Semarang - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengeluarkan kebijakan baru di pelayanan pembelian tiket kereta api. Perseroan menetapkan pelayanan reservasi tiket KA hanya melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan kanal pemesanan resmi lainnya.
Manager Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang Krisbiyantoro mengungkapkan aturan baru itu mulai berlaku per 1 Januari 2021.
"Seluruh loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket kereta secara go show atau dadakan, yakni tiga jam sebelum keberangkatan KA tersebut, dengan catatan masih adanya tempat duduk yang tersedia," ucap dia dalam siaran pers yang diterima Tagar, Senin, 4 Januari 2021.
Menurut Kris, sapaannya, kebijakan itu dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan stasiun-stasiun kereta api. Sekaligus menghindari timbulnya klaster baru Covid-19.
Selain itu, sebagai pelaksanaan dari Peraturan Menteri Perhubungan No 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Di pasal 5 ayat 3a menyatakan operator sarana transportasi harus memenuhi ketentuan, menjual tiket secara daring (online) serta menjamin penerapan jaga jarak fisik (physical distancing).
Seluruh loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket kereta secara go show atau dadakan, yakni tiga jam sebelum keberangkatan KA tersebut
Menyikapi hal itu, ada 14 loket stasiun di wilayah Daop 4 Semarang yang sudah tidak melayani penjualan tiket, baik untuk pemesanan maupun tiket go show. Loket tersebut terletak di stasiun Batang, Alastua, Brumbung, Gubug, Karangjati, Sedadi, Gambringan, Jambon, Kradenan, Doplang, Wadu, Kedungjati, Telawa dan Stasiun Gundih
Sedangkan untuk loket yang masih melayani penjualan tiket go show ada di Stasiun Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Ngrombo, Randublatung, dan Stasiun Cepu.
"Terkecuali tiket KA Kedung Sepur dilayani melalui aplikasi KAI Access. Khusus untuk stasiun kelas besar di wilayah Daop 4 Semarang, yakni Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, dan Cepu, selain melayani tiket go show juga bisa melayani pembatalan tiket," sambung dia.
Baca juga:
- Pilot Dipecat Terkait Penyebaran Virus Corona di Taiwan
- 34 Tahun Mangkrak, NAM Air Sukses Mendarat di Ngloram Blora
- Daftar Bandara di Angkasa Pura 1 yang Layani Rapid Antigen
Kris menambahkan dengan diberlakukannya sistem pembelian tiket online melalui aplikasi, maka calon penumpang KA akan lebih mudah dan cepat dalam menentukan pilihan berangkat dengan menggunakan KA.
"Dan calon penumpang juga akan lebih aman dalam menjaga kesehatannya, karena tidak perlu menuju stasiun hanya untuk membeli tiket saja," imbuh dia. []