UNTUK INDONESIA
Korea Selatan Evakuasi Warganya di Kapal Pesiar
Korea Selatan menyatakan akan mengevakuasi warganya di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Jepang akibat kasus infeksi virus corona.
Penumpang kapal pesiar Diamond Princess turun di Kamboja setelah ditolak lima negara. (Foto: Antara)

Jakarta - Pemerintah Korea Selatan menyatakan akan mengevakuasi warganya di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Jepang akibat kasus infeksi virus corona.

"Pemerintah berencana membawa kembali warga kami jika mereka teruji negatif virus corona dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh otoritas Jepang, dan jika mereka ingin pulang," ujar Menteri Kesehatan dan Keselamatan Park Neung-hoo pada acara temu media, seperti dilansir dari Antara, Minggu, 16 Februari 2020.

Kapal pesiar Diamond Princess dikarantina di Pelabuhan Yokohama, Jepang, sejak berlabuh pada 3 Februari 2020, setelah seorang pria di kapal tersebut, yang diketahui berangkat dari Hong Kong sebelum ke Jepang, didiagnosis terinfeksi virus corona.

Di dalam kapal terdapat total 3.700 orang penumpang dan kru. Pemeriksaan sejauh ini menunjukkan bahwa 355 orang di antara mereka positif terinfeksi virus yang sama.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) dan Hong Kong juga telah menyatakan rencana mereka mengirim pesawat sewaan untuk memulangkan warganya ke negara masing-masing. []

Berita terkait
Korban Tewas Virus Corona di China Terus Bertambah
Jumlah korban tewas akibat wabah virus corona di China hingga Sabtu (15/2/2029) total mencapai 1.665 orang.
Lagi, 70 Orang di Kapal Pesiar di Jepang Kena Corona
Sebanyak 70 orang yang berada di kapal pesiar yang dikarantina di Jepang, dinyatakan positif mengidap virus corona.
0
Pernah ke Negara Terjangkit, Warga Sulsel Diisolasi
Warga Sulsel yang baru saja pulang dari luar negeri terjangkit Corona kini di rawat di ruang isolasi RS Wahidin Sudirohusodo Makassar.