Semarang, (Tagar 6/12/2018) - Ketua Dewan Kesenian Kota Semarang (Dekase) Handry TM mengatakan dunia sastra Indonesia berduka dengan kepulangan NH Dini.

"Tak hanya Semarang tapi seluruh Indonesia sangat kehilangan sosok yang sangat menginspirasi," ujar Handry di Wisma Lansia Harapan Asri, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (5/12).

Handry yang juga sastrawan ini menilai NH Dini adalah ibu dari para sastrawan Tanah Air. Lewat karya-karyanya ataupun pertemuan tatap muka, NH Dini menjadi rujukan kesusasteraan para sastrawan lain yang lebih muda. Bahkan ia teman berdiskusi, partner yang syahdu dan lembut bagi rekan seangkatannya.

"Ibu Dini adalah ibu dari kami semua. Layaknya ibu yang kami bisa langsung belajar dari beliau," ujar mantan pewarta ini.

Kepulangan NH Dini sangat mengejutkan. "Tapi ini lah jalan dari Ibu Dini. Yang pasti idealisme sastra darinya bakal selalu membekas dan menjadi teladan bagi sastrawan lain. Dia seorang penulis mandiri, tak tergantung pada siapa pun, bahkan jauh dari keluarga dia tetap kuat, kekeh, dan berani," tutur Hendry. []