UNTUK INDONESIA

Kampus Unanda Palopo Sulsel Terbakar

Kebakaran hebat melanda kampus B Universitas Andi Djemma (Unanda) Kota Palopo, hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran.
Pemadam kebakaran saat berjibaku memadamkan api diruang-ruang kelas Fakultas Tehnik dan Informatika Unanda Palopo, Selasa 1 Desember 2020 dini hari. (Foto: Tagar/Ist)

Palopo - Kebakaran hebat melanda kampus B Universitas Andi Djemma (Unanda) Kota Palopo, yang berada di Jalan Tandipau, Kelurahan Tomarundung, Kecamatan Wara Barat, Palopo, Sulsel, Selasa 1 Desember 2020, subuh tadi. Dua bangunan Fakultas hangus terbakar.

Kebakaran hebat ini terjadi sekitar pukul 04.00 WITA. Api dengan cepat membesar dan menjalar kebangunan lain. Pemadam Kebakaran Kota Palopo menerjunkan lima unit armada untuk memadamkan api.

Ada lima armada kami terjunkan ke lokasi. Kami langsung melakukan penyelamatan dengan memadamkan api ke laboratorium dan juga ke rumah warga.

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Palopo, Jakashaldy mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan terkait kebakaran di kampus B Unanda Palopo, sekitar pukul 04.25 WITA.

Adanya laporan tersebut, pihaknya langsung menerjunkan lima unit armada kebakaran memadamkan api.

"Ada lima armada kami terjunkan ke lokasi. Kami langsung melakukan penyelamatan dengan memadamkan api ke laboratorium dan juga ke rumah warga. Memang api ini dengan cepat membesar," kata Jakashaldy kepada Tagar, Selasa 1 Desember 2020.

Jakashaldy mengaku tidak mendapatkan kendala berarti saat proses pemadaman. Hanya saja api dengan cepat membesar dengan menghanguskan dua bangunan di Kampus Unanda Palopo itu. Selain itu, api juga baru bisa dikuasai setelah berjibaku selama dua jam lamanya.

"Ada dua bangunan yang hangus terbakar, yaitu ruangan Fakultas Tehnik Informatika dan Kantor Fakultas Teknik Unanda. Proses pemadaman hingga pukul 07.00 pagi, tapi kami sempat lanjutkan proses pendinginan sampai jam 09.00 pagi," bebernya.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini. Karena Polres Palopo masih melakukan penyelidikan. Hanya saja, kerugian ditaksir hingga mencapai miliaran rupiah. []

Berita terkait
Nenek Terpeleset Saat Ada Kebakaran di Rumahnya di Sleman
Seorang nenek terpeleset saat menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran di rumahnya di Sleman, Yogyakarta. Dia terpeleset dan jatuh.
KLHK: PT SSS Ganti Rugi Rp 160 Miliar atas Kebakaran Lahan
PN Jakarta Pusat menghukum PT SSS membayar ganti rugi sebesar Rp 160,5 miliar lantaran terbukti menyebabkan lahan konsesinya terbakar.
Penyebab Kebakaran Dapur dan Kandang Milik Warga Kulon Progo
Kebakaran terjadi di Pedukuhan Selo Barat, Kalurahan Hargarejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Api melalap dapur dan kandang milik warga.
0
Kampus Unanda Palopo Sulsel Terbakar
Kebakaran hebat melanda kampus B Universitas Andi Djemma (Unanda) Kota Palopo, hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran.