UNTUK INDONESIA

Kanada Sediakan Kartu Pos Dekatkan Jarak Sosial Masa Pandemi

Pos Kanada dorong warga untuk berkirim kartu pos mendekatkan jarak sosial yang terbentang selama pandemi, bagaiman dengan Pos Indonesia?
Ragam kartu pos prabayar Pos Kanada untuk mendekatkan jarak sosial di masa pandemi virus corona (Foto: [email protected])

"Pos Kanada Jembatani Jarak Sosial di Masa Pandemi". Ini judul berita di Tagar, 10 Maret 2021. Masyarakat dunia dihadapkan dengan realitas sosial yaitu pembatasan dan penguncian (lockdown) karena pandemi virus corona (Covid-19) yang membuat jarak fisik dan jarak sosial kian jauh.

Jangankan beda negara atau benua, di dalam satu kota pun bisa terjadi jarak sosial karena pembatasan selama pandemi. Sebelum pandemi tidak ada jarak fisik dan jarak sosial bisa dengan teman di tempat kerja, teman di sekolah, teman kuliah dan antar kerabat.

Pertemuan terjadi pada berbagai macam kegiatan, seperti perayaan ulang tahun, pesta perkawinan, acara di kantor, dan lain-lain. Selain itu ada pula pertemuan di kafe, pub, diskotek, bioskop dan lain-lain tempat.

Ketika pandemi yang mulai terjadi Januari 2020 jarak fisik dan jarak sosial terasa jauh. Bahkan, suami yang bekerja di luar negeri bisa tidak bisa bertemu istri dan anak-anaknya karena terjadi pembatasan penerbangan.

kartu pos kanada 2Salah satu dari enam desain kartu pos prabayar yang dikirimkan Pos Kanada ke rumah-rumah warga (Foto: npr.org/Canada Post)

Selama pandemi jarak sosial didekatkan melalui sambungan telepon dan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp. Ini dilakukan karena seseorang merindukan orang lain, dalam dalam relasi keluarga, pertemanan, sekolah, kulah maupun percintaan.

Dengan kondisi pandemi yang terus berlanjut Dinas Pos Kanada (Canada Post) menemukan peluang untuk mendorong warga saling mengirim pesan melalui kartu pos kepada teman, sahabat, orang tua dan orang-orang yang dicintai.

Langkah Pos Kanada itu merupakan upaya untuk menjembatani jarak fisik dan jarak sosial yang lebar karena pandemi. Pos Kanada mengirim kartu pos prabayar ke semua alamat tempat tinggal di negara itu. Pos Kanada mengirim kartu pos prabayar untuk 13,5 juta rumah tangga di negara itu.

Warga kemudian bisa mengirim kartu pos itu ke siapa saja yang mereka kehendaki, seperti orang tua, anak, teman, pacar, dan lain-lain.

Pos Kanada ingin agar semua warga Kanada mengirimkan kartu pos ini ke orang-orang tercinta untuk mengingatkan bahwa mereka dirindukan, mereka istimewa dan mereka penting.

Hanya dengan menuliskan alamat yang lengkap, tentu saja dengan kode pos (di Indonesia kode pos tidak memasyarakat karena penulisan yang abaikan kampung halaman), dan menuliskan sedikit pesan di ruang yang tersedia.

pos kanadaSelain menulis alamat yang dituju tersedia pula ruang untuk menuliskan pesat singkat yang bermanfaat memperpendek jarak sosial di masa pandemi Covid-19 (Foto: canadapost.ca)

Memang, pesannya hanya singkat tapi merupakan curahan hati. Ini menunjukkan tingkat literasi warga Kanada karena menulis merupakan kelanjutan dari membaca. Secara umum literasi bermula dari membaca pada reading society (masyarakat yang gemar membaca) berlanjut ke menulis yaitu writing society (masyarakat yang gemar menulis) baru melangkah ke filming society (masyarakat yang gemar menonton).

Celakanya, di Indonesia masyarakat belum pada ranah reading society sudah dicekoki dengan film, dalam hal ini sinema elektronik (Sinetron) dengan kualifikasi soap opera (opera sabun), seperti telenovela dan sinetron di stasiun TV nasional. Masyarakat pun meninggalkan bahan bacaan cetak, seperti buku dan novel, karena beralih ke televisi. Apresiasi tentang film juga rendah karena yang ditonton sekelas soap opera.

Dengan tingkat literasi masyarakat Indonesia yang sangat rendah dan belum masuk ke ranah reading society dan writing society nyaris tidak ada upaya untuk mengajak masyarakat membalik paradigma berpikir agar berkirim surat. Ini langkah kecil tapi merupakan lompatan besar untuk meningkatkan literasi masyarakat.

beberapa pilihanBeberapa jenis ucapan di kartu pos Kanada sebagai upaya mengasi jarak sosial di masa pandemi Covid-19 (Foto: canadapost.ca)

Ada beberapa hal yang tidak mendukung korespondensi atau berkirim surat di Indonesia, yaitu: (1) sulit membeli prangko di luar kantor pos, (2) tidak ada warkat pos prabayar, (3) tidak ada kartu pos prabayar, (4) tidak ada cap pos khusus yang bisa menunjukkan kecocokan lokasi menulis surat (ini penting untuk filatelis).

PT Pos Indonesia sendiri sama sekali tidak berpikir melakukan langkah literasi seperti yang dijalankan oleh Pos Kanada. Itu artinya tidak ada dukungan Pos Indonesia untuk mendekatkan jarak fisik dan jarak sosial di masa pandemi ini.

Yang lebih penting lagi adalah dengan mengajak masyarakat berkirim surat merupakan upaya riil mendorong literasi di Indonesia. []

Berita terkait
Pos Kanada Jembatani Jarak Sosial di Masa Pandemi
Pos Kanada menanggapi pandemi virus corona (Covid-19) dengan program mengirim pesan melalui kartu pos prabayar
Korea Selatan Perketat Jarak Sosial Atasi Lonjakan Pandemi
Terjadi lonjakan kasus baru virus corona di Korea Selatan sehingga Negeri Ginseng itu memperketat jarak sosial (fisik) atasi pandemi
0
Kanada Sediakan Kartu Pos Dekatkan Jarak Sosial Masa Pandemi
Pos Kanada dorong warga untuk berkirim kartu pos mendekatkan jarak sosial yang terbentang selama pandemi, bagaiman dengan Pos Indonesia?