UNTUK INDONESIA
Jokowi-Ma'ruf ke RSPAD Kompak Ditemani Anak Bungsu
Jokowi-Ma'ruf ke RSPAD kompak ditemani anak bungsu. Jokowi dengan Kaesang Pangarep, Kiai Ma'ruf dengan Siti Haniatunnisa.
Jokowi-Ma'ruf ke RSPAD Kompak Ditemani Anak Bungsu | Bakal capres cawapres Pilpres 2019, Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kedua kanan) yang masing-masing didampingi anak bungsu mereka Kaesang Pangarep (kiri) dan Siti Haniatunnisa (kanan) melambaikan tangan usai pemeriksaan awal tes kesehatan di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8/2018). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, (Tagar 12/8/2018) - Jokowi-Ma'ruf ke RSPAD kompak ditemani anak bungsu. Jokowi dengan Kaesang Pangarep, Kiai Ma'ruf dengan Siti Haniatunnisa.

Putra bungsu bakal calon Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep mengaku ayahnya masih kuat bermain tinju sehingga tidak ada kekhawatiran terkait pemeriksaan kesehatan yang dilakukan guna mendaftar pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

"Main tinju saja Bapak bisa, masak cek kesehatan tidak bisa," ujar Kaesang di Jakarta, Minggu pagi (12/8) mengutip Antara.

Kaesang melanjutkan sejauh ini ayahnya dalam kondisi sehat dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Sama halnya dengan Kaesang, putri bungsu bakal calon wakil presiden Ma'ruf Amin, Siti Haniatunnisa juga optimis ayahnya dalam kondisi sehat.

Sebelumnya, Jokowi-Ma'ruf dijadwalkan mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Tidak didampingi istri, Jokowi-Ma'ruf memilih anak bungsunya untuk mengantar ke rumah sakit.

Tak berselang setelah kedatangan mereka ke rumah sakit, Jokowi-Ma'ruf kembali menyapa media dengan balutan busana piyama abu-abu.

Sambil terus melambaikan tangan kepada media, Ma'ruf nampak menggulung lengan piyamanya untuk memperlihatkan bekas jarum suntikan.

Keduanya mengaku optimis untuk menghadapi Pilpres 2019 mendatang.

Hasil Pemeriksaan

Ikatan Dokter Indonesia dan Rumah Sakit Kepresidenan Pusat Kesehatan Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto komit secepat mungkin menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan Capres-Cawapres RI 2019-2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tim berkomitmen untuk sesegera mungkin menyerahkan kepada KPU setelah melalui rapat pleno tim," kata Ketua Umum IDI Ilham Oetama Marsis.

IDI dan RSPAD Gatot Soebroto menggelar konferensi pers terkait pelaksanaan pemeriksaan Capres dan Cawapres RI 2019-2024 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Minggu.

IDI berharap pemeriksaan dapat berjalan lancar dan hasilnya segera dapat disampaikan oleh tim kepada KPU.

"Kewenangan menyampaikan hasil dan keputusan selanjutnya menjadi kewenangan KPU RI," katanya.

Ia menyebutkan lama pemeriksaan akan memakan waktu antara 9-12 jam dengan diselingi waktu istirahat.

Menurut dia, diperlukan kehati-hatian dan kesabaran dalam pemeriksaan itu.

"Kesimpulannya adalah calon mampu atau tidak mampu secara jasmani dan rohani; serta positif atau negatif penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya," katanya.

Ia menyebutkan hasil pemeriksaan sendiri paling lambat harus disampaikan kepada KPU, dua hari setelah pemeriksaan selesai dilakukan. 

"Namun tim berkomitmen sesegera mungkin menyerahkan kepada KPU, " katanya.

Ia menyebutkan tim pemeriksa kesehatan merupakan tim gabungan antara IDI dan RSPAD Gatot Soebroto. Tim terdiri dari dokter spesialis, dokter gigi spesialis dan tenaga kesehatan lainnya.

"Seluruh tim terikat kepada sumpah dan kode etik sehingga wajib menjalankan pemeriksaan dengan profesional dan independen, " kata Ilham Oetama Marsis. []

Berita terkait
0
Polda Banten Pastikan Pilkades di Lebak Kondusif
Pastikan Pilkades aman, Polda Banten melakukan pengecekan di 10 desa dalam tujuh Kecamatan yang menggelar Pilkades serentak.