Kemendagri Sebar Informasi Covid dan Pilkada Lewat Medsos

Kemendagri sebar informasi Covid dan Pilkada serentak melalui medsos dan media nasional.
Gedung Kementerian Dalam Negeri (Foto: Tagar/AJNN.net)

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terus berupaya memastikan agar informasi terkait penanganan Covid-19 dan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan mengatakan, penyebaran informasi itu seperti melalui media sosial dan melalui takshow dengan media nasional.

“Upaya yang telah dilakukan seperti kolaborasi dengan media nasional melalui talkshow dan juga media sosial, khususnya terkait penanganan Covid-19 dan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020,” kata Benni pada Selasa, 6 Oktober 2020.

Benni IrwanKepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan. (Foto: Tagar/Harian Kepri)

Untuk media sosial, Kemendagri memiliki akun Youtube dengan jumlah subcribernya hingga saat ini sebanyak 2.540. Melalui kanal Youtube resmi tersebut, masyarakat dapat mengakses informasi secara langsung. Lalu di Intagram, Kemendagri memiliki 200 ribu followers dan pada Facebook Fanpage Kemendagri RI telah diikuti 35.273 pengguna Facebook.

Sementara pada situs ppid.kemendagri.go.id, sejauh ini telah diakses oleh 184.991 pengunjung. Di situs itu, Pemda ikut berpartisipasi menyediakan data informasi publik. Per 1 Oktober 2020, dokumen yang tersedia di situs PPID berjumlah 75.681 dokumen. Dokumen di situs tersebut, juga telah diunduh oleh publik sebanyak Lebih dari 3 juta kali.

Upaya yang telah dilakukan seperti kolaborasi dengan media nasional melalui talkshow dan juga media sosial, khususnya terkait penanganan Covid-19 dan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Benni juga menyebut, aplikasi PPID berbasis Android dengan fitur-fitur baru yang lebih ramah pengguna tengah dikembangkan tahun ini. 

Tidak hanya itu, Kemendagri juga telah berkolaborasi dengan Komisi Informasi Pusat dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dalam mendorong penyediaan layanan informasi yang ramah bagi disabilitas. Sebagai langkah awal, telah dilaksanakan forum webinar antara Kemendagri dengan seluruh Pemerintah Provinsi, serta stakeholder terkait.[]

Berita terkait
Tito Karnavian: Kampanye Hitam Tindakan Pidana
Mendagri Tito Karnavian mengatakan, Kampanye Hitam tidak boleh dilakukan karena merupakan Tindakan Pidana
Jokowi Tegur Tito Soal Satgas Corona di Daerah
Presiden Joko Widodo mengingatkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ihwal penanganan Covid-19 di daerah.
Mendagri: Minim Pelanggaran Pilkada Bisa Berlangsung Aman
Mendagri Tito Karnavian menilai, arahan dan imbauan mengenai tahapan kampanye dalam Pilkada Serentak 2020 sudah dijalankan dengan baik.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar