Kenali Pengertian Asuransi Pengiriman Barang dan Jenisnya!

Setiap jasa pengiriman barang (Ekspedisi dan logistik) memiliki asuransi pengiriman yang bisa kamu ikut sertakan saat memesan suatu barang.
Ilustrasi - Ekspedisi. (Foto:Tagar/Freepik)

Jakarta - Asuransi bergerak dalam segala bidang bahkan dalam industry logistic untuk melindungi kegiatan pengiriman barang. Kebanyakan orang di zaman ini sudah pernah melakukan belanja online dan mengirim barang atau menerima barang melalui jasa pengiriman mulai dari kebutuhan bisnis hingga pengiriman barang paket setiap harinya.

Perputaran pengiriman barang yang banyak ini tentunya kadang membuat cemas karena resiko tertukar ataupun barang yang dikirim mengalami kerusakan. 

Hal ini semakin parah ketika pelaku jasa pengirim dan tim ekspedisi tidak bertanggung jawab dengan kerugian, kerusakan, kehilangan yang terjadi atas barang-barang yang dikirim.

Banyak orang yang berfikir bahwa jika terjadi kehilangan dan kerusakan pada pengiriman tentunya itu merupakan kesalahan pihak ekspedisi. Namun nyatanya pihak jasa pengiriman barang tidak akan bertanggung jawab jika barang kamu rusak.

Tanggung jawab mereka hanya sebatas mengirimkan barang tepat tujuan, dan barang yang utuh dan tersusun rapih. Ternyata mereka juga tidak bisa dituntut jika ada kerusakan barang atau terjadi sesuatu.

Karenanya, setiap jasa pengiriman barang (Ekspedisi dan logistik) memiliki asuransi pengiriman yang bisa kamu ikut sertakan saat memesan suatu barang yang dibeli online untuk melindungi paket yang diantarkan. Pihak ketiga ini membantu dan sekaligus menjadi solusi agar paket yang diantarkan aman dan sesuai hingga tangan konsumen.


Pengertian Asuransi Pengiriman Barang

Asuransi barang adalah jasa dan produk asuransi yang menjamin kerugian akibat rusak atau hilangnya barang selama proses pengiriman barang. 

Produk asuransi barang biasanya sudah tersedia pada jasa pengiriman yang biasa kamu gunakan seperti contohnya Kargo Technologies yang bekerja sama dengan asuransi pengiriman barang Astra, JNE dan juga ekspedisi lainnya.

Stigma masyarakat saat ini kebanyakan salah persepsi yaitu, asuransi pengiriman ada pada satu kesatuan dengan jasa ekspedisi pengiriman barang atau akan di pertanggung jawabkan oleh e-commerce.

Namun, hal tersebut salah. Ternyata, Jasa ekspedisi tidak akan menanggung bila ada kerusakan, kerugian, dan kehilangan pada suatu barang pada saat proses pengiriman. 

Kehilangan barang, kerusakan dan juga kerugian yang dialami oleh pelanggan dapat ditanggung oleh jasa asuransi yang direkomendasikan oleh jasa pengiriman.

Asuransi pengiriman barang terbagi menjadi dua, yaitu.

  1. Perlindungan barang untuk partai besar dengan perjanjian yang dapat dilakukan antara dua: produsen atau perusahaan ekspor/impor dengan perusahaan asuransi.
  2. Perlindungan asuransi yang dilakukan antara pelanggan dengan jasa ekspedisi seperti JNE, Tiki, SiCepat dan lain-lain, yang menawarkan secara langsung kepada konsumennya untuk penggunaan asuransi.


Jenis Asuransi Pengiriman Barang

1. Asuransi Pengangkutan Laut (Marine Cargo)

Asuransi ini diperlukan untuk memberikan jaminan atau proteksi kepada barang produksi terhadap adanya kemungkinan rusak yang terjadi akibat goncangan, ataupun badai selama proses pengiriman.

Muatan yang overload, rentan dengan kebakaran, barang yang biasa digabung dengan barang berat, tenggelam, masuknya air ke barang, bongkar muat yang tidak hati-hati dan masih banyak lagi risiko melalui jalur laut yang bisa terjadi.


2. Asuransi Pengangkutan Darat

Jalur darat menjadi jalur utama dalam segala jenis pengiriman. Asuransi Pengangkutan darat menjamin kerugian atau kehilangan barang selama pengiriman melalui jalur darat. 

Jelas pengiriman di darat juga memiliki resiko yang rentan dengan kerusakan, apalagi jika barang yang diangkut merupakan barang yang mudah rusak seperti barang pecah belah, hasil produksi pertanian yang mudah kadaluarsa dan lain-lain. 

Dengan adanya asuransi darat yang biasanya sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi kamu dapat mengklaim produk kamu jika terjadi sesuatu.

3. Asuransi Pengangkutan Udara

Asuransi pengangkutan Udara merupakan jaminan yang dapat diklaim jika terjadi kerusakan dan kehilangan barang yang dikarenakan akibat insiden dari penerbangan mulai dari penerimaan paket hingga masa pengiriman diterimanya paket di kota pengiriman. 

Kemungkinan terjadi kecelakaan di udara memang terbilang kecil namun tertukarnya barang, hingga barang hilang di dalam pesawat menjadi insiden yang sering terjadi.

(Fasya Aldiza Mutasyifa)




Berita terkait
Perlukah Punya Asuransi Perjalanan? Ini Manfaatnya!
Apakah menurutmu biaya asuransi perjalanan yang dikeluarkan sudah sepadan dengan manfaat yang kamu dapat? Nah, berikut manfaat asuransi perjalanan.
Mobil Rusak? Ini Cara Klaim Asuransi Mobil Pengganti
Mengalami kerusakan pada mobil seringkali terjadi, nah jika asuransi mobil kamu masih berlaku maka kamu bisa mengklaim asuransi mobil pengganti.
Intip Perlindungan & Keuntungan Asuransi Kendaraan All Risk
Asuransi jadi hal yang wajar karena kita harus melindungi apa-apa yang penting dalam kehidupan seperti kesehatan, tempat tinggal, dan kendaraan.
0
Kenali Pengertian Asuransi Pengiriman Barang dan Jenisnya!
Setiap jasa pengiriman barang (Ekspedisi dan logistik) memiliki asuransi pengiriman yang bisa kamu ikut sertakan saat memesan suatu barang.