Kasih 20 Ribu Masker, Relawan Jokowi Minta Doni Monardo Mundur

Tigor Doris Sitorus dengan tegas mengatakan bahwa Satgas Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo sudah melenceng dari tugas dan fungsinya.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo. (Foto: Tagar/BNPB)

Jakarta - Ketua Umum Pasukan Tetap Jokowi (Pak Tejo), Tigor Doris Sitorus dengan tegas mengatakan bahwa Satgas Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo sudah melenceng dari tugas dan fungsinya. Hal itu ia katakan berkaitan dengan pemberian 20 ribu masker saat acara pernikahan dan peringatan Maulid Nabi SAW, yang digelar oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pada minggu lalu.

Tigor berujar, bahwa apa yang dilakukan oleh ketua BNPB itu merupakan kesalahan yang mutlak. Doni seakan mendukung adanya kerumunan itu dengan cara membagikan masker tersebut.

Jadi menurut saya, presiden harus memanggil Doni Monardo. Apa alasan beliau untuk memberikan masker tersebut

"Kalau Doni Monardo sudah kita lihat, dengan dia datang membawa 20 ribu masker, dihadiahkan dengan acara yang memang menyalahi protokoler kesehatan. Kalau bisa mundurlah," kata Tigor kepada Tagar, Rabu 18 November 2020.

Tigor berharap presiden Joko Widodo bisa mengevaluasi kesalahan yang diperbuat oleh Doni Monardo cs untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Jadi menurut saya, presiden harus memanggil Doni Monardo. Apa alasan beliau untuk memberikan masker tersebut. Dan ini seolah main-main pemerintah ini saya lihat," ujarnya.

Relawan Jokowi ini juga menyinggung soal denda pelanggaran protokol kesehatan yang infonya sudah dibayarkan Rizieq Shihab ke Negara. Menurutnya, dengan pembayaran tersebut, tidak bisa menganggap persoalan kerumunan massa pentolan FPI itu selesai.

"Kayak kemarin Satpol PP, dia bilang (Rizieq) sudah bayar 50 juta biaya kerusakan. Bukan masalah berapa kau bayar. Emang itu uang nenek moyangmu," kata Tigor.

Tigor menyebut, kasus ini merupakan hal yang terbilang sensitif. Belum lagi dengan pihak-pihak yang sengaja menggiring opini untuk menyerang Jokowi dengan isu sara.

"Jadi artinya ini terkesan seolah-olah kaku, membusungkan dada semua. Begitu juga Anies kemarin diperiksa. Seandainya tersangkalah si Anies, ini nanti pengikutnya bilang dizalimi, dikriminalisasi Pemerintah Jokowi," ucap Tigor.

Selanjutnya, kembali ia menegaskan agar Doni Monardo cs secepatnya disikapi oleh pemerintah pusat. Jika lamban, kata Tigor, tidak menutup kemungkinan kerumunan massa seperti minggu lalu bisa terjadi lagi, bahkan melebar sampai ke daerah-daerah.

"Jadi BNPB itu baiknya dipanggil, apa alasan beliau memberikan 20 ribu masker itu, sementara itu kontradiktif dengan protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan untuk acara-acara apapun," kata Tigor.[] (PEN)

Berita terkait
Doni Monardo Disebut Takut kepada Rizieq Shihab
Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai Kepala BNPB Doni Monardo takut kepada Habib Rizieq Shihab.
Doni Monardo Sampaikan Permohonan Maaf Soal Pemberian Masker
Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo mengungkapkan alasan pihaknya mengirimkan masker dan hand sanitizer ke acara yang digelar Rizieq Shihab.
Rizieq Shihab Tidak Peduli Covid-19, Doni Monardo Kirim Masker
Ferdinand Hutahaean: Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab disebut tidak peduli Covid-19 namun Kepala BNPB Doni Monardo malah kirim masker.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.