UNTUK INDONESIA
Kondisi Dua Warga yang Tersesat di Gunung Agung Bali
Dua orang yang tersesat di Gunung Agung, Karangasem, Bali, akhirnya ditemukan.
Tim SAR gabungan Basarnas Bali melakukan evakuasi terhadap dua warga yang tersesat di Gunung Agung, Rabu, 8 Juli 2020. (Foto: Dok. Basarnas Bali)

Karangasem - Ketut Wiyasa, 57 tahun, dan Made Ayu Widiasari, 56 tahun, warga Bali tersesat di Gunung Agung sejak Selasa, 7 Juli 2020. Keduanya merupakan bagian dari 11 orang yang melakukan persembahyangan di gunung yang berada di Karangasem tersebut. Sehari berselang, keduanya berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada mengatakan keduanya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Keduanya saat ditemukan berada di sekitar lokasi awal, yakni pada ketinggian 2.600 meter di atas permukaan air laut (Mdpl).

"Upaya tim SAR gabungan untuk menemukan dua orang yang tersesat di Gunung Agung, Karangasem akhirnya membuahkan hasil. Keduanya yang merupakan laki-laki dan perempuan berhasil ditemukan dalam keadaan selamat," ujar Gede Darmada saat dikonfirmasi Tagar, Rabu, 8 Juli 2020.

Dia mengatakan, operasi SAR atas Kondisi Membahayakan Manusia (KMM) terhadap dua orang yang tersesat saat mendaki Gunung Agung dilakukan pada Koordinat 8° 21' 6,3” S - 115° 30' 20,7 “E. Saat ditemukan kedua orang dalam keadaannya baik. "Mereka hanya kelelahan dan masih bisa berjalan pelan-pelan dengan dibantu tim penyelamat," ungkapnya.

Keduanya yang merupakan laki-laki dan perempuan berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Sebelumnya sebanyak 11 orang melakukan pendakian di Gunung Agung untuk melakukan persembahyangan. Mereka memulai perjalanan sejak Selasa 7 Juli 2020. Ketika menyelesaikan persembahyangan dan kembali turun dari pendakian mereka baru sadar kedua orang tersebut tertinggal.

Selanjutnya kejadian itu dilaporkan ke Basarnas Bali dan langsung ditindaklanjuti. Sesaat setelah menerima laporan, sebanyak 6 orang personel dari Pos SAR Karang Asem dikerahkan menuju Pura Pasar Agung. Pura tersebut merupakan titik awal rombongan pendaki berangkat. Setibanya di lokasi, langsung dilakukan koordinasi bersama unsur SAR, rekan pendaki dan pihak keluarga.

Pada pukul 13.59 Wita tim SAR gabungan memulai pencarian dengan menyisir lokasi sekitar dua setengah jam. Usai menyisir hingga dua setengah jam lamanya, akhirnya kedua korban ditemukan. Keduanya dievakuasi turun hingga Pasar Agung dan selanjutnya dibawa ke puskesmas terdekat menggunakan mobil ambulans PMI Karangasem. []

Berita terkait
BPBD BaIi: Status Gunung Agung Tetap Siaga
Biarpun 2,5 bulan terakhir kondisi Gunung Agung tenang dan landai, tapi saat ini BPDB Bali belum mengubah statusnya tetap di level III (Siaga)
Sempat Hilang di Gunung Agung, WNA Asal Rusia Berhasil Ditemukan
Empat warga negara asing (WNA) asal Rusia, Prancis dan Ukraina tanpa izin mendaki ke Gunung Agung, Bali.
Gunung Agung Meletus Lontaran Lava Pijar Hingga 2 KM
Lontaran lava pijar teramati keluar kawah mencapai jarak 2 km. Hutan di sekitar puncak kawah Gunung Agung terbakar sehingga api menyala cukup besar di beberapa bagian.
0
Kondisi Dua Warga yang Tersesat di Gunung Agung Bali
Dua orang yang tersesat di Gunung Agung, Karangasem, Bali, akhirnya ditemukan.