UNTUK INDONESIA
Katulampa Siaga 1, Wali Kota Bogor: Warga Tetap Waspada
Bendungan Katulampa Siaga 1, Wali Kota Bogor Bima Arya mengingatkan masyarakat yang berada di aliran Sungai Ciliwung agar tetap waspada.
Permukaan air di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Rabu sore (1/1/2019) sekitar 150 cm. (Foto: Antara/Humas Pemkot Bogor)

Jakarta - Hujan yang turun di Bogor sejak sore mengakibatkan level ketinggian air di Bendungan Katulampa mengalami kenaikan terus-menerus. Alhasil, Tinggi Muka Air (TMA) per pukul 18.18 WIB di Bendungan Katulampa mencapai 250 sentimeter dengan status siaga satu.

Mudah-mudahan air cepat menurun, tapi semua tetap waspada, siaga, dan insyaallah bisa diatasi bersama.

Terkait Bendungan Katulampa yang siaga satu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengingatkan masyarakat agar tetap waspada. "Kami mohon warga Bogor yang berada di lintasan Sungai Ciliwung ada 13 kelurahan agar waspada," kata Bima melalui video yang diterima Tagar, Senin, 21 September 2020.

Selain itu, kata Bima, sudah menghubungi Gubernur DKI Jakarta terkait tingginya debit air di Bendungan Katulampa. "Baru saja kontak dengan pak Gubernur DKI untuk menyampaikan agar semua waspada. Mudah-mudahan air cepat menurun, tapi semua tetap waspada, siaga, dan insyaallah bisa diatasi bersama," ucapnya.

Dikutip dari Instagram Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor @bpbd.kotabogor, debit air di Bendungan Katulampa mulai meninggi pukul 17.00 dengan status siaga empat. Berikut kronologi ketinggian naiknya TMA Bendungan Katulampa Bogor, Senin, 21 September 2020.

  • Pukul 17.49 WIB, TMA 40 cm atau siaga 4 dengan status gerimis
  • Pukul 17.53 WIB, TMA 120 cm atau siaga 3 dengan status hujan
  • Pukul 17.58 WIB, TMA 170 cm atau siaga 2 dengan status hujan
  • Pukul 18.04 WIB, TMA 200 cm atau siaga 2 dengan status hujan
  • Pukul 18.10 WIB, TMA 220 cm atau siaga 1 dengan status hujan
  • Pukul 18.17 WIB, TMA 240 cm atau siaga 1 dengan status hujan
  • Pukul 18.18 WIB, TMA 250 cm atau siaga 1 dengan status hujan

Sehingga, masyarakat yang tinggal di bantaran aliran Sungai Ciliwung yang berada di 13 kelurahan wilayah Kota Bogor tetap waspada, seperti Kelurahan Sindangrasa, Kelurahan Tajur, Kelurahan Katulampa, Kelurahan Sukasari, Kelurahan Baranangsiang, Kelurahan Babakan Pasar, Kelurahan Sempur, Kelurahan Tanah Sareal, Kelurahan Bantarjati, Kelurahan Cibuluh, Kelurahan Kedung Badak, Kelurahan Sukaresmi dan Keluraham Kedung Halang.[]

Berita terkait
Katulampa Siaga, Anies Baswesdan Bicara Evakuasi
Bendung Katulampa Kabupaten Bogor berstatus siaga 3, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara tentang proses evakuasi.
Katulampa Siaga 3, Warga Pinggir Kali Waspada
BPBD DKI Jakarta menyebutkan ketinggian air Bendung Katulampa berstatus siaga 3. Warga bantaran kali diminta waspada.
Hujan Sejak Pagi Tinggi Air Katulampa Masih Normal
Tinggi permukaan air di Bendung Katulampa, Bogor, Jumat pagi dalam batas normal atau hanya 10 setimeter.
0
Pujian Juri Pop Akademy untuk Chelsea asal Ruteng NTT
Keysilia Dwisulandi Ndagung tampil memukau nyanyikan lagu "Hanya Rindu" saat tampil di grup delapan top 40 pop Akademy Indosiar.