Kahiyang Ayu dan Selvi Ananda, Tugas Baru sebagai Istri Wali Kota

Kahiyang Ayu istri Wali Kota Medan Bobby Nasution, Selvi Ananda istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Ini tugas baru mereka.
Kahiyang Ayu dan Selvi Ananda. (Foto: Tagar/Instagram @ayanggkahiyang/InsertLive)

Jakarta - Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi, istri Wali Kota Medan Bobby Nasution. Selvi Ananda, menantu Presiden Jokowi, istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Kahiyang dan Selvi sebagai istri wali kota, punya tugas baru, yaitu menjadi Ketua Tim Penggerak PKK.

Kahiyang dilantik menjadi Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Medan di Pendopo Rumah Gubernur Sumatera Utara, 26 Februari 2021.

Saya berharap PKK dapat menggerakkan keluarga dalam peningkatan kualitas pengelolaan ekonomi keluarga melalui kegiatan UMKM.


Selvi Ananda pada hari yang sama dilantik menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo. Acara pelantikan berlangsung virtual. Selvi dilantik Atikoh istri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang juga otomatis adalah Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Tengah.

Kahiyang Ayu membagikan foto kegiatan PKK di Instagram @ayanggkahiyang, 17 Maret 2021, dengan catatan: "Kunjungan kerja sekaligus pembinaan lomba tertib administrasi PKK ke Kantor Kelurahan Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung."

Ia juga menceritakan kegiatan PKK, Senin, 15 Maret 2021.

"Kunjungan Kerja dan Pembinaan Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan Penuh Cinta Kasih Sayang Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak ke-49 PKK Tahun 2021 di aula SMK Negeri 14 Medan.

PKK merupakan mitra kerja pemerintah, karena itu harus berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif dalam mendukung program kerja Wali Kota Medan.

Saya berharap PKK dapat menggerakkan keluarga dalam peningkatan kualitas pengelolaan ekonomi keluarga melalui kegiatan UMKM di masing-masing kelurahan, sebagaimana diprogramkan Wali Kota, yakni satu kelurahan satu centra kewirausahaan (Sakasanwira).

Kunjungan kerja yang perdana bersama Wakil Ketua TP PKK Medan. Selain bersilaturrahmi dan saling berkenalan, dalam kunjungan ini saya melihat langsung aktivitas PKK.

Perhelatan ini berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Selain mematuhi 3M, setiap orang yang memasuki lokasi acara harus melalui rapid tes. Selain menampilkan berbagai produk UMKM di Kelurahan Karang Berombak, kegiatan ini juga menyuguhkan simulasi dan yel-yel dari masing-masing kelompok PAAR Karang Berombak."


Kahiyang AyuKahiyang Ayu dalam kunjungan kerja sekaligus pembinaan lomba tertib administrasi PKK ke kantor Kelurahan Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung, Medan, 17 Maret 2021. (Foto: Tagar/Instagram @ayanggkahiyang)


Apa Itu PKK

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK adalah gerakan pembangunan masyarakat, berawal dari seminar Home Economic di Bogor, pada tahun 1957. Berangkat dari seminar itu, empat tahun kemudian, Kementerian Pendidikan bersama sejumlah kementerian lain membuat tata susunan pelajaran pada Pendidikan Kesejahteraan Keluarga atau PKK, berisikan 10 segi kehidupan keluarga.

Sosialisasi gerakan PKK berawal dari kepedulian istri Gubernur Jawa Tengah pada 1967, Isriati Moenadi, setelah melihat keadaan masyarakat yang menderita busung lapar.

Kemudian, pada 27 Desember 1972, Menteri Dalam Negeri mengirimkan surat kawat kepada Gubernur Jawa Tengah dengan tembusan gubernur seluruh Indonesia, agar mengubah nama pendidikan kesejahteraan keluarga menjadi pembinaan kesejahteraan keluarga.

Sejak itu, gerakan PKK dilaksanakan di seluruh Indonesia, dengan nama Pembinaan Kesejahteraan Keluarga.


