UNTUK INDONESIA
Kata Pengamat Soal Puan Sebut Sumbar dan Pancasila
Pengamat menilai pidato Puan Maharani yang berharap Sumatera Barat menjadi provinsi mendukung negara pancasila adalah bahasa politik.
Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 1 September 2020.

Padang - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan calon gubernur dan calon wakil gubernur dari sejumlah provinsi, termasuk calon untuk Pilkada 2020 di Sumatera Barat (Sumbar), Rabu, 2 September 2020.

Bahasa politik itu multi tafsir. Menurut saya, itu tidak masalah dan tidak perlu direspon karena mau pancasila atau tidak, kan yang menilai masyarakat.

Namun, saat pidato memberikan sambutan dan khusus untuk calon dari Sumbar, Ketua DPP PDIP Puan Maharani berharap semoga Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.

Menurut pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Andri Rusta, lahirnya asumsi seperti itu dilatar belakangi berbagai hal. Apalagi, PDIP memiliki sejarah kalah telak di Sumbar, meski sudah dua kali menang secara nasional dalam pemilihan langsung.

Menurutnya, Sumbar daerah spesial bagi PDIP. Sebab, partai besutan Megawati Soekarno Putri itu belum pernah menang di Ranah Minang.

"PDIP cenderung pancasilais. Mungkin latar belakang Puan Maharani adalah asumsi-asumsi yang muncul bagi PDIP bahwa Sumbar ini Islam, tidak pancasilais, dan banyak indikator-indikator yang menjadi dasar Puan menyebut itu," kata Andri kepada Tagar, Rabu, 2 September 2020 malam.

Sementara itu, pengamat politik Sumbar Asrinaldi mengatakan, Puan Maharani adalah pejabat politik yang tentu bahasanya juga bahasa politik.

"Bahasa politik itu multi tafsir. Menurut saya, itu tidak masalah dan tidak perlu direspon karena mau pancasila atau tidak, kan yang menilai masyarakat," katanya.

Menurutnya, sebagai pejabat politik, bisa saja Puan Maharani berpidato seperti itu dan tidak masalah. Serta tidak ada konsekuensi bagi masyarakat di Sumbar. Faktanya, masyarakat tetap mencintai NKRI dengan menjaga ideologi Pancasila.

Dia juga menilai masyarakat di Sumbar sangat pancasilais, bahkan dalam konteks pendidikan Pancasila malah sejarahnya Sumbar ikut mendirikan negeri ini. Satu di antaranya, menyelamatkan PDRI saat Soekarno memberikan mandat pada Syafrudin Prawiranegara. []


Berita terkait
Puan Harap Kualitas Belanja Negara Dipertajam
Puan Maharani menegaskan kesejahteraan rakyat menjadi salah satu fokus utama RUU APBN tahun 2021.
Puan Maharani Ajak Anggota DPR Wujudkan Kesejahteraan
Puan Maharani mengajak anggota dewan untuk memperlihatkan kehadiran negara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Giring Ganesha Lampaui Mahfud Md dan Puan Maharani
Giring Ganesha mulai merangsak masuk 10 besar, berada di atas Mahfud Md dan Puan Maharani untuk Pilpres 2024 mendatang.
0
Libur dan Cuti Bersama, Tempat Wisata Dibatasi 50 Persen
Pemerintah mengeluarkan aturan yang membatasi kunjungan ke tempat wisata sampai dengan 50 persen.