Kanselir Merkel Bertemu Presiden Biden di Gedung Putih

PM Jerman, Merkel, yang sudah bertemu dengan empat presiden AS selama menjabat sebagai Kanselir Jerman, kini bertemu dengan Presiden Biden
Kanselir Jerman, Angela Merkel, bertemu Presiden AS, Joe Biden, di Gedung Putih, 15 Juli 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Perdana Menteri (PM) Jerman, Angela Merkel, yang sudah bertemu dengan empat presiden Amerika Serikat (AS) selama menjabat sebagai Kanselir Jerman, sedang berada di Washington DC bertemu dengan Presiden AS yang kelima, Joe Biden.

PM Merkel, 15 Juli 2021, bertemu dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih untuk mempererat hubungan antara kedua negara. Kedua pemimpin membahas berbagai isu termasuk pandemi, kebangkitan China, dan pipa gas alam dari Rusia ke Jerman yang belakangan mengganggu hubungan AS dan Jerman.

merkel10Hubungan Trans-Atlantik: Merkel dan Presiden Bill Clinton (Foto: dw.com/id)

Sebelum bertemu Biden, Angela Merkel, Kamis,15 Juli 2021, juga menerima penghargaan gelar kehormatan dari Universitas Johns Hopkins.

Merkel dianugerahi gelar Doctor of Humane Letters oleh Universitas Johns Hopkins atas kepemimpinan globalnya yang berprinsip dan berani.

merkel11-UHarapan perbaikan hubungan untuk Jerman-AS: Merkel dan Wapres AS, Joe Biden (Foto: dw.com/id)

PM Merkel tidak mencalonkan diri kembali dalam pemilihan September 2021 mendatang, sehingga banyak yang menganggap kunjungannya kali ini merupakan kunjungan politik menjelang akhir masa jabatannya.

Merkel memulai harinya dengan sarapan pagi bersama Wakil Presiden Kamala Harris, dan kantor Harris mengatakan kedua pemimpin perempuan itu melakukan "diskusi yang sangat jujur" (my/lt)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Interaksi PM Jerman Angela Merkel dengan Presiden Amerika
Momen interaksi Kanselir Jerman, Angela Merkel, dengan lima Presiden AS, Clinton, Bush, Obama, Trump hingga Biden
0
Kanselir Merkel Bertemu Presiden Biden di Gedung Putih
PM Jerman, Merkel, yang sudah bertemu dengan empat presiden AS selama menjabat sebagai Kanselir Jerman, kini bertemu dengan Presiden Biden