UNTUK INDONESIA
Kondisi Penumpang dan ABK Kapal Patah Kemudi di Maluku
Nahkoda, penumpang dan ABK Kapal yang mengalami patah kemudi di laut Maluku ditemukan dalam keadaan selamat.
Nahkodan dan ABK KM Aru Indah saat ditemukan selamat oleh tim SAR gabungan.(Foto: Tagar/Basarnas Ambon)

Ambon - Setelah melakukan pencarian, KM Aru Indah yang mengalami patah kemudi di pertengahan perairan Laut Kei Kecil dan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, ditemukan selamat.

"Kapal sudah ditemukan, penumpang, nahkoda dan ABK juga dalam keadaan selamat. Karena semuanya sudah ditemukan dan telah dievakuasi maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan untuk ditutup," jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon Muslimin.

Muslimin kepada Tagar mengatakan, Tim Rescue Pos SAR Tual sebelumnya berangkat menuju pelabuhan Yos Sudarso Tual untuk koordinasi ke unsur potensi SAR terkait dan persiapan berangkat menuju lokasi kejadian untuk mencari kapal naas tersebut.

Kapal sudah ditemukan, penumpang, nahkoda dan ABK juga dalam keadaan selamat.

Tak butuh waktu lama, pada pencarian hari pertama, pasca kapal terombang-ambing di laut pada Minggu 21 Juni 2020 kemarin, Tim SAR Gabungan yang menggunakan KN 364 milik PPLP Tual berhasil menemukan kapal beserta nahkoda, ABK dan penumpangnya dalam keadaan selamat.

Diketahui, kejadiaan naas ini terjadi Minggu 21 Juni 2020 pukul 19.00 WIT. Kapal berpenumpang delapan orang itu, berangkat dari Pelabuhan Tual menuju Banda Eli Pulai Kei Besar.

Sayangnya di tengah perjalanan mereka mengalami gangguan, kemudi kapal patah akibat dihantam gelombang laut.

"Ya, kapal tersebut mengalami patah As kemudi. Jumlah penumpang delapan orang. Kejadian tepat di sekitar perairan antara Pulau Kei Kecil dan Pulau Kei Besar," ujarnya.

Dia menjelaskan, tim Rescue Pos Sar Tual menerima laporan dari Koorpos Tual, bahwa salah satu keluarga korban Sandi Salamun melaporkan kejadian.

"Basarnas memberangkatkan Alut Kapal KN.364 PPLP TUAL kelokasi untuk melakukan pencarian. Unsur yang terlibat dari Basarnas Pos Sar Tual, KP3 Tual dan Personil KN. 364 PPLP Tual," jelas dia.

Identitas nahkoda Abdul Rahmah. Tujuh anak buah kapal (ABK), yakni Muh Husen, Sofyan Wally, Nyong Salaman, Imam Salamon, Adrian Adre, Adam Rahangiar, dan Umar Marandang. []

Berita terkait
Patah Kemudi, Kapal di Maluku Terombang-ambing di Laut
KM Aru Indah dilaporkan mengalami patah kemudi di perairan Kei Kecil dan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, kapal tersebut bermuatan 8 penumpang
Anggota TNI Hilang di Laut Maluku Belum Ditemukan
Keberadaan anggota TNI yang hilang di laut Maluku sampai saat ini belum ditemukan dan masih misterius.
Mati Mesin, Long Boat Hilang di Perairan Maluku
Longboat berpenumpang dua orang dilaporkan hilang kontak di perairan Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku
0
Potensial Perempuan Terjun Dunia Politik di Aceh
Keterlibatan kaum perempuan di dunia politik sebagai pendukung demokrasi sangatlah potensial di Banda Aceh.