UNTUK INDONESIA
Kemewahan Brompton yang Bikin Dirut Garuda Dipecat
Ditjen Bea Cukai menemukan onderdil Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton ilegal dalam pesawat Garuda yang berisi para petinggi Garuda.
Classic brompton bike. (Foto: brompton.com)

Jakarta - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyita sejumlah barang ilegal di pesawat anyar milik maskapai Garuda Indonesia Airbus A330-900.

Pesawat itu datang dari pabrik Prancis untuk dibawa ke Indonesia. Di dalam pesawat itu ada direksi Garuda Indonesia untuk serah terima pesawat baru tersebut. Pesawat Garuda Indonesia seri Airbus A330-900 itu tiba di Tanah Air pertengahan November 2019.

Setibanya di Indonesia, Ditjen Bea Cukai memeriksa bagasi pesawat yang di dalamya ada onderdil Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton ilegal. 

Gara-gara barang ilegal itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) I Gusti Ngurah Akskhara atas temuan 15 boks yang berisi onderdil motor gede (moge) Harley Davidson edisi terbatas tipe Shovelhead tahun 1970 dan tiga boks sepeda Brompton di dalam pesawat Garuda tersebut.

Seperti diketahui sepeda lipat Brompton kini sedang diminati masyarakat. Fungsi sepeda lipat tersebut tidak hanya digunakan buat berolahraga, tetapi kini kerap digunakan untuk pergi kerja. 

Terlebih lagi di kota-kota metropolis, seperti Jakarta yang tiap hari selalu mengalami kemacetan, sehingga segelintir orang memilih untuk menggunakan sepeda, terutama sepeda lipat yang begitu praktis dibawa.

Awalnya, sepeda lipat Brompton untuk petinggi di Kerajaan Inggris. Penciptanya adalah Andrew Ritchie. Brompton diproduksi pada tahun 1981 di kota Brentford, Inggris. 

Ternyata sepeda lipat tersebut paling diincar di Indonesia karena kualitas serta beratnya yang lumayan ringan. Ada tujuh tipe special edition Brompton yang Tagar rangkum.

1. Brompton Royal Wedding Edition 2011 

Sepeda ini dibuat saat memperingati pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Hanya 300 unit sepeda ini dibuat dengan desain warna sake white, dilengkapi dengan S bag bergambar mahkota dan sadel Brooks B17 special copper rail. Sepeda tersebut ditawarkan pada kisaran Rp 30 juta per unitnya. 

2. Brompton Vic Lee Edition 2012 

Vic Lee adalah seorang ilustrator asal Clerkenwell, London. Vic Lee mendesain Brompton dengan tema London. Grafis putih hasil karya tangan Vic terukir di atas frame hitam glossy. Sepeda ini digunakan sebagai salah satu hadiah event Brompton World Championship 2011.

Namun, karena banyaknya permintaan, akhirnya Brompton besama Vic Lee membuat limited edition 500 unit saja. Soal harga, sepeda Vic Lee dijual sekitar Rp 55 juta. 

3. Brompton Jubilee 2012 

Sepeda ini memiliki varian warna putih, biru, dan merah yang dilengkapi S bag bergambar bendera Inggris Union Jack karya Katie Barton. Sepeda ini sengaja dibuat untuk memperingati tahun ke-60 Ratu Elizabeth II bertakhta di Kerajaan Inggris. Ada sekitar 500 unit tipe sepeda ini dirilis. Harganya ditawarkan di kisaran Rp 46 juta.

4. Brompton Barcelona 2013 

Sepeda tipe satu ini memiliki warna yang dipilih dengan dasar biru dipadu dengan oranye pada mudguard dan sadel. Untuk desain flap S bag, sang desainer David Torrent terinspirasi oleh pattern dan street art yang biasa ditemui di sepanjang jalan dan dinding Kota Barcelona. Sepeda yang satu ini jika dijual nilainya sebesar Rp 42 jutaan.

5. Brompton Brown Special Edition 

Sepeda berwarna coklat ini hanya dibuat 50 unit untuk di seluruh dunia ini. Dilengkapi dengan sadel Brooks B17 dan tas sadel yang semua bergambar tokoh Brown. Tidak lupa boneka Brown pun duduk manis di setang. Harga sepeda Brown ini meski simpel, harga jualnya mencapai Rp 85 jutaan. Nilai fantastis untuk barang sepeda lipat.

6. Brompton Sally Special Edition 

Dengan dasar warna kuning dan oranye di headtube menambah manis penampilan Sally. Kali ini Brompton menambahkan S bag dengan gambar wajah lucu Sally sama seperti Brown, boneka Sally juga duduk manis di stang. Untuk sepeda yang lucu ini ditawarkan senilai Rp 60 jutaan.

7. Brompton CHPT3 Edition 

CHPT3 adalah edisi untuk aksesori sepeda dengan desain yang sangat kreatif dan unik. Bekerja sama dengan Brompton untuk membuat sepeda lipat unik, yang memakai komponen unik, kreatif, dan warna yang menarik pada saddle, grip setang, suspension block, dan frame titanium hitam yang bertekstur. Soal harga jangan ditanya, bisa mencapai Rp 45 jutaan. []

Berita terkait
Harley-Davidson di Garuda Setipe Milik Elvis Presley
Harley-Davidson yang diseludupkan di dalam pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 diduga seri Electra Glide Shovelhead.
Erick Thohir Pecat Direktur Utama Garuda Indonesia
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) atas temuan onderdil Harley Davidson.
Erick Thohir: Kami Copot!
Erick Thohir akan mencopot direksi Garuda Indonesia yang menyelundupkan komponen Harley Davidson. Ia juga menegaskan tidak butuh orang keminter.
0
Sektor Usaha Penerima Fasilitas Pajak Ditambah
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menambah jumlah sektor usaha yang dapat menerima fasilitas pajak.