Selvi AnandaSelvi Ananda dalam kegiatan PKK di Solo, Jawa Tengah. (Foto: Tagar/JPNN)


Tujuan lembaga kemasyarakatan PKK adalah sebagai bentuk usaha untuk meningkatkan atau mendorong aktualisasi diri perempuan. Kegiatan seperti ini sangat diperlukan, mengingat dalam kehidupan sehari-hari, perempuan sering mengalami keterbatasan akses dan fasilitas.

Tugas pokok PKK meliputi 10 program, yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

PKK adalah harmonisasi dua unsur manajemen, yaitu manajemen pembangunan dan pemerintahan. PKK telah diakui dunia internasional, berkat pengabdian seluruh kader PKK kepada keluarga dan masyarakat.


Profil Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu lahir di Surakarta, 20 April 1991. Ia adalah anak kedua dan putri satu-satunya dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. Kakaknya adalah Gibran Rakabuming Raka, dan adiknya adalah Kaesang Pangarep.


Bobby dan KahiyangBobby Nasution dan Kahiyang Ayu. (Foto: Tagar/Andi Nasution)


Gelar sarjana ia peroleh dari Universitas Sebelas Maret atau UNS, Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan, yang lulus pada tahun 2013. Kemudian, ia melanjutkan gelar magister di Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor atau IPB, dan lulus dengan predikat cum laude pada tahun 2019.

Saat berkuliah di IPB, ia bertemu dengan suaminya, Bobby Nasution, yang juga menempuh pendidikan S2. Setelah lulus, Bobby menjadi pengusaha, dan kini menjabat sebagai Wali Kota Medan.

Pada 8 November 2017, Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution, dan mereka dikaruniai dua anak, yaitu Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution.

Kahiyang juga terbilang sebagai orang yang aktif di media sosial, ia terlihat sering membagikan momen kebersamaan dengan suami, anak-anaknya dan juga keluarga besarnya. Bahkan, akun instagram-nya, @ayanggkahiyang, memiliki hingga 1 setengah juta pengikut.


Profil Selvi Ananda

Selvi Ananda, lahir di Surakarta, pada 9 Januari 1989, dari pasangan Fransiska Sri Partini dan Ignatius Didit Supriyadi.

Selvi Ananda bergelar Sarjana Akuntansi, alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta. Ia lulus pada 2011, dengan predikat memuaskan dengan IPK 3 koma 4. Sebelumnya, ia menempuh pendidikan menengah atas di SMAN 1 Surakarta.


GIbranWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) berserta istri Selvi Ananda (kedua kanan). (Foto: Tagar/Antara/Mohammad Ayudha)


Sambil berkuliah, Selvi pun mengikuti kontes, dan berhasil dinobatkan sebagai pemenang kontes Putri Solo pada 2009. Di momen ini juga ia bertemu pertama kalinya dengan sang suami, Gibran, yang saat itu berperan sebagai salah satu juri.

Masih sembari kuliah, ia juga sempat bekerja sebagai presenter di sebuah stasiun TV lokal, TATV atau Terang Abadi TV.

Setelah lulus kuliah dan sebelum menikah dengan Gibran, Selvi juga sempat bekerja di Bank Panin.

Kemudian Selvi pindah agama dari Katolik ke Islam, sebelum menikah dengan Gibran Rakabuming pada 11 Juni 2015. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua anak, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Setelah menikah, Selvi berhenti bekerja dan memutuskan jadi ibu rumah tangga. Ia mengatakan, ibu rumah tangga adalah wanita yang kuat, hebat, dan multitasking.

(Cory Olivia)




Berita terkait
Tampilan Kahiyang Ayu jadi Ketua Tim Penggerak PKK Medan
Putri Presiden Jokwoi, Kahiyang Ayu resmi menjadi Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Medan.
Selvi Ananda, Dukung Gibran Maju Pilwalkot Solo
Selvi Ananda mengaku mendukung penuh suaminya untuk menjadi calon orang nomor satu di Kota Solo.
Kisah Cinta Anak Jokowi: Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep
Perjalanan cinta anak Presiden Jokowi: Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep. Sulung dan tengah sudah mantap, si bungsu masih galau.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan