KAI Keluarkan Aturan Baru Pembelian Tiket Kereta Api

PT KAI menerapkan pelayanan online di penjualan tiket kereta api. Simak penjelasannya.
Calon penumpang mencetak tiket yang telah dipesannya secara online di check in counter Stasiun Tawang Semarang. PT KAI menerapkan aturan baru di pembelian tiket kereta api. (Foto: Tagar/Humas KAI Daop 4 Semarang)

Semarang - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan kebijakan baru di pelayanan pembelian tiket kereta api. Perseroan menetapkan pelayanan reservasi tiket KA hanya melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan kanal pemesanan resmi lainnya.

Manager Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang Krisbiyantoro mengungkapkan aturan baru itu mulai berlaku per 1 Januari 2021.   

"Seluruh loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket kereta secara go show atau dadakan, yakni tiga jam sebelum keberangkatan KA tersebut, dengan catatan masih adanya tempat duduk yang tersedia," ucap dia dalam siaran pers yang diterima Tagar, Senin, 4 Januari 2021.

Menurut Kris, sapaannya, kebijakan itu dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan stasiun-stasiun kereta api. Sekaligus menghindari timbulnya klaster baru Covid-19. 

Selain itu, sebagai pelaksanaan dari Peraturan Menteri Perhubungan No 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Di pasal 5 ayat 3a menyatakan operator sarana transportasi harus memenuhi ketentuan, menjual tiket secara daring (online) serta menjamin penerapan jaga jarak fisik (physical distancing).

Seluruh loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket kereta secara go show atau dadakan, yakni tiga jam sebelum keberangkatan KA tersebut

Menyikapi hal itu, ada 14 loket stasiun di wilayah Daop 4 Semarang yang sudah tidak melayani penjualan tiket, baik untuk pemesanan maupun tiket go show. Loket tersebut terletak di stasiun Batang, Alastua, Brumbung, Gubug, Karangjati, Sedadi, Gambringan, Jambon, Kradenan, Doplang, Wadu, Kedungjati, Telawa dan Stasiun Gundih

Sedangkan untuk loket yang masih melayani penjualan tiket go show ada di Stasiun Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo, Randublatung, dan Stasiun Cepu. 

"Terkecuali tiket KA Kedung Sepur dilayani melalui aplikasi KAI Access. Khusus untuk stasiun kelas besar di wilayah Daop 4 Semarang, yakni Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, dan Cepu, selain melayani tiket go show juga bisa melayani pembatalan tiket," sambung dia.

Baca juga: 

Kris menambahkan dengan diberlakukannya sistem pembelian tiket online melalui aplikasi, maka calon penumpang KA akan lebih mudah dan cepat dalam menentukan pilihan berangkat dengan menggunakan KA. 

"Dan calon penumpang juga akan lebih aman dalam menjaga kesehatannya, karena tidak perlu menuju stasiun hanya untuk membeli tiket saja," imbuh dia. []

Berita terkait
Puluhan Ribu Tiket Kereta Api Terjual Pekan Pertama 2021
Hingga Sabtu, 2 Januari 2021, PT KAI telah menjual 32.729 tiket kereta api Jarak Jauh. Bahkan hingga Minggu 3 Januari 2021 jumlahnya meningkat.
Pelayanan Damri Kini Serba Digital, Beli Tiket Bisa Online
Layanan digital ini dilakukan untuk memberikan kemudahan pelanggan dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi di smartphone.
Rute Domestik yang Siap Dilayani Bandara Ngloram Blora
Progres pembangunan Bandara Ngloram Blora, Jawa Tengah sudah 35 persen. Tahun ini target selesai dan segera beroperasi untuk penerbngan komersial.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.