UNTUK INDONESIA
Juventus Tak Bayar 4 Bulan Gaji Ronaldo dkk
Juventus tidak membayarkan gaji Cristiano Ronaldo dkk selama 4 bulan. Pemain juga menyetujui klub tak memberikan gaji bulan Maret sampai Juni.
Juventus tidak membayarkan gaji pemain selama 4 bulan. Cristiano Ronaldo (paling kiri) dkk menyetujui klub tak memberikan gaji bulan Maret sampai Juni karena pandemi Covid-19. (Foto: juventus.com)

Jakarta - Juventus tidak membayarkan gaji Cristiano Ronaldo dkk selama 4 bulan. Pemain pun sepakat dengan keputusan klub yang tidak memberikan gaji untuk bulan Maret, April, Mei dan Juni karena mereka tak lagi bermain setelah merebaknya Covid-19 yang mengakibatkan semua kompetisi sepak bola dihentikan. 

Juve semula memakai sistem pemangkasan gaji pemain sebesar 30 persen setelah kompetisi dihentikan. Namun sistem itu kemudian diubah dengan tidak membayarkan gaji pemain selama Maret sampai Juni. Pada bulan-bulan tersebut, pemain tidak bertanding. Mereka pun hanya menjalani latihan di rumah karena dikarantina. 

Menurut Tuttosport kesepakatan itu tercapai setelah Presiden klub Andrea Agnelli dan direktur Fabio Paratici melakukan pertemuan dengan kapten Giorgio Chiellini di sebuah hotel. Usai pertemuan, Chiellini melakukan video call dengan pemain senior di antaranya, kiper Gianluigi Buffon, Leonardo Bonucci dan Ronaldo untuk membicarakan tawaran klub terkait pemangkasan gaji.

Telah tercapai kesepakatan pemangkasan kompensasi untuk bulan Maret, April, Mei dan Juni 2020. Kesepakatan personal dengan klub dan pelatih akan difinalisasi sesuai regulasi dalam pekan ini

Bila semua sepakat dengan kebijakan itu, Chiellini berharap mereka memberi dukungan saat menyampaikannya kepada pemain lain. Buffon dkk menerima kesepakatan tersebut sehingga Chiellini kemudian menyampaikannya kepada pemain lain. 

Pemangkasan itu dinilai fair karena pemain tidak melakukan apa-apa selama bulan-bulan tersebut. Tidak hanya pemain, pelatih Maurizio Sarri juga mengalami pemotongan gaji. Dengan disepakatinya sistem pemangkasan itu, klub bisa menghemat sampai 90 juta euro atau Rp 1,6 triliun. 

Ronaldo sendiri bakal kehilangan 3,8 juta euro atau Rp 68,1 miliar. Namun angka itu memang tak berarti bagi kapten tim nasional Portugal yang termasuk pesepak bola terkaya di dunia saat ini. 

Juve terpaksa melakukan pemangkasan gaji setelah dihentikannya kompetisi sampai batas waktu yang tidak ditentukan karena pandemi Covid-19. Tidak hanya Liga Serie A Italia tetapi juga Liga Champions yang membuat I Biancioneri kehilangan pemasukan yang sangat signifikan. 

Klub, dalam statemen, mengatakan, "telah mencapai kesepakatan dengan pemain dan pelatih terkait pemangkasan kompensasi mereka."

"Telah tercapai kesepakatan pemangkasan kompensasi untuk bulan Maret, April, Mei dan Juni 2020. Kesepakatan personal dengan klub dan pelatih akan difinalisasi sesuai regulasi dalam pekan ini." Demikian pernyataan klub.  

"Efek secara finansial dan ekonomi dengan adanya pemahaman secara positif ini diperkirakan 90 juta euro untuk tahun finansial 2019-2020." Demikian klub melanjutkan penjelasannya. 

Klub akan kembali melakukan negosiasi bila kompetisi musim ini akan dijadwal ulang. Hanya belum ada kepastian kapan pelaksanaanya. Termasuk kemungkinan liga digelar tanpa penonton. []

Berita terkait
Alasan Juventus Perpanjang Kontrak Kapten Chiellini
Bek Giorgio Chiellini tetap akan dipertahankan Juventus meski usianya sudah 35. Dia bakal menerima perpanjangan kontrak dari Juve.
Juve Negatif Corona, Paulo Dybala Jadi yang Terakhir
Semua pemain Juventus akhirnya dinyatakan negatif virus corona. Striker Paulo Dybala menjadi pemain terakhir Juve yang terkena Covid-19.
Juve Potong Gaji Pemain, Ronaldo Rugi Rp 157 Miliar
Juventus memotong gaji pemain akibat krisis yang disebabkan covid-19. Dipotong 30 persen, Cristiano Ronaldo mengalami kerugian Rp 157 miliar.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.