Kalahkan Inggris, Belanda vs Portugal di Final
Belanda mengalahkan Inggris 3-1 lewat perpanjangan waktu di semifinal UEFA Nations League. Di final, Belanda menghadapi Portugal.
Bek Belanda Matthijs de Ligt merayakan gol yang menyamakan skor saat melawan Inggris di semifinal UEFA Nations League di Stadion Dom Afonso Henriques, Jumat 7 Juni 2019 dini hari WIB. Belanda mengalahkan Inggris 3-1 lewat perpanjangan waktu dan menghadapi Portugal di final. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Belanda bangkit dari ketertinggalan dan mengalahkan Inggris 3-1 melalui perpanjangan waktu di semifinal UEFA Nations League di Stadion Dom Afonso Henriques, Jumat 7 Juni 2019 dini hari WIB. Sukses itu mengantarkan Belanda ke final untuk menghadapi tuan rumah Portugal. Sedangkan Inggris harus puas memperebutkan tempat ketiga melawan Swiss. 

Seperti diperkirakan sebelumnya, kekuatan berimbang kedua tim menjadikan pertandingan harus diselesaikan melalui perpanjangan waktu. Pasalnya Belanda dan Inggris bermain imbang 1-1 di waktu normal. 

Namun di perpanjangan waktu, Belanda menunjukan kematangan mental juara. Sebaliknya, pemain Inggris melakukan blunder yang membuat Belanda berhasil unggul. Diawali kesalahan bek Kyle Walker yang membuat gol bunuh diri. Selanjutnya, giliran rekan Walker di Manchester City, John Stones, yang melakukan kesalahan yang memungkinkan Belanda menambah gol melalui Quincy Promes. 

Sukses itu menunjukkan Belanda benar-benar telah bangkit. Setelah gagal lolos di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018, regenerasi De Oranje berjalan mulus. Apalagi pelatih Ronald Koeman memberikan kepercayaan kepada pemain muda seperti Matthijs de Ligt dan Frenkie de Jong menjadi pilihan pertama di skuat Belanda. 

Mereka pun mampu mengimbangi Inggris. Bahkan Belanda dinilai tampil lebih baik dan pantas memenangkan pertandingan. 

Sebaliknya Inggris kembali mengulangi skenario di semifinal Piala Dunia 2018 saat melawan Kroasia. Unggul lebih dulu, namun The Three Lions kemudian kalah 1-2 lewat perpanjangan waktu. 

Tak hanya itu, kegagalan Inggris selalu diwarnai blunder yang dilakukan pemain. Sebelumnya, kiper-kiper Inggris kerap melakukan kesalahan konyol yang membuat lawan bisa mencetak gol. Kali ini, kiper Jordan Pickford kian matang di bawah mistar. Sebaliknya, para pemain belakang yang berbuat kesalahan yang bisa dimanfaatkan Belanda untuk memenangkan pertandingan. 

Mengawali Laga Dengan Baik

Inggris mengawali laga dengan baik. Mereka unggul lebih dulu saat penalti Marcus Rashford gagal diantisipasi kiper Jasper Cillessen di menit 32. Penalti diberikan setelah De Ligt melakukan kesalahan menjatuhkan Rashford di kotak terlarang. Eksekusi dituntaskan dengan baik oleh striker Manchester United ini.

Namun De Ligt membayar kesalahannya. Bek Ajax Amsterdam ini sukses menyamakan kedudukan setelah sundulannya yang meneruskan sepak pojok Memphis Depay tak bisa diselamatkan Pickford. 

BelandaBek Inggris Kyle Walker (putih) membuat gol bunuh diri saat terjadi perebutan bola dengan pemain Belanda Quincy Promes di semifinal UEFA Nations League di Stadion Dom Afonso Henriques, Jumat 7 Juni 2019 dini hari WIB. Belanda mengalahkan Inggris 3-1 lewat perpanjangan waktu dan menghadapi Portugal di final. (Foto: dailymail.co.uk)

Pemain Manchester United lainnya, Jesse Lingard sempat membobol gawang Belanda, lima menit menjelang bubaran. Namun golnya dianulir setelah ditinjau lewat VAR dia dianggap dalam posisi offside. Skor 1-1 bertahan sampai waktu normal selesai sehingga pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. 

Di babak ini, para pemain Inggris justru melakukan kesalahan. Berawal dari backpass Ross Barkley kepada Harry Maguire. Selanjutnya, Maguire juga melakukan backpass kepada Stones. Hanya mereka tak menyadari bila di dekatnya ada Depay. 

Eks pemain Man United ini segera menyerobot dan menendang bola ke gawang. Kiper Pickford sudah bisa menyelamatkan gawang. Hanya bola muntah yang kemudian dikejar Promes. Sayangnya upaya Walker menghentikan Promes justru mengakibatkan bola meluncur ke gawang sendiri. Gol bunuh diri Walker tercipta di menit 97. 

Belanda akhirnya memantapkan keunggulan lewat gol Promes di menit 114. Kali ini Stones kembali membuat kesalahan saat melakukan backpass ke arah Barkley. Hanya, Barkley yang sudah kelelahan bergerak lambat saat mengejar bola. 

Lagi-lagi Depay yang berhasil menguasai bola dan mengirimkannya ke Promes. Tanpa kesulitan, Promes mencetak gol ke gawang yang kosong. Kali ini, dia yang memang mencetak gol yang menjadikan Belanda menutup laga dengan kemenangan 3-1. []

Berita terkait: 

Berita terkait
0
Foto: Main di Kandang, Persib Ditahan Tim Juru Kunci
Tim asal Jawa Barat Persib Bandung harus puas dengan hasil imbang usai ditahan juru kunci Semen Padang dengan skor 1-1.