkabut," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Supadio-Pontianak menyatakan bahwa hasil pemantauan 8 September pagi hingga 9 September pagi menunjukkan 572 titik panas indikasi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Barat.

Titik panas tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat kecuali Kota Pontianak. Meski demikian, kota Pontianak tetap terkena dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang berasal dari daerah lain. []

Berita terkait
Kabut Asap di Aceh Ganggu Penerbangan
Kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Aceh, kini mulai menganggu aktivitas penerbangan
Kabut Asap dari Sumsel dan Jambi Serang Sumbar
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi dan Sumatera Selatan mulai dirasakan warga Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.
IIDI Cabang Pontianak Gelorakan Hidup Sehat, Membangun Generasi Emas
IIDI Cabang Pontianak gelorakan hidup sehat. Mereka terjun langsung ke masyarakat dan mengambil peran demi membangun generasi emas.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.