Kapal Tanker Iran dan Panama Dibebaskan

Setelah 4 bulan disita kapal tanker milik Iran dan Panama yang disita pada awal tahun di perairan Kalimantan dibebaskan
Salah satu kapal yang disita oleh Bakamla RI hari Minggu, 24 Januari 2021 (Foto: voaindonesia.com - Courtesy: Bakamla RI).

Jakarta - Para pejabat, 29 Mei 2021, mengatakan kapal tanker milik Iran dan Panama yang disita pada awal tahun di perairan Kalimantan karena dicurigai melakukan transfer minyak mentah secara illegal akhirnya dibebaskan.

Juru Bicara Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengatakan kepada Kantor Berita AFP bahwa setelah melalui proses hukum, kapal tanker MT Horse yang berbendera Iran dan MT Freya yang berbendera Panama akhirnya meninggalkan Indonesia pada hari Jumat, 28 Mei 2021.

tanker iran dan panamaKapal tanker berbendera Iran, MT Horse, dan berbendera Panama, MT Freya ditahan Bakamla RI karena diduga lakukan tindakan ilegal di perairan Indonesia (Foto: bakamla.go.id)

Kapten kedua kapal tanker itu dinyatakan bersalah pada hari Selasa, 25 Mei 2021, karena memasuki perairan Indonesia tanpa izin.

Kapten MT Horse Iran, Mehdi Monghasemjahromi, dan kapten MT Freya China, Chen Yo Qun, masing-masing dijatuhi hukuman penjara yang ditangguhkan selama satu tahun dengan masa percobaan dua tahun.

Pengadilan juga memerintahkan Chen untuk membayar denda sebesar Rp 2 miliar karena membuang minyak secara ilegal di perairan Indonesia (ah)/AFP/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Tanker Iran dan Panama Langgar Hak Lintas Perairan Indonesia
Kapal tanker Iran dan Panama langgar hak lintas dan lakukan pemindahan minyak ilegal di perairan Kalimantan, 24 Januari 2021
Indonesia Dalami Pelanggaran Pidana Tanker Iran dan Panama
Otoritas Indonesia dalami pelanggaran pidana kapal tanker Iran dan Panama yang lakukan aktivitas ilegal di perairan Kalimantan
Indonesia Selidiki Transfer Minyak Ilegal Kapal Tanker Iran
Indonesia sedang menyelidiki keberadaan kapal tanker Iran yang dituduh melakukan transfer minyak ilegal di perairan Kalimantan
0
Juventus Angkat Kembali Massimiliano Allegri Jadi Pelatih
Juventus telah menunjuk kembali mantan pelatih Massimiliano Allegri hanya beberapa jam setelah memecat Andrea Pirlo