Kebakaran Kilang Balongan, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Normal

Berikut pernyataan resmi Pertamina terkait kebakaran di kilang BalonganKabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Kebakaran di area tangki kilang Pertamina yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Foto:Tagar/[email protected])

Jakarta - Pertamina bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu, fokus melakukan pemadaman api di area tangki kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pertamina memastikan, insiden ini tidak membuat pasokan BBM ke masyarakat terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

Insiden di Kilang Pertamina Balongan, disebut menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

Meski demikian, dalam rilis resminya, Pertamina menyebutkan bahwa penyebab insiden tersebut, belum dapat dipastikan dan hingga kini masih dalam proses investigasi oleh pihak yang berwenang. Pertamina juga memastikan pasokan BBM berjalan juga tetap normal.

"Pertamina memastikan, insiden ini tidak membuat pasokan BBM ke masyarakat terganggu dan saat ini masih berjalan normal," tulis Pertamina dalam rilis resminya yang dikutip Tagar, Senin, 29 Maret 2021.

Normal shutdown, juga dilakukan untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran. Pertamina sendiri, telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra, Pendomo dan Islamic center Kabupaten Indramayu.

Terkait hal ini, Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 5 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu. 

Pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, juga dilakukan dengan bantuan TNI. []

Berita terkait
Profil Kilang Minyak Pertamina Balongan yang Meledak Dahsyat
Pertamina Refinery Unit VI Balongan yang meledak merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina.
Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar, Api Terlihat Hingga 33 Km
Kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin 29 Maret 2021 dini hari, apinya terlihat sampai 33 kilometer.
Universitas Pertamina Genjot Inovasi Bidang EBT
Kampus energi dan bisnis Universitas Pertamina terus mendorong inovasi EBT. Salah satunya melalui kerja sama penelitian dengan PT Pertamina.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.