UNTUK INDONESIA
Kalahkan Bolivia, Peru Sukses Geser Brasil
Peru mengalahkan Bolivia 3-1 dan menggeser Brasil dari posisi puncak klasemen Grup A Copa America, Rabu 19 Juni 2019 pagi WIB.
Peru mengalahkan Bolivia 3-1 di pertandingan Grup A Copa America 2019 di Stadion Maracana, Rabu 19 Juni 2019 pagi WIB. Tampak striker Peru Paolo Guerrero (kiri) mencetak gol di pertandingan itu. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Peru merebut posisi puncak klasemen Grup A setelah mengalahkan Bolivia 3-1 di pertandingan Copa America 2019 di Stadion Jornalista Mario Filho (Maracana), Rio de Janeiro, Rabu 19 Juni 2019 pagi WIB. Kemenangan itu menjadikan Peru memiliki poin empat dan membawa mereka ke posisi teratas.  

Pemain veteran Peru, Paulo Guerrero dan Jefferson Farfan, kembali membuktikan sebagai sosok yag tak tergantikan di tim nasional. Di laga pertama, keduanya memberi kontribusi yang tidak sedikit saat Peru ditahan tanpa gol oleh Venezuela. Mereka gagal menang karena dua gol Peru dianulir wasit. Kini, kontribusi Farfan dan Guerrero benar-benar nyata dengan mencetak gol dan memberi kemenangan bagi La Blanquirroja

Kemenangan itu menjadikan Peru menggeser Brasil dari posisi puncak dan membuka harapan lolos ke perempat final. Sedangkan peluang Bolivia yang terdampar di dasar klasemen ke babak berikutnya juga belum tertutup meski menelan dua kali kekalahan. Bolivia berharap menduduki peringkat tiga terbaik untuk melengkapi dua tim yang melaju ke babak berikutnya.    

Kesulitan Menghadapi Bolivia

Meski menang, namun Peru sempat kesulitan menghadapi Bolivia. Bahkan mereka tertinggal lebih dulu saat Marcelo Martins mencetak gol bagi Bolivia dari titik penalti menit 28. 

Penalti itu sempat memunculkan kontroversi saat wasit menyatakan pemain Bolivia offside. Namun wasit pula yang kemudian menunjuk titik putih setelah pemain Peru Carlos Zambrano menyentuh bola di kotak penalti.

Wasit Roddy Zambrano sempat agak lama meninjau insiden itu melalui VAR. Setelah mengamatinya secara cermat, Zambrano memastikan sebagai pelanggaran dan memberikan penalti. Martins pun menjalankan eksekusi dengan baik. 

Keunggulan Bolivia tak bertahan lama. Menjelang akhir babak pertama, Guerrero menyamakan skor. Gol bermula dari aksi individu Christian Cueva yang melewati pemain Bolivia dan kemudian melepaskan umpan kepada pemain veteran itu. Guerrero sempat mengecoh kiper Carlos Lampe sebelum memasukkan bola ke gawang yang kosong. Skor 1-1 mengakhiri babak pertama. 

Peru kemudian berbalik unggul saat Farfan mencetak gol 10 menit setelah babak kedua digulirkan. Sundulan pemain Lokomotive Moscow yang menerima umpan dari Guerrero menembus gawang Bolivia di menit 55. 

Selanjutnya gelandang Edison Flores yang masuk di babak kedua melengkapi kemenangan Peru di injury time. Skor 3-1 untuk Peru bertahan sampai akhir laga. 

Di laga pamungkas Grup A, Peru menghadapi Brasil, Minggu 26 Juni 2019 dini hari WIB. Sedangkan Bolivia bertemu Venezuela. 

Susunan Pemain

Bolivia (4-4-1-1): Lampe-Bejarano, Saavedra, Haquin, Chumacero, Saucedo, Bejarano, Justiniano, Castro, Jusino, Martins

Gol: Martins 28'

Peru (4-2-3-1): Gallese-Zambrano, Advincula, Trauco, Abram, Farfan, Yotun, Cueva, Tapia, Guerrero, Polo

Gol: Guerrero 45', Farfan 55', Edison Flores 90' []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Ikut Kemah, Pelajar Pematangsiantar Tewas di Danau Toba
Putri Sinambela, 16 tahun, seorang pelajar asal Kota Pematangsiantar ditemukan tewas di perairan Danau Toba.