Indonesia
Jusuf Kalla Mengagumi Bandara Baru Yogyakarta
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengagumi kemegahan bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA).
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat tiba di Bandara YIA di Kulonprogo, disambut Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Sabtu 4 Mei 2019. (Foto : Humas Pemda DIY)

Kulonprogo - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengagumi kemegahan bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA). JK landing di bandara yang terletak di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Sabtu 4 Mei 2019.

Dalam kunjungan ini, Wapres tiba di bandara YIA dengan menggunakan pesawat kepresidenan dengan kode BAe RJ 85. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama Angkasa pura I Faik Fahmi ikut mendampingi dalam kunjungan tersebut.

JK mengatakan, secara umum pembangunan Bandara YIA sangat membanggakan. Arsitekturnya bagus, proses pembangunannya juga cepat. 

"Tadi landingnya mulus. Terasa kalau runway-nya bagus dan mulus," kata JK di Bandara YIA Kulonprogo, Sabtu 4 Mei 2019.

Wapres mengatakan, meski Bandara YIA belum sepenuh selesai seluruh proses pembangunannya, namun sudah terlihat kemegahannya. Saat ini proses pembangunan baru selesai 60 persen.

 Ini bandara yang luar biasa

"Nanti kalau sudah selesai semua, bamsara ini menjadi bandara paling modern di Indonesia," jelas JK.

Rombongan Wapres disambut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. 

Rombongan melihat maket bandara YIA dan sejumlah fasilitas yang ada. Tidak lupa JK juga melihat langsung tenant yang khusus memajang produk UMKM dari Provinsi DIY.

JK optimistis keberadaan Bandara YIA semakin mampu mengerakkan roda perekonomian warga DIY maupun Jawa Tengah bagian selatan. Tidak hanya pariwisata, UMKM dan tenaga kerjanya akan banyak terserap.

Menurut JK, keberadaan Bandara YIA yang megah itu, nanti juga akan ditopang aksesibilitas dan transportasi pendukung. 

"Infrastruktur pendukung dibuat baik. Termasuk kereta api dan jalan raya. Tapi bukan jalan tol, supata rakyat bisa menjual barang dagangannya," kata dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, tersanjung dengan apresiasi yang diberikan Wapres. Kemenhub semakin termotivasi bekerja lebih baik, dalam menyelesaikan proses pembangunan Bandara YIA.

Untuk peresmian, mengalami penundaan dari yang dijadwalkan. Rencana awalnya dilakukan pada 29 April 2019. 

"Tapi kita mengusulkan kembali ke Presiden, pertengahan Mei nanti peresmiannya," kata Menhub.

Meski belum diresmikan, namun pada Senin 6 Mei 2019 akan melakukan penerbangan komersial perdana, yakni Maskapai Citilink. Empat hari berselang, dua maskapai lainnya, Lion Air dan Batik juga melakukan penerbangan komersial. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Naik Berahi, Pria di Makassar Nyaris Perkosa Adiknya
Seorang pelajar di Kota Makassar, nyaris diperkosa oleh sepupunya sendiri, AL di salah satu kamar penginapan